Dari Mangol, nikmati panorama alam yang menakjubkan sambil memasak di Gunung Kidul - WisataHits
wisatahits

Dari Mangol, nikmati panorama alam yang menakjubkan sambil memasak di Gunung Kidul

Harga tiket: Rp 15.000 Jam operasional: 15.00-21.00 WIB, Alamat: Jl. Raya Patuk Ngoro-Ngoro KM.1.4, Sumber Tetes, Kec. Patuk, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Kasus: Verifikasi lokasi

Konsep wisata yang menawarkan keindahan alam ini memang sangat menarik untuk dikunjungi. Apalagi jika dipadukan dengan resto yang menawarkan berbagai menu lezat, seperti di De Mangol Jogja. Tempat wisata ini selalu ramai pengunjung, baik yang membawa rombongan keluarga maupun pasangan muda. Alam yang dipadukan dengan restoran memungkinkan pengunjung untuk bersantai sambil menikmati kelezatan dari setiap menu yang disajikan.

Yogyakarta selalu menyimpan kejutan dalam hal pariwisata. Salah satu kawasan khusus ini bisa dikatakan memenuhi kebutuhan wisata yang cukup lengkap. Selain pemandangan alam berupa pantai, banyak juga yang mengusung konsep perbukitan. Apalagi perbukitan yang kali ini dijadikan sebagai tempat wisata memberikan view atau pemandangan kota jogja dari ketinggian. Pada malam hari, lampu kota terlihat jelas memberikan keindahan tersendiri.

De Mangol memang bukan satu-satunya tempat wisata yang mengusung konsep restoran dengan pemandangan alam. Bukan berarti tidak ada yang spesial, hampir semua konsep bangunan buatan yang disediakan bisa digunakan untuk spot foto yang menarik. Restoran alami ini menawarkan dua pilihan bagi pengunjung, yaitu indoor dan outdoor. Dari dua pilihan tersebut, bagian outdoor menjadi pilihan yang banyak diminati pengunjung. Alasannya sederhana, agar pengunjung bisa melihat pemandangan dari luar dengan jelas tanpa ada halangan.

Daya tarik yang dimiliki De Mangol

Daya tarik De MangolKredit gambar: Google Maps Herny Rajagukguk

Jogja seakan menjadi medan magnet bagi para wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Memang setiap tempat wisata memiliki daya tarik tersendiri, sama seperti De Mangol. Bagi yang belum pernah mengunjungi tempat tersebut, mungkin menganggap tempat wisata ini cocok sebagai tempat wisata kuliner.

Hal ini memang benar karena ada restoran sebagai konsep utama yang dibangun. Namun, setelah mengunjungi dan melihat semua yang ada di sana, bisa dipastikan bahwa fungsi utamanya bukan hanya restoran, ada atraksi lain yang selalu ramai dikunjungi wisatawan.

1. Pemandangan alam

Panorama alam yang disuguhkan menjadi daya tarik tersendiri dari tempat wisata ini. Di siang hari, landscape kota Jogja terlihat jelas dari ketinggian. Di sisi lain, Gunung Merapi juga terlihat jelas berdiri tegak dan megah. Pemandangan alam yang hijau selalu menghiasi setiap mata memandang, baik pohon, rerumputan maupun tumbuhan.

Tidak hanya pemandangan alam dari atas De Mangol Jogja yang bisa kamu lihat di siang hari, tapi juga sangat indah di malam hari dengan lampu kota Jogja yang menerangi setiap rumah dan jalanan. Dari kejauhan, lampu tersebut tampak seperti lilin-lilin kecil dengan cahaya yang agak redup. Pemandangan ini sangat menarik dan bisa dilihat kapan saja, asalkan cuacanya bagus, dalam artian cerah dan tidak mendung.

2. Cuaca bagus

Lokasinya yang berada di kaki Gunung Nglanggeran Purba membuat cuacanya masih alami dan sejuk. Meski bukan menjadi daya tarik tersendiri bagi warga sekitar, namun kesejukan objek wisata ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan luar kota Jogja. Apalagi bagi mereka yang tinggal di perkotaan padat penduduk, di mana cuaca hangat selalu menyemarakkan hari-harinya.

