Puncak Mustika Manik, panorama alam yang menawan di Bogor - WisataHits
wisatahits

Puncak Mustika Manik, panorama alam yang menawan di Bogor

Puncak Mustika Manik, panorama alam yang menawan di Bogor
Harga tiket: Rp 15.000 Jam operasional: 07h30-17h30 WIB, Alamat: mt. Sari, Kec. Pamijahan, Kab. Bogor, Jawa Barat; Kasus: Verifikasi lokasi

Puncak Mustika Manik tentu sudah tidak asing lagi bagi kebanyakan orang di Bogor, Jawa Barat. Ini adalah salah satu hits wisata yang semakin viral setiap hari. Bukan tanpa alasan, semua karena daya tarik yang dimilikinya. Tempat ini menawarkan apa yang kita butuhkan saat berlibur yaitu ketenangan dan suasana yang damai.

Setiap harinya tidak pernah sepi pengunjung, kebanyakan dari mereka adalah pasangan remaja. Tujuannya tidak lain untuk menikmati pesona alam dengan cara yang tidak biasa, khususnya dengan bersantai di lokasi-lokasi yang telah disediakan. Tempat wisata ini memiliki banyak spot yang juga cocok dijadikan latar foto.

Tak jauh berbeda dengan konsep wisata lain yang mengandalkan keindahan alam, terdapat pula lookout point untuk dinikmati. Selain anak muda, ada juga yang berasal dari keluarga yang bertujuan piknik menghabiskan liburan. Keindahan tempat ini tidak bisa diremehkan dan sayang untuk dilewatkan.

Objek wisata puncak Mustika Manik

Daya Tarik Puncak Mustika Manik BogorKredit gambar: Enchuy Instagram

Dari namanya sudah jelas bahwa Puncak Mustika Manik merupakan tempat wisata di Bogor yang berada di atas ketinggian. Tempat ini memiliki ketinggian sekitar 900 mdpl, bisa dibayangkan betapa sejuk dan indahnya tempat ini. Untuk daya tarik, sebagian besar berasal dari spot foto dan vantage point yang disediakan pengelola.

1. Panorama rumah

Atraksi pertama datang dari sebuah tempat bernama Beranda Panorama. Tempatnya sangat sederhana karena hanya bambu yang disusun sedemikian rupa sebagai alasnya. Pengunjung bisa duduk santai di tempat ini sambil mengayunkan kakinya tertiup angin. Tidak perlu khawatir tentang keamanan, semuanya sesuai standar.

Meski terdengar sederhana, pemandangan yang didapat dari spot Puncak Mustika Manik ini sangat menarik. Di depan mata terlihat jelas gugusan perbukitan yang mengelilingi kota Bogor. Hampir semuanya berwarna hijau dingin, warna ini didapat dari pepohonan rindang, semak belukar dan rerumputan yang tampak begitu kecil dari ketinggian.

2. Saung Layang

Apalagi ada Saung Layang yang bukan sekadar pos pengamatan. Tempat ini juga dijadikan spot foto karena sangat unik. Dilihat dari namanya, tempat ini pasti berbentuk seperti gubuk yang biasa digunakan sebagai tempat peristirahatan. Namun uniknya, konsepnya menggunakan tangkapan.

Tidak terlalu besar, hanya cukup untuk dua orang. Ada dua kursi yang saling berhadapan. Keistimewaan lain terlihat dari keberadaan meja gantung. Spot Puncak Mustika Manik tak kalah indahnya jika dilihat dari latar belakangnya, perbukitan dan vegetasi hijau saling melengkapi.

3. Tepas Panembongan

Tepas Panembongan adalah tempat lain yang juga merupakan tempat wisata alam di Bogor. Dibuat dengan konsep sederhana, spot ini menjadi salah satu yang paling populer. Bagian bawahnya terbuat dari papan yang kuat dan kokoh, sedangkan bagian sampingnya terbuat dari bambu sebagai pegangan dan pagar pengaman.

