Cara Yogyakarta menarik wisatawan Eropa melalui Bandara YIA - WisataHits
Yogyakarta

Cara Yogyakarta menarik wisatawan Eropa melalui Bandara YIA

TEMPO.CO, Yogyakarta – Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia atau Asita Daerah Istimewa Yogyakarta memperkirakan Malaysia bisa menjadi entry point untuk mendongkrak kunjungan wisatawan dari Eropa ke Indonesia pada masa pemulihan pariwisata saat ini.

“Bandara YIA (Bandara Internasional Yogyakarta) kini memiliki dua maskapai yang mengoperasikan penerbangan langsung dari Malaysia ke Yogyakarta yang menjadi pintu masuk wisatawan Eropa ke Indonesia,” ujar konsultan Asita DIY Tasbir Abdullah di sela-sela pