Puncak pass, panorama alam yang menawan di Cisarua Bogor - WisataHits
wisatahits

Puncak pass, panorama alam yang menawan di Cisarua Bogor

kerah puncak salah satu tempat wisata alam yang menawan di cisarua bogor, Jawa barat. Menggabungkan pesona alam lereng gunung, kebun teh dan persawahan, tempat ini layak dikunjungi saat liburan.

Harga tiket: Gratis, Jam operasional: 07.00-22.00, Alamat: Ciloto, Kec. Cipanas, Kab. Cianjur, Jawa Barat; Kasus: Cek lokasi

Puncak Pass terletak di jalur kawasan Puncak Bogor, tempat yang sering dijadikan tempat perhentian oleh pengendara. Menawarkan pemandangan alam perbukitan khas Cianjur. Kebun teh hijau akan disajikan untuk Anda. Selain itu, tempat ini cocok untuk kamu yang terjebak macet dan ingin memantau situasi lalu lintas dari atas.

Suasana terasa begitu menenangkan. Dari medan yang landai mendekati 90 derajat, Anda bisa bersantai di puncak tempat berbentuk rumah pohon. Lalu lintas kendaraan terlihat jelas di sana. Udaranya segar, belum lagi dominasi warna hijau yang segar. Jika Anda ingin mengisi indra pernapasan sejenak dan menjauh dari kemacetan parah, Puncak Pass adalah solusinya.

Tak heran jika destinasi ini sering dikunjungi wisatawan, posisinya yang berada di kawasan Puncak tentu menjadi keunggulan tersendiri. Pasalnya, Puncak dikenal sebagai tempat wisata pegunungan bahkan pamornya sudah merambah ke mancanegara. Berjarak sekitar 70 km dari sisi selatan Jakarta, sering dipilih menjadi tempat tempat wisata terdekat bagi penduduk ibu kota.

Atraksi The Peak Pass memiliki

Puncak Pass.Kredit gambar: Google Maps Yahya Farsi

1. Kebun teh hijau

Suasana serba hijau akan selalu menemani kemanapun wajah Anda menghadap. Gradasi warna hijau juga bervariasi, dari yang lebih gelap hingga yang lebih terang. Berbagai pohon juga tumbuh di sini, sehingga keindahan tidak hanya datang dari pohon tehnya saja.

Wisatawan akan dibawa menyusuri jalan setapak di antara tanaman hijau. Tanaman dan rerumputan yang tumbuh di lapangan Puncak Pass tertata rapi. Mampu menghadirkan kenyamanan bagi yang melihatnya karena semuanya dipotong sedemikian rupa.

Anda juga dapat melihat daerah perkotaan, serta lereng gunung di kejauhan. Diiringi semilir angin yang lembut menyejukkan seolah membelai wajah. Bosan menatap potret gedung pencakar langit? Coba lewat sini. Tanah di atas tanah yang landai siap menyambut Anda, ditemani lingkungan yang tertata rapi. Di satu titik ada rumah pohon.

2. Panorama lereng gunung

Tak hanya kebun teh saja, dari jauh Anda akan disuguhkan panorama lereng gunung. Pepohonan tampak bergerak mengikuti arah angin. Damai, sejuk, segar dan sejuk, tiga kata yang bisa langsung menggambarkan perasaan Anda.

Puncak Pass Bogor hanyalah salah satunya tempat indah di daerah Puncak. Lihat saja dari jauh jika Anda tidak punya cukup waktu untuk berjalan-jalan, meskipun ada keindahan lain yang perlu dijelajahi.

3. Fenomena matahari terbit dan terbenam

Anda tidak perlu ragu lagi jika membicarakan kejadian umum di kawasan Puncak ini. Pada dasarnya, itu menawan setiap kali Anda menyaksikan matahari terbit dan terbenam. Apalagi saat muncul di antara hamparan tanaman hijau dan lereng pegunungan.

Kecemerlangan cahaya dapat membuat Anda tetap berjalan saat matahari terbit di pagi hari. Sinar keemasan muncul di ufuk timur, lalu menyebar di atas tanaman. Kemudian, cahaya oranye menyebar di langit saat malam menjelang.

Alamat dan Rute Menuju Tempat Wisata Puncak Pass

Alamat Peak Pass AlamatKredit gambar: Instagram Villa Mandala Puncak

Terletak di kawasan Puncak, Kec. Cipanas, Kab. Cianjur Jawa Barat sangat mudah untuk menemukan keberadaan Puncak Pass ini karena posisinya yang berada dipinggir jalan. Jika Anda memulai dari Jakarta, setidaknya akan memakan waktu 2 jam atau lebih dari 50 km untuk sampai ke sini. Dengan asumsi lalu lintas normal tanpa kemacetan lalu lintas.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan jika Anda berencana berkunjung di akhir pekan, terutama arus ke Puncak hanya berlaku sekali jalan pada hari Sabtu dan Minggu. Seluruh pengendara hanya diperbolehkan memasuki kawasan Puncak setiap pukul 09.00 WIB hingga 11.30 WIB. Kemudian tersedia rute ke daerah lain seperti Jakarta pada pukul 15:00 WIB sampai dengan pukul 17:00 WIB.

Anda harus menyusun jadwal perjalanan dengan hati-hati agar tidak terkendala pada hari keberangkatan. Namun, ketentuan ini dapat berubah sewaktu-waktu tergantung pada peraturan setempat.

Tidak ada tarif khusus jika ingin mengunjungi Puncak Pass karena posisinya di pinggir jalan. Sering digunakan oleh pengemudi untuk berhenti sejenak, mencari tempat untuk beristirahat.

Dengan kata lain, objek menarik ini adalah tempat istirahat sementara, yang dapat diakses oleh semua orang. Selain panorama yang menakjubkan, Anda tidak akan menemukan banyak hal saat bersantai di sini.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Puncak Pass

Alamat Peak Pass AlamatKredit gambar: Twitter Andri Kurniawan

1. Berjalan melalui kebun teh secara mandiri

Rasanya ada yang kurang dan sayang untuk dilewatkan jika berkunjung ke Puncak pass tanpa berkeliling, rasanya tidak lengkap. Karena itu, Anda harus mencoba menelusuri aktivitas secara mandiri. Rasakan sensasi unik saat Anda menarik dan menghembuskan napas perlahan.

Berjalan di sekitar tempat ini berarti Anda berkesempatan melihat panorama perkebunan teh dari dekat, ditemani semilir angin di sepanjang jalur pejalan kaki. Selain itu, Anda juga bisa melihat langsung pertumbuhan tanaman teh. Untuk itu, eksplorasi bisa menjadi salah satu cara untuk menambah pengetahuan, selain sangat menyehatkan karena dilakukan dengan berjalan kaki.

2. Mulailah percakapan dengan komunitas atau sesama pelancong

Orang-orang di perkotaan memang identik dengan individualisme, namun aktivitas ini saja tidak ada salahnya Anda mencobanya. Pasalnya, kawasan Puncak merupakan kawasan wisata, di mana Anda bisa menemukan berbagai hal unik, baik warga maupun wisatawan. Tidak terlalu buruk untuk membuat kenalan baru saat Anda di sini.

Meski begitu, pastikan Anda tidak menggunakan cara jahat saat berbicara dengan orang asing. Juga peka terhadap respon orang lain, jika mereka menunjukkan indikasi tidak memiliki minat yang sama, segera tinggalkan dan jangan sok. Memulai percakapan dengan orang baru berarti Anda siap menghadapi segala kemungkinan, baik penolakan maupun penerimaan.

3. Bertemu di pagi atau sore hari

Bayangkan, Anda dan pasangan duduk di pinggir bukit atau di tengah hamparan sawah dan perkebunan teh khas Puncak Pass. Bicaralah sambil menikmati angin sepoi-sepoi, biarkan topik mengalir apa adanya. Agar menambah keharmonisan, jangan lupa untuk menyiapkan camilan manis.

Bahkan, gunakan waktu ini untuk melakukan percakapan dari hati ke hati jika Anda memiliki masalah yang belum terselesaikan. Suasananya sangat mendukung, romantis dan hangat, menjamin hubungan yang lebih erat.

Di sisi lain, tidak perlu khawatir jika Anda tidak memiliki pasangan, cukup undang teman terdekat Anda. Berkunjunglah ke sini sebagai tempat untuk mempererat silaturrahmi hingga terciptanya keharmonisan yang mulai pudar.

Namun sebelum itu, hal penting yang tidak boleh dilewatkan adalah soal jadwal tour. Usahakan untuk tidak memilih berkunjung pada siang hari. Meski wilayah ini terkenal dengan udaranya yang relatif dingin, waktu pagi atau sore hari tentu lebih tepat.

4. Piknik akhir pekan

Anda tidak tahu ke mana harus pergi di akhir pekan dan Anda bosan karena Anda tinggal di rumah? Piknik di akhir pekan bisa menjadi ajang perkenalan dengan mulai memudarnya hubungan dengan orang-orang terkasih. Baik bersama teman, keluarga, atau bersama pasangan, semua orang dapat bersenang-senang selama menginap. Bawalah perlengkapan yang memadai dari rumah agar suasana semakin menyenangkan.

Untuk mengalokasikan waktu dan upayaMaksimal, itu normal untuk bekerja keras terlebih dahulu. Beginilah seharusnya piknik, yang akan lebih menyenangkan jika Anda menyiapkan peralatan dan perlengkapan sendiri. Tak lupa tikar untuk dipegang kemudian di hamparan rumput atau di dekat sawah. Mencari tempat ideal untuk menciptakan interaksi yang hangat.

Anda bisa memilih area di dekat pohon teh, di antara deretan pohon pinus, ditemani angin sepoi-sepoi yang tenang dan menyejukkan. Suasana seperti ini menanti Anda untuk menikmatinya bersama orang-orang terkasih.

5. Mendaki bukit

Aktivitas di Puncak PassKredit gambar: Instagram @dafaadilan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, objek wisata alam ini memiliki kemiringan kurang lebih 90 derajat. Namun, jangan bayangkan medan yang curam dan berbahaya seperti pegunungan atau deretan bebatuan di tepi pantai. Kawasan perbukitan di sini sebenarnya terkesan ramah bagi wisatawan. Dihiasi dengan tanaman teh sepanjang, sedikit menggoda untuk berjalan-jalan.

6. Lukisan

Jika Anda termasuk orang yang kreatif dan bosan mengabadikan momen dalam bentuk digital, cobalah menikmati panorama dari Puncak Pass. Ciptakan lukisan semi realistis yang bisa menarik banyak pasang mata.

Anda juga bisa memamerkannya di media sosial selain mencurahkan daya kreatif Anda. Mungkin itu bisa menjadi cara untuk menggali minat dan bakat Anda, yang kemudian berpotensi untuk menghasilkan masukan orang lain. Nikmati setiap detik yang Anda habiskan untuk membakar panorama ke kertas, cari mereka tempat yang agak jauh dari pusat keramaian.

7. Tak kenal lelah menatap langit

Putar musik lembut dengan telinga. Jangan lupa siapkan aksesoris pendukung seperti pendengar atau serupa. Mengambil tempat yang memungkinkan Anda untuk berbaring atau berbaring tanpa menarik perhatian pengunjung lain. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk melepas penat setelah lelah bekerja atau kuliah dari hari senin sampai jumat.

8. Meditasi

Meditasi adalah kegiatan berdiam diri di tempat yang tenang, biasanya di luar ruangan lebih disukai. Meski objek wisata cantik ini tidak bisa dianggap sepi oleh warga, ada beberapa hal yang perlu direnungkan. Sawah, rumah pohon, dan di tengah kesejukan semak teh, pasti ada satu atau dua tempat yang bisa dijadikan referensi.

Fasilitas yang tersedia di Puncak Pass Bogor

Fasilitas Peak Pass FasilitasKredit gambar: Google Maps Waleed Waloh

Layaknya persinggahan sementara, tidak banyak yang ditawarkan Puncak Pass kecuali untuk menenangkan Anda kembali. Namun, setidaknya hal-hal mendasar seperti toilet dan area parkir tersedia di sini. Mengingat posisinya yang berada di kawasan wisata, tidak terlalu sulit untuk menemukan stand makanan atau mushola di sekitarnya.

Puncak Pass Bogor hanyalah representasi kecil dari keindahan panorama kawasan Puncak. Dengan mengunjungi objek wisata ini, berarti Anda membuka diri terhadap berbagai peluang baru untuk menjelajahi alam. Lebih dari sekedar persinggahan sementara, pengunjung bahkan bisa belajar tentang budaya lokal, terutama bagi Anda yang tinggal di luar kota.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button