Air Terjun Tongkat, Wisata Alam yang Indah dan Indah di Langkat - WisataHits
wisatahits

Air Terjun Tongkat, Wisata Alam yang Indah dan Indah di Langkat

Harga tiket: Rp20.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Jl.Sungai Wampu, Rumah Galuh, Kec. Sei Bingai, Kab. Langkat, Sumatera Utara; Kasus: Cek lokasi

Kabupaten Langkat memang terkenal dengan wisata alam yang memiliki banyak keunikan. Namun selain itu, tempat wisata lain yang masih berhubungan dengan air tentunya dapat dengan mudah ditemukan. Misalnya, Air Terjun Tongkat yang kini namanya sudah terkenal.

Berada di dataran tinggi, kesegaran dan suasana asri khas pegunungan sangat terasa saat mengunjungi kawasan wisata ini. Bagi pengunjung yang datang membawa anak-anak atau keluarga lainnya, karena kawasan tersebut baik untuk kesehatan tubuh.

Selain keindahan alam yang ditawarkan, Air Terjun Tongkat juga dekat dengan pusat kota. Oleh karena itu, lokasinya mudah ditemukan dan dapat dijangkau dengan menggunakan kendaraan roda dua atau empat. Di bawah ini Anda akan menemukan informasi tentang tujuan wisata menarik ini.

Daya tarik yang menempel pada air terjun

Alamat Air Terjun TongkatKredit gambar: Twitter Residence Adhara

1. Memiliki suasana alam yang unik

Lokasinya yang berada di daerah pegunungan, membuat tempat wisata ini memiliki suasana alam yang unik. Pepohonan tinggi yang masih hidup di sekitar area memberikan rasa segar dengan udara yang tentunya lebih bersih dari tempat lain.

Selama perjalanan ke Air Terjun Tongkat, Anda akan menemukan banyak jenis tanaman dan pepohonan di setiap sisi jalan. Karena memang wilayah Sumatera ini memiliki alam yang masih terjaga kelestariannya, dan banyak terlihat perkebunan kelapa sawit.

Selain itu, jika sudah sampai di lokasi air terjun, suara gemericik air akan menambah suasana menyejukkan. Inilah yang menjadi daya tarik dari tempat wisata ini. Banyak sekali turis yang datang setiap hari.

2. Ikon air terjun tunggal

Dari namanya sendiri sudah pasti air terjun yang indah ini memiliki keunikan yang membuat siapapun tertarik untuk melihatnya. Keunikannya terletak pada sebuah kayu besar di tengah air terjun yang berukuran cukup besar.

Posisi kayunya sendiri juga unik, yaitu seperti bersandar di tebing dari air terjun. Sebuah titik tinggi pada kayu yang terlihat seperti tongkat, terletak di tengah tebing air terjun. Kemudian titik terendah kayu berada di tepi muka depan air terjun.

Keunikan kayu menjadi daya tarik lain dari tempat wisata air terjun ini. Bahkan tidak hanya orang dewasa saja yang mengunjungi tempat wisata ini, anak-anak juga menyukai kawasan wisata ini untuk liburan akhir pekan.

Alamat, Lokasi, Rute dan Harga Tiket Masuk Air Terjun Tongkat

Alamat Air Terjun TongkatKredit gambar: Kompasiana.com

Lokasi wisata Air Terjun Tongkat terletak di Desa Rumah Galuh, Desa Namuukur, Kecamatan Sei Bingai, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara. Karena tempatnya yang tidak terlalu jauh dari pusat kota, maka rute perjalanan yang bisa ditempuh oleh wisatawan cukup mudah.

Jika Anda memulai dari Medan, total perjalanan yang bisa Anda tempuh hanya akan memakan waktu sekitar 1 jam. Melewati Jalan Tol Medan menuju Kota Binjai yang merupakan salah satu akses jalan termudah untuk menuju Kabupaten Langkat.

Setelah keluar dari jalan raya, Anda akan melewati Jalan Sungai Wampu yang dapat diakses dengan berbagai jenis kendaraan. Bahkan bisa dikatakan jalan merupakan akses utama yang menghubungkan satu area dengan area lainnya di kawasan Sei Bingai.

Kemudian, setelah beberapa menit, kendaraan yang Anda gunakan akan memasuki kawasan desa Rumah Galuh. Banyak pohon kelapa sawit akan terlihat di kedua sisi jalan dari perjalanan melalui area desa. Hal ini terjadi karena lokasi desa yang dekat dengan perkebunan kelapa sawit itu sendiri.

Namun, perlu diingat bahwa jalur ini hanya bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan roda empat. Jika anda berencana menggunakan kendaraan roda dua untuk menuju Air Terjun Tongkat, maka perjalanan yang akan anda tempuh akan lebih lama.

Namun pada perjalanan roda empat atau roda dua, pemandangan alam yang disuguhkan tidak kalah bagusnya dengan destinasi wisata Anda sebelumnya. Keindahan pemandangan alam pegunungan yang masih terjaga luas, bisa menghilangkan kejenuhan anda selama menempuh perjalanan sekitar 28 km.

