10 Foto Masjid Tiban Malang: Wisata Religi Paling Banyak Dilihat Isi Liburan! - WisataHits
wisatahits

10 Foto Masjid Tiban Malang: Wisata Religi Paling Banyak Dilihat Isi Liburan!

10 Foto Masjid Tiban Malang: Wisata Religi Paling Banyak Dilihat Isi Liburan!

Masjid Tiban Malang – Siapa yang belum pernah mendengar mitos tentang kejadian dan asal muasal masjid Tiban Malang? Wisata religi yang terletak di kecamatan Turen Malang ini memang sudah santer dibicarakan bahwa Masjid Tiban Turen dibangun oleh sekelompok makhluk ghaib yaitu Jin tanpa sepengetahuan warga sekitar. Apakah itu benar?

informasi Umum

Alamat: Jn. Wakhid Hasyim gg. Anggur No.10, Desa Sananrejo, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang, Jawa Timur
Biaya masuk: Untuk membebaskan
Jam operasional: 24 jam
Sebuah peta: Peta Google

Masjid Tiban MalangMasjid Tiban Malang

Masjid ini ternyata adalah pesantren dengan nama Pondok Pesantren Salafiyyah Bihaaru Bahri Asali Fadlaailir Rahmah atau Bi Ba’a Fadlrah yang artinya Lautan Madu.

Pesantren ini dibangun oleh para santri, dengan jumlah sekitar 250 orang dibantu warga setempat. Nah, apakah kamu masih percaya dengan mitos bahwa Masjid Tiban dibangun oleh jin?

Memang pembangunan Masjid Tiban Turen Malang ini tidak seperti pembangunan gedung-gedung pada umumnya, pembangunan Masjid Tiban dilakukan secara tertutup, dan dibuka saat hampir selesai sehingga masyarakat menyebutnya Masjid Tiban.

Lokasi dan Akses Wisata Masjid Tiban Malang

Masjid Tiban terletak di Jln. Wakhid Hasyim gg. Anggur No.10, Desa Sananrejo, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Untuk akses jalan kalian tidak perlu khawatir karena akses menuju Masjid Tiban sudah beraspal mulus walaupun agak jauh dari pusat kota Malang.

Untuk rutenya, Anda bisa memulai perjalanan dari kota Malang atau dari Lawang ke kecamatan Turen. Begitu sampai di Turen, jika menemui pertigaan, ikuti saja petunjuk arah yang sudah tertera di papan petunjuk arah Masjid Tiban.

Jika masih bingung, Anda bisa mengandalkan bantuan Google Maps karena lokasi Masjid Tiban sudah ditandai di Google Maps.

Harga tiket masuk Masjid Tiban Malang

Kabar baiknya, harga tiket masuk kunjungan Masjid Tiban ini gratis alias gratis. Sebagai pengunjung, Anda hanya membayar biaya parkir. Untuk sepeda motor ditarik Rp 2.000 rupiah, dan untuk mobil sekitar Rp 5.000.

Hanya dengan membayar biaya parkir Anda dapat menikmati mengunjungi Masjid Tiban sampai lelah. Selain itu, Anda juga bisa berbelanja di sini karena bisnis pesantren juga berkembang di sini. Sehingga banyak tempat oleh-oleh, jajanan khas Malang dan masih banyak lagi.

Fasilitas yang Disediakan di Masjid Tiban Malang

Fasilitas yang bisa Anda temukan di objek wisata religi di Malang ini sangat lengkap, mulai dari kolam renang yang dilengkapi perahu kecil khusus untuk anak-anak yang berkunjung.

Selain itu, di kompleks wisata Masjid Tiban juga terdapat beberapa hewan peliharaan seperti monyet, kelinci, ayam, rusa, dan burung. Untuk masalah toilet dan kamar mandi, Anda tidak perlu khawatir karena sudah disediakan di sini.

Masjid berlantai 10 ini memiliki pembagian tersendiri, dengan fasilitas yang lengkap, masjid ini tidak lagi hanya digunakan sebagai tempat ibadah saja, karena masyarakat dari luar Malang rela datang jauh-jauh untuk menikmati wisata religi, karena berbagai fasilitas yang terdapat di dalamnya. itu membuat orang rela pergi jauh untuk menikmatinya.

