Puncak akui, panorama alam yang indah di Langkat - WisataHits
wisatahits

Puncak akui, panorama alam yang indah di Langkat

Di bagian utara Sumatera yang sangat terkenal dengan destinasi wisatanya, Danau Toba juga memiliki tempat wisata lain yang tak kalah menarik. Puncak Akui merupakan salah satu tempat wisata yang menawarkan spot foto kekinian dan instagramable di Sei Bingai, Langkat. Meski merupakan destinasi wisata baru, namun kelebihannya tidak pernah menyurutkan minat wisatawan untuk berkunjung di puncak ini.

Harga tiket: Rp15.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Adin Tengah, Kec. Salapien, Kab. Langkat, Sumatera Utara; Kasus: Cek lokasi

Berada di atas bukit dengan berbagai tempat menarik, seolah memiliki magnet tersendiri yang membuat pengunjung betah berlama-lama. Keindahan alam dengan pemandangan pegunungan Bukit Barisan yang terlihat hijau dan asri mampu menghilangkan penat yang dirasakan pengunjung selama perjalanan.

Puncak ini merupakan puncak tertinggi di wilayah Langkat. Siapapun yang berkunjung ke sini pasti akan merasakan suasana yang tenang dan tentram dengan ditemani semilir angin yang sejuk. Udara pegunungan yang khas membuat pengunjung tidak ingin langsung beranjak saat berada di sana karena tidak ada polusi udara yang mengganggu seperti yang dirasakan di kota.

Puncak daya tarik mengakui

Akui daya tarik puncakKredit gambar: Google Maps Jhon Fran A Sidauruk

Jika Danau Toba menawarkan pesona alam perairannya, Puncak Akui menawarkan pesona alam perbukitan yang hijau. Panorama alam yang ditawarkan objek wisata ini memiliki ciri khas tersendiri dengan udara segar yang biasanya terdapat di dataran tinggi. Meski tergolong baru, tempat wisata ini sangat digemari wisatawan karena daya tariknya yang memikat hati.

1. Terkenal sebagai “The Yo’s Hill”

Banyak orang mengenal objek wisata ini sebagai “The Yo’s Hill”. Nama ini cocok dengan lokasinya yang berada di dataran tinggi. Objek wisata ini menjadi destinasi wisata kebanggaan masyarakat Langkat. Kelebihan yang dimilikinya adalah berbagai spot foto yang disediakan dengan background bukit hijau yang asri.

Bukit Yo lahir sekitar tahun 2015, namun dengan keindahan alamnya membuat namanya semakin populer di telinga wisatawan. Perhatian pemerintah Langkat terhadap objek wisata ini terlihat dari beberapa perkembangan yang membuat Bukit Yo semakin menarik untuk dikunjungi dari segi fasilitas, akses jalan dan infrastruktur.

2. Surga Tersembunyi di Sumatera Utara

Hampir semua orang di Indonesia pasti sudah tidak asing lagi dengan wisata Danau Toba, namun sebagian dari mereka mungkin belum mengetahui tentang Puncak Akui. Oleh karena itu tidak heran jika objek wisata ini dianggap sebagai surga tersembunyi karena Sumatera Utara juga memiliki wisata alam yang menakjubkan selain Danau Toba.

Surga tersembunyi ini juga menawarkan berbagai wahana seru dan spot foto menarik bagi para pecinta fotografi yang menyukai petualangan. Wahana paling menguji adrenalin yang membutuhkan nyali besar adalah sky swing. Wahana tersebut akan mengajak pengunjung untuk menikmati sensasi berayun di atas perbukitan dengan perlengkapan keselamatan yang lengkap.

3. Ada penangkaran bunga ‘Sakura’

Jika Anda familiar dengan bunga sakura dengan ciri khas warna pink yang indah, maka Anda akan menemukan bunga tabebuya di sini yang sangat mirip karakteristiknya dengan bunga sakura di Jepang. Pemerintah setempat mengangkat bunga “sakura” ke puncak Bukit Akui.

Saat mekar, bunga tabebuya menyerupai bunga sakura. Meski bukan bunga sakura asli, pengunjung sangat mengapresiasi keindahan bunga ini dan tak lupa berfoto dengan latar belakang bunga tersebut. Keindahan bunga ini mampu memukau setiap orang yang berkunjung ke Puncak Akui, khususnya para wisatawan wanita.

Alamat dan arah ke Puncak Akui

Alamat Puncak AkuiKredit gambar: Facebook Dicky Syahputra

Destinasi wisata alam ini terletak di tengah desa Adin. Di kawasan tersebut memang ada beberapa tempat wisata yang bisa dikunjungi wisatawan. Lokasi dekat dengan wisata Habitat Tree House.

Akses jalan menuju objek wisata ini masih berupa bebatuan terjal yang belum diaspal namun masih bisa dilalui dengan sepeda motor dan mobil. Meski melelahkan, akan terbayar saat sampai di sana.

Rute yang bisa ditempuh bisa melewati Medan. Berangkat dari Medan, Anda bisa melewati Binjai, Desa Telagah dan Dusun Pertuguhen dengan waktu tempuh sekitar 4-5 jam tergantung kecepatan kendaraan. Kondisi jalan utama menuju lokasi cukup baik. Hanya saja Anda akan melewati jalan beraspal dan belum diaspal dari kaki bukit menuju lokasi.

