Puluhan Ribu Tiket Kereta Api Jarak Jauh Nataru Terjual, Yogyakarta Jadi Destinasi Favorit? - WisataHits
Yogyakarta

Puluhan Ribu Tiket Kereta Api Jarak Jauh Nataru Terjual, Yogyakarta Jadi Destinasi Favorit?

[Bintang]    Alun-alun Selatan, Yogyakarta

Perbesar

Alun-alun Selatan, Yogyakarta. (Andy Masela/Bintang.com)

5. Alun-alun Selatan

Tempat terdekat yang sangat dekat dengan Malioboro adalah Alun-alun Kidul (Alkid). Pada malam hari, tempat ini biasanya cukup ramai dikunjungi pengunjung yang ingin menikmati suasana malam Yogyakarta.

6. Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta merupakan keraton resmi Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat. Kompleks keraton masih berfungsi sebagai tempat tinggal Sultan dan rumah tangga kerajaannya, meneruskan tradisi kesultanan. Keraton Yogyakarta tetap menjadi simbol kejayaan Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat hingga saat ini.

Keraton Yogyakarta dapat dikunjungi setiap hari mulai pukul 09.00-14.00 WIB. Setiap hari Jumat waktu berkunjung hanya sampai pukul 11.00 WIB.

Bagian dari kompleks istana adalah museum yang menyimpan berbagai koleksi Kerajaan, termasuk berbagai hadiah dari raja-raja Eropa, replika pusaka keraton, dan gamelan.

7.Taman Sari

Taman Sari dibangun oleh Sri Sultan Hamengkubuwono I sebagai tempat peristirahatan para istri dan selir raja.

Taman Sari kini ramai dikunjungi wisatawan yang ingin melihat kemegahan keraton Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Lokasi ini juga menjadi spot Instagramable, sering digunakan untuk berfoto dengan latar belakang istana taman air.

Taman Istana Keraton Ngayogyokarto luasnya lebih dari 10 hektar dengan sekitar 50 bangunan seperti kolam pemandian, jembatan gantung, saluran air, danau buatan dan pulau buatan serta lorong bawah air.

Kolam pemandian di Taman Sari terdiri dari 3 kolam besar, pertama ada kolam umbul Kawitan untuk memandikan anak dan kedua ada kolam umbul untuk selir atau putri sultan.

Sedangkan di sebelah selatan Umbul Sari terdapat sebuah bangunan tinggi tempat sultan melihat para selir sedang mandi dan memilih salah satu dari mereka untuk ikut mandi bersamanya. Taman Sari bisa dikunjungi setiap hari mulai pukul 09.00-15.00 WIB. Tiket untuk situs ini juga cukup terjangkau.

8. Kotagede

Kotagede merupakan sebuah kecamatan di Kota Yogyakarta yang memiliki nilai sejarah panjang bagi lahirnya Mataram Islam. Kotagede adalah salah satu lingkungan tertua di Yogyakarta. Kotagede bahkan masuk dalam daftar 13 kota terindah di Asia Perjalanan CNN pada Agustus 2019.

Suasana tradisional masih bisa ditemukan di Kotagede. Berikut kompleks Masjid Agung Mataram dengan pagar relief batu yang mengelilingi masjid, pelataran luas dengan beberapa pohon sapotilla kecil dan bedug besar.

Kotagede juga terkenal dengan sentra kerajinan peraknya. Di sepanjang jalan utama Jalan Paket Anda akan menemukan puluhan butik, galeri, dan bengkel yang memamerkan produk perak mereka mulai dari perhiasan, kotak, hingga peralatan makan.

Infografis Klitih di Yogyakarta dan maraknya kenakalan remaja di jalanan.  (Liputan6.com/Abdillah)

Perbesar

Infografis Klitih di Yogyakarta dan maraknya kenakalan remaja di jalanan. (Liputan6.com/Abdillah)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button