Kesegarannya semakin terasa ketika banyak pepohonan rindang yang fungsinya tidak hanya dekoratif, tetapi juga penghasil oksigen di lingkungan sekitar. Pada siang hari, fungsi pohon lebih jauh lagi yaitu sebagai tempat berteduh. Bukan berarti tidak ada tempat berteduh yang layak, karena De Mangol juga menawarkan tempat berteduh buatan dengan desain yang unik dan menarik. Hanya saja, nuansa di bawah pepohonan lebih menjadi pilihan bagi banyak wisatawan.

3. Dekat objek wisata lainnya

Daya pikat bertanya yang tidak bisa diabaikan adalah kedekatan destinasi wisata ini dengan tempat wisata lainnya. Pengunjung yang puas menikmati keindahannya bisa melanjutkan daftar liburannya ke tempat wisata yang dimaksud. Diantaranya yang paling dekat adalah Bukit Bintang yang juga menyuguhkan panorama alam dari atas bukit.

Di tempat yang sama yaitu Pathuk Gunung Kidul, objek lain menanti kedatangan Anda. Apalagi kalau bukan Watu Amben dengan keunikan hasil alam tanpa campur tangan manusia. Anda bisa mengabadikan momen di tempat ini, yang biasanya dilakukan oleh sebagian besar wisatawan. Berhati-hatilah saat mengambil foto karena lokasi Watu Amben berada di tepi tebing.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat De MangolKredit gambar: Twitter mahdi binu avandyâ„¢

Untuk menuju Dari Mangol Jogja, silahkan arahkan kendaraan ke Jl. Raya Patuk Ngoro-Ngoro KM.1.4, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Sangat disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi untuk menuju ke sana. Hal ini dikarenakan banyak akses yang bisa dijangkau dari arah manapun Anda berasal.

Misalnya jika datang dari pusat kota Jogja, silahkan menuju Jalan Penembahan Senipato yang mengarah ke Jalan Sultan Agung. Lanjutkan perjalanan ke Jalan Gedongkuning. Dari sini, ambil arah Jalan Wonosari yang mengarah ke Jalan Nasional III, lalu belok kanan dan beberapa meter Anda akan sampai di sana.

Harga tiket masuk objek wisata

Harga Tiket MangolKredit gambar: Nutrisi Monokrom Facebook

Pasti Anda pernah berpikir bahwa masuk ke tempat wisata ini tidaklah gratis. Meski dikenakan tarif retribusi, namun harganya masih tergolong murah dibandingkan dengan pengalaman menarik yang Anda dapatkan. Selama ini biaya masuk untuk hari biasa adalah 15.000, sedangkan pada hari libur sedikit lebih mahal yaitu 20.000 rupiah.

Harga di atas belum termasuk parkir kendaraan yang dikenakan biaya sebesar Rs 2.000 untuk sepeda motor, dan mobil dikenakan biaya sebesar Rs 5.000. Begitu masuk ke De Mangol, Anda bisa menggunakan semua fasilitas secara gratis. Namun, ini belum termasuk menu makanan yang tersedia dengan variasi harga yang telah ditentukan. Kisaran harga makanan dan minumannya tidak terlalu mahal meski lokasinya terkesan mewah. Untuk makanan bisa dinikmati mulai dari harga paling murah Rp 20.000, sedangkan minuman berkisar Rp 10.000.

Kegiatan menarik untuk dilakukan di De Mangol

Hal yang dapat dilakukan di De MangolKredit gambar: Google Maps Kupu2 Manja Trans

Untuk kegiatan yang dilakukan sebenarnya hampir semuanya hampir menarik. Namun tentunya setiap pengunjung memiliki pilarnya masing-masing dalam menjalankan aktivitas selama liburannya. Karena situasi pemandangan alam yang indah dan desain buatan pengelola, kegiatan yang bisa dilakukan tidak jauh dari hal-hal yang berbau panorama alam.

1. Menikmati keindahan alam De Mangol

Hampir bisa dipastikan pengunjung yang datang ke De Mangol Jogja ingin melihat panorama alam yang disuguhkan. Kesannya berbeda ketika Anda tiba di objek wisata lain dengan pemandangan alam yang asri. Merupakan perpaduan konsep resto dengan gaya modern yang membuatnya berbeda. Pengunjung bisa menikmati keindahan alam dari atas bukit yang lokasinya dihiasi ornamen buatan.

Baik siang maupun malam, kesan yang diberikan sangat berbeda. Pada siang hari, pemandangan alam jelas memukau dengan kontur bukit yang khas. Sedangkan pada malam hari tidak hanya lampu hias yang menerangi kota jogja, tetapi juga tempat ini dihiasi dengan lampu yang indah dan taman yang terlihat romantis. Jika ingin menikmati hangatnya suasana sunset, silahkan datang pada sore hari.

2. Kamp

Selain menyediakan resto dengan berbagai menu, De Mangol juga menawarkan area camping bagi pengunjung yang ingin merasakan liburan lebih. Kegiatan ini biasanya ramai dikunjungi pengunjung pada akhir pekan atau akhir pekan. Sayangnya pihak pengelola masih belum menyediakan perlengkapan camping, jadi harap membawa sendiri dari rumah. Anda membutuhkan tenda, kantong tidur, dan selimut yang cukup. Selebihnya, Anda mendapatkan keuntungan dari fasilitas yang disediakan pengelola.

3. Wisata kuliner

Kegiatan menarik di De MangolKredit gambar: Google Maps Pancha Batubara

Kegiatan memasak yang Anda lakukan kali ini mungkin berbeda dengan sebelumnya. Tidak hanya makanan yang bisa Anda nikmati, tetapi juga pemandangan alam di sekitarnya. Meskipun tidak wajib membeli makanan atau minuman di tempat, akan lebih baik jika Anda melakukannya. Paling hanya memesan minuman yang bisa menghangatkan badan bisa terasa beda. Tidak ada makanan khas jogja disini, semua menu yang tersedia adalah makanan modern dari berbagai negara.

4. Berburu spot foto

Selain melihat panorama alam yang indah dari atas bukit, De Mangol Jogja juga cocok dijadikan spot hunting spot foto yang indah. Tidak semuanya bisa lepas dari panorama alam yang disuguhkan. Apalagi didukung dengan banyaknya spot yang dibangun khusus untuk keperluan fotografi. Di salah satu sisi tempat wisata populer ini terdapat sebuah ayunan yang didesain khusus untuk spot foto. Bukan hanya ayunan, tapi didesain dengan tangga besi berbentuk hati.

Ada juga spot foto yang wajib kamu coba dengan latar landscape kota Jogja yang dibangun cukup unik dengan gaya lantai bening dan reflektif. Tempat ini dikenal sebagai pos pengamatan yang fungsinya tidak hanya untuk foto tapi juga bisa digunakan untuk menikmati panorama alam dari atas bukit. Tak jauh dari lokasi spot foto juga terdapat spot yang tak kalah menarik. Hampir semua warna yang digunakan berwarna putih untuk memberikan kesan bersih. Di tempat ini juga terdapat sepeda yang bisa digunakan untuk pose foto agar lebih menarik.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas DeMangolKredit gambar: Google Maps oleh Yuda

Bicara soal fasilitas, De Mangol menawarkan yang terbaik untuk membuat pengunjung betah berlama-lama. Terbukti dengan adanya toilet yang selalu bersih. Semua pengunjung bebas menikmati fasilitas tersebut dan tidak dikenakan biaya tambahan apapun. Tersedia juga mushola bagi yang tidak ingin ketinggalan dalam menunaikan kewajibannya. Fasilitas wajib lainnya yang harus ada di setiap tempat wisata adalah tempat parkir yang terawat dan cukup luas.

Selain yang telah disebutkan, ada juga beberapa gazebo yang biasa digunakan wisatawan untuk beristirahat sambil menghirup udara segar. Fasilitas ini gratis dan selalu ada dalam satu paket tiket masuk. Jika Anda datang di akhir pekan, konser musik akustik dari band lokal juga akan melengkapi liburan Anda. Jangan lupakan fasilitas tempat makan yang juga menjadi anugerah utama tempat wisata di kabupaten Gunung Kidul.

Dari semua penjelasan yang diberikan di atas, De Mangol Jogja layak dikunjungi bagi Anda yang ingin merasakan liburan yang berbeda. Sambil menikmati pemandangan alam dari atas bukit, sambil menikmati makanan yang tersedia di rumah makan juga. Hidup selaras dengan alam, demikian slogan objek wisata yang kali ini menjadi topik utama.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button