Namun, Anda tidak perlu khawatir karena jalannya masih bisa dilalui dan rasa lelah akan hilang begitu Anda sampai di tempat tujuan. Lokasi wisata ini berada di Desa Telagah dan termasuk dalam wilayah administrasi Kecamatan Sei Bingai Kabupaten Langkat. Bagi Anda yang ingin menikmati nuansa alam dengan udara pegunungan yang sejuk dan sejuk khas jauh dari kebisingan kota, tempat wisata ini sangat cocok.

Harga tiket masuk puncak mengakui Langkat

Terima harga tiket maksimumKredit gambar: Google Maps R Ryanto

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke Puncak Akui bersama keluarga, Yo’s Hill Tour dibuka untuk umum setiap hari selama 24 jam. Untuk bisa menikmati pemandangan objek wisata tersebut dan berfoto di tempat yang telah ditentukan, Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 15.000 per orang.

Anda juga bisa berkemah di sana dengan biaya Rp 25.000 per tenda. Khusus untuk sky tour akan dikenakan biaya Rp 5.000. Wahana ini paling banyak dicoba oleh semua orang yang pernah kesana.

Bagi Anda yang membawa anak kecil harus selalu memperhatikan anak-anak Anda karena bukit ini memiliki jurang yang cukup dalam. Orang dewasa juga perlu berhati-hati saat mengambil foto agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Puncak Akui

Pengakuan Puncak Daya Tarik yang DimilikiKredit gambar: Facebook Ichan Darhany

1. Nikmati suasana Cool Hills

Puncak Akui yang terletak di perbukitan akan membuat Anda dan keluarga merasakan kesegaran yang berasal dari udara pegunungan Bukit Barisan. Nuansa seperti inilah yang ditunggu-tunggu wisatawan, agar segala penat dan kejenuhan yang mereka rasakan dalam aktivitas sehari-hari bisa hilang dan tubuh bisa rileks kembali.

Hamparan tanaman hijau sangat menyejukkan jiwa, sehingga tempat wisata ini cocok bagi siapa saja yang membutuhkan suasana tenang. Jauh dari hiruk pikuk dan polusi udara perkotaan, seperti membuat The Yo’s Hill ini penyemangat bagi siapa saja yang berkunjung.

2. Berkemah di Daerah Perbukitan

Dengan menyiapkan budget Rp25.000 per tenda, kamu bisa melakukan kegiatan camping di sana. Sensasi berkemah di atas bukit tentu menjadi aktivitas seru dan menarik yang jarang Anda alami jika sudah terbiasa tinggal di lingkungan perkotaan. Agar kesempatan camping di Puncak Akui tidak terbuang percuma agar pikiran dan tubuh bisa segar kembali.

Anda tidak perlu khawatir jika tidak membawa tenda sendiri dari rumah, karena tour operator telah menyediakan persewaan tenda yang bisa Anda dan keluarga gunakan untuk bermalam. Anda hanya perlu membawa makanan dan minuman saat berkemah, karena warung makan di sekitar tempat wisata menarik biasanya hanya beroperasi hingga sore hari.

3. Menikmati sunset dari atas bukit

Para pecinta sunset juga bisa merasakan indahnya sunset dari atas bukit ini. Jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan momen tersebut. Tentu saja ini adalah waktu yang langka jika Anda sangat jarang mengunjungi daerah perbukitan untuk mencari keindahan matahari terbenam. Latar belakang perbukitan hijau dengan matahari terbenam adalah pemandangan yang sempurna.

Puncak Akui sangat cocok bagi Anda yang suka mengejar sunset. Langit senja yang indah menjadi perhatian utama para pengunjung yang menyukai dunia fotografi. Mereka mengambil sudut foto terbaik dengan latar belakang perbukitan hijau dengan langit senja yang menghiasinya. Pemandangannya pasti akan membuat Anda terpukau.

4. Naik Sky Swing Ride

Aktivitas di Akui PeakKredit gambar: Instagram @ayuhandari1498_

Wahana Sky Swing merupakan salah satu wahana favorit The Yo’s Hill. Anda akan menikmati perasaan berayun dari atas bukit dengan latar belakang perbukitan yang hijau dan jurang yang cukup dalam di bawahnya. Jangan khawatir karena kendaraan ini dilengkapi dengan peralatan keselamatan yang aman, namun tidak disarankan bagi pengunjung yang menderita vertigo.

5. Selfie di tempat keren

Salah satu daya tarik Puncak Akui adalah tersedianya beberapa spot selfie yang memudahkan pengunjung untuk berfoto. Setelah lelah dalam perjalanan menuju tempat tersebut, para pecinta selfie bisa menghilangkan penat dengan berfoto selfie di beberapa lokasi seperti Hobbit House, Bird House, Hot Air Balloon, dan Sky Swing.

Fasilitas yang tersedia di Puncak Akui Langkat

Fasilitas di Puncak AkuiKredit gambar: Google Maps R Ryanto

Tempat wisata ini tidak akan mengecewakan Anda dan keluarga karena tersedia berbagai fasilitas memadai yang bisa dimanfaatkan. Pengelola wisata menawarkan beberapa fasilitas seperti persewaan tenda untuk camping, air minum untuk toilet, tempat ibadah, spot foto selfie, wahana jungkat-jungkit, dll.

Meski baru berdiri sekitar tahun 2015, tempat wisata alam di Puncak Akui ini sudah menjadi kebanggaan warga Langkat. Keindahan alamnya yang semakin lengkap dengan berbagai spot foto yang menarik, membuat objek wisata ini diakui oleh pemerintah setempat dan semakin dikenal masyarakat luas.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button