Sebelum bisa menikmati keindahan dan keseruan wisata air terjun ini, Anda perlu menyiapkan biaya yang cukup tinggi untuk membeli tiket masuk. Harga yang diminta wisatawan domestik dan mancanegara adalah Rp 20.000 per orang.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Air Terjun Tongkat

Kegiatan aksi tongkatKredit gambar: Twitter Petualangan Sederhana Medan

1. Bermain air

Tujuan utama wisatawan yang datang ke air terjun ini adalah untuk merasakan kesejukan air yang mengalir dari puncak pegunungan. Meski kolam alami yang terletak persis di bawah ujung air terjun ini bisa dibilang cukup dalam, namun tidak menyurutkan semangat wisatawan untuk bermain air.

Apalagi, Anda bisa menikmati sejuknya air terjun Tongkat ini sambil bermain di tepi kolam renang. Ini adalah pilihan yang bisa Anda lakukan jika Anda memiliki rasa takut yang berlebihan untuk berenang di area yang dalam.

Setelah selesai bermain air, jangan lupa untuk mengganti pakaian basah dengan pakaian kering yang Anda bawa sebelumnya. Kemudian Anda bisa membeli makanan atau minuman panas untuk memulihkan energi dan semangat Anda.

2. Berenang di Kolam Abadi

Tidak hanya air terjun yang menjadi icon utama tempat wisata ini, namun ada satu lagi tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Wisata tersebut bernama Eternal Pool, yang bisa Anda temukan di area tracking hingga ke ujung air terjun.

Sumber yang mengisi kolam menampilkan kejelasan yang tak tertandingi. Dengan kedalaman tidak lebih dari 5 meter, bisa dikatakan kolam air ini cukup dangkal. Anda bisa berhenti sejenak untuk berenang atau snorkeling untuk melihat keindahan bawah lautnya.

Dasar kolam terdiri dari kerikil kecil dan pasir yang lembut saat disentuh saat menyentuh permukaan kaki Anda. Bahkan bagian bawahnya terlihat jelas dari atas kolam, karena kejernihan airnya yang luar biasa. Saat berenang, merasakan sejuknya air di Eternal Pool tak kalah seru saat berenang di Air Terjun Tongkat.

3. Pelacakan

Aktivitas Air Terjun Tongkat LainnyaKredit gambar: Twitter @dolyhasil

Kegiatan lanjutan ini bisa dibilang wajib, sebelum Anda bisa menikmati berbagai hal menarik di kawasan air terjun. Perjalanan yang hanya bisa dilakukan dengan berjalan kaki ini memakan waktu sekitar 50 menit hingga 1 jam.

Perjalanan akan dimulai setelah memarkir kendaraan pribadi, yang kemudian akan dilanjutkan dengan berjalan kaki dengan beberapa pemandu profesional. Setelah membayar tiket masuk dan menyewa pemandu ini, jalur hutan akan menemani Anda di setiap rute pramuka ini.

Jangan khawatir jika Anda kehabisan makanan di tengah perjalanan panjang, karena ada beberapa warung kecil yang menyajikan berbagai jenis makanan dan minuman. Selain itu, Anda bisa mengenal wisatawan lain yang menjadi teman Anda selama kegiatan lanjutan.

4. Berfoto di berbagai lokasi

Lokasi Air Terjun Tongkat merupakan tempat yang tepat bagi anda yang menyukai dunia fotografi. Dari pemandangan pepohonan tinggi di sekitar air terjun, hingga air yang mengalir di atasnya yang bisa dijadikan latar.

Foto-foto yang ditampilkan akan terlihat lebih segar berkat penambahan warna hijau alami oleh dedaunan pepohonan yang rimbun. Apalagi memilih tema foto alam yang natural menjadi pilihan yang tepat untuk dilakukan di kawasan wisata air terjun ini.

Anda dapat mengunggah berbagai foto dengan latar belakang yang menarik ke berbagai platform media sosial. Dengan melihat foto-foto yang Anda posting, semakin banyak orang yang tahu tentang wisata air terjun unik ini.

Fasilitas yang tersedia di Air Terjun Tongkat Langkat

Tongkat rig akrobatKredit gambar: Kompasiana.com

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata alam ini memang belum bisa dikatakan memadai. Memang persisnya lokasi air terjun ini berada tepat di tengah hutan dengan medan yang cukup sulit untuk dilalui. Bahkan wisatawan diharuskan berjalan kaki sebelum sampai di air terjun.

Namun, beberapa warung kecil yang menyediakan makanan dan minuman ringan masih bisa Anda temukan di sepanjang jalan yang berfungsi sebagai tempat wisata susulan. Untuk fasilitas lain seperti kamar mandi hanya ada beberapa kamar di depan dekat loket pembayaran tiket.

Demikian informasi tentang mengunjungi Air Terjun Tongkat di Langkat, Sumatera Utara. Meski masih banyak kekurangan dari segi fasilitas, Anda bisa melakukan berbagai aktivitas menarik di tempat wisata ini.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button