Berikut adalah gambaran umum dari setiap lantai dan fasilitas yang ada di dalamnya:

  • Lantai 1: tempat istirahat dan berdoa
  • lantai 2: counter, kamar kecil, dapur dan ruang makan
  • lantai 3: mushola, kebun binatang mini, akuarium
  • lantai 4: tempat keluarga wali pondok pesantren
  • lantai 5: mushola
  • lantai 6: ruang istirahat siswa
  • Lantai 7 dan 8: Toko dan kios pesantren milik santri
  • lantai 9: kamar dengan interior di lereng gunung
  • lantai 10: gua dan ruang atas dengan interior puncak gunung

Kunjungi juga: Air Terjun Coban Sewu Malang

Informasi tentang Masjid Tiban Malang

Berikut adalah beberapa fakta menari tentang Masjid Tiban yang harus Anda ketahui:

1. Masjid ini dibangun sejak tahun 1978

Fakta pertama tentang Masjid Tiban Malang adalah proses pembangunannya dimulai pada tahun 1987.

Bangunan masjid yang memiliki 10 lantai ini begitu tinggi dan megah sehingga membuatnya terlihat begitu mewah dan megah. Dengan konsep yang matang dan landasan yang kokoh, mampu bertahan hingga saat ini.

2. Dibangun oleh Santri

Fatwa masjid ini selanjutnya adalah masjid ini didirikan oleh para santri, sehingga mitos yang berkembang bahwa masjid ini dibangun dalam waktu 1 malam karena dibangun oleh jin menjadi terbantahkan.

Karena sudah menjadi rahasia umum di kalangan masyarakat setempat bahwa masjid ini dibangun oleh para santri Pondok Pesantren Salafiyah Bihaaru Bahri Asali Fadlaailir Rahmah yang masih berdiri di lokasi yang sama dengan masjid tersebut.

3. Tidak ada desain gambar

Fakta selanjutnya yang harus Anda ketahui adalah masjid ini didesain tanpa gambar. Padahal, desain itu sendiri tidak akan ada tanpa campur tangan desainer interior dan eksterior. Desain bangunan masjid sendiri didapatkan dari mata batin yang didapatkan setelah melakukan sholat istikarah.

4. Perpaduan konsep seni lintas budaya

Desain bangunan Masjid Tiban sendiri dibangun dengan menggabungkan konsep seni antar budaya di dunia. Kita bisa melihat aksen ornamen dari Turki, Mesir, India, bahkan Rusia. Dengan kombinasi tersebut, ia berhasil menghasilkan dekorasi, interior, dan eksterior yang menarik perhatian.

5. Butuh Rp 800 miliar

Tanpa ragu, pembangunan masjid 10 lantai ini memakan biaya hingga 800 miliar, angka yang sangat fantastis. Uang sebesar itu dibutuhkan untuk proses pembangunan dari awal hingga akhir.

6. Asal dana

Berbicara tentang sumber dana 800 Miliar tersebut, menurut salah satu wali pondok pesantren Bihaaru Bahri ‘Asali Fadlaailir Rahmah, KH Ahmad Hasan, dana pembangunan masjid ini diperoleh dari beberapa sumber dana pembangunan. Selain uang pribadinya, ada juga dana dari sumbangan mahasiswa dan donatur.

Galeri foto

Potret Masjid Tiban Malang dari ketinggianPotret Masjid Tiban Malang dari ketinggian via Liputan6
Foto via Tribunnews.com
Potret Masjid Tiban Malang via Youtube
tempat foto
Foto melalui Tempo
Masjid lantai 10 di Malang dia Diadona
Foto melalui Diarysivika
Sunset di Masjid Tiban via Detakkum
Masjid Tiban melalui Youtube

* * * * *

Nah bagaimana guys, penasaran dengan Masjid Tiban ini, memang bentuk bangunannya begitu mewah dengan cat putih biru yang mendominasi.

Selain jalan-jalan, kamu juga bisa belajar agama di sana guys dengan mengikuti rangkaian kegiatan sebagai mahasiswa, baik kamu tinggal di sana maupun tidak.

Tidak ada salahnya mampir sejenak untuk melihat betapa megahnya bangunan Masjid Tiban yang sempat ramai diperbincangkan karena rumor yang menyerupai candi mitos Roro Jonggrang alias hanya dibangun dalam waktu semalam oleh kawanan tentara Jin.

Jika Anda berniat untuk mampir, terutama bagi Anda yang menyukai seni fotografi, abadikan momen Anda, karena di sini terdapat ukiran-ukiran indah di setiap dinding masjid. Jangan lupa ajak teman, saudara atau keluarga, karena kalau sendirian kurang seru kalau berkunjung ke sini.

Kunjungi juga: Pantai Bajul Mati di Malang

Source: tempatwisataseru.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button