4. Enggon Ratu Manik

Spot Puncak Mustika Manik memiliki nama yang unik dan sarat dengan kesan Jawa. Selain yang disebutkan di atas, ada juga Enggon Ratu Manik. Tempat ini dibuat menyerupai singgasana ratu dengan ornamen yang tidak biasa. Memang tidak semewah singgasana aslinya, namun tetap terlihat sangat unik.

Sebut saja hiasan ranting yang dibuat atau dibentuk seperti hati dan diletakkan di belakang kursi. Kursi ini dianggap sebagai kursi singgasana Ratu. Bagian kiri dan kanan dibatasi pagar bambu, kemudian alasnya terbuat dari papan kayu yang kuat.

5. Saung Cinta

Tempat Wisata Lainnya Pic Mustika Manik, BogorKredit gambar: Google Maps Swing Peng

Puncak Mustika Manik juga memiliki Saung Cinta. Memang mirip dengan Saung Layang yang dibahas di atas, namun kali ini tidak ditangguhkan. Memang tidak terlalu unik dari konsepnya, tapi untuk ornamennya bisa dibilang tidak biasa. Apalagi tempat ini berhadapan langsung dengan pesona alam yang indah dan cocok dijadikan latar foto.

6. Ayunan

Di antara spot-spot yang disebutkan di atas, yang cukup ekstrim adalah Swing. Sepintas tidak jauh berbeda dengan swing set yang Anda temukan di tempat lain. Tapi bukan karena itu dikatakan ekstrim. Spot ini sengaja dibuat menggantung di pinggir tebing. Kesan seram mungkin tidak akan terasa saat melihat betapa indahnya lingkungan alam.

Selain itu, pengelola wisata alam di Bogor memperhatikan faktor keamanan. Jadi selama mengikuti aturan, dijamin aman dan jauh dari bencana. Pengamanan yang diberikan oleh pawang berupa sabuk pengaman yang wajib digunakan. Selain itu, pengunjung harus menginjakkan kaki di atas tali di bawah.

7. Lawang Satawang

Lawang dalam bahasa Jawa berarti pintu. Jadi, Lawang Satawang merupakan tempat berbentuk pintu dan dilengkapi dengan jendela. Tempat ini menjadi salah satu favorit meski terlihat sangat sederhana. Anda harus pandai mengambil sudut pandang saat menggunakan tempat ini sebagai latar foto.

Pintu yang direncanakan cukup lebar, begitu pula jendelanya. Jika Anda bisa memotret dengan sudut yang tepat, Anda bisa mendapatkan foto seperti Anda memiliki rumah di depan keindahan alam. Sama seperti spot sebelumnya, disini juga terdapat ornamen yang terbuat dari dahan pohon dan bambu.

8. Sapuan terbang

Flying Sapu juga menjadi tempat unik di Puncak Mustika Manik yang menjadi daya tarik utamanya. Seperti namanya, tempat ini merupakan sebuah sapu yang dibuat seolah terbang di udara. Pengunjung bisa menaikinya untuk berfoto. Anda tidak memerlukan gaya tertentu, tetapi Anda tetap membutuhkan sudut yang tepat untuk memotret.

9. Sepeda gantung

Selain ayunan yang terbilang ekstrim, ada juga sepeda gantung yang tak kalah seru. Tempat ini sebenarnya bukan untuk foto-foto, melainkan untuk mereka yang ingin memacu adrenalin. Namun karena keunikan dan pesona alam yang indah di sekitarnya, banyak juga yang memanfaatkannya sebagai background foto untuk dibagikan ke media sosial.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Puncak Mustika Manik BogorKredit gambar: Google Maps Sirad42 Judin

Puncak Mustika Manik terletak di Bogor, tepatnya di Gunung Sari, kecamatan Pamijahan. Dari Bogor tengah, Jawa Barat, Anda mungkin membutuhkan waktu 1 jam 30 menit untuk sampai ke lokasi. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menempuh jarak 30 kilometer. Memang melebihi waktu rata-rata, karena banyak titik kemacetan yang Anda temui selama perjalanan.

Agar lebih cepat sampai ke lokasi, silahkan ambil jalan menuju Pamijahan terlebih dahulu. Kemudian menuju ke arah Jalan Raya Gunung Salak Endah hingga tiba di Kolam Tirta Endah. Tujuan selanjutnya menuju Cobatok, lalu menuju Jalan Bukit Panorama melihat rambu-rambu yang tersedia.

Harga tiket masuk objek wisata

Tiket Puncak Mustika Manik BogorKredit gambar: Google Maps Melly az Zahra

Untuk bisa menikmati semua spot di Puncak Mustika Manik, tentunya Anda harus membayar biaya. Tempat wisata di Bogor ini tidak gratis, namun biayanya tetap terjangkau. Dengan banyaknya tempat yang disediakan, Anda hanya perlu menggantinya dengan biaya masuk sebesar 15.000 rupiah saja.

Ingatlah bahwa tarif tersebut masih belum termasuk tiket parkir. Biaya parkir untuk kendaraan roda dua adalah Rp 2.000, sedangkan mobil atau kendaraan roda empat adalah Rp 5.000. Tempat wisata ini buka setiap hari mulai pukul 08:00 hingga 17:00 WIB, namun sebaiknya datang pada pagi hari karena suasana alam yang masih sejuk dan sepi pengunjung.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Puncak Mustika Manik

Puncak aktivitas Mustika Manik BogorKredit gambar: Instagram Indra

Banyak aktivitas yang bisa dilakukan di Puncak Mustika Manik yang semuanya dijamin seru. Anda mungkin mengira bahwa aktivitas yang dimaksud hanya terbatas pada fotografi, padahal sebenarnya tidak. Daripada penasaran, berikut rekomendasi kegiatan yang layak dilakukan!

1. Nikmati pemandangan alam

Tentunya hal pertama yang harus dilakukan saat datang adalah memanfaatkan anugerah Tuhan yang tidak bisa didapatkan di tempat lain. Pesona alamnya sangat luar biasa dan lengkap, mulai dari gugusan perbukitan, hamparan kebun, persawahan dan beberapa aliran sungai yang tampak kecil dari ketinggian.

2. Piknik Santai

Sambil menikmati pemandangan alam, Anda juga bisa piknik santai di Puncak Mustika Manik, Bogor. Biasanya pengunjung yang melakukan kegiatan ini berasal dari kalangan keluarga. Tidak perlu membawa perbekalan jika tidak memungkinkan karena Anda dapat memenuhi semua kebutuhan Anda di sini.

3. Berburu spot foto

Tak bisa dipungkiri, aktivitas utama sekaligus alasan mereka yang datang adalah berburu spot foto. Pengelola pun sengaja menarik wisatawan dengan membuat banyak spot foto yang cantik. Sebaiknya siapkan kamera terbaik, juga memori yang masih kosong.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Puncak Mustika Manik BogorKredit Gambar: Instagram Srilie

Puncak Mustika Manik dikelola dengan sangat baik terbukti dengan banyaknya fasilitas yang ditemukan. Selain tempat parkir yang luas, tersedia pula toilet yang bersih dan terawat. Di sini juga terdapat warung yang menjual berbagai makanan dan minuman, mungkin Anda akan membutuhkannya saat kehabisan persediaan.

Saat ini sudah banyak konsep wisata yang dibuat unik untuk menarik pengunjung. Salah satunya memadukan alam dengan konsep foto yang unik. Seperti Puncak Mustika Manik yang akan kita bahas kali ini. Dari semua ulasan di atas, objek wisata ini sangat layak untuk dikunjungi dan dijadikan alternatif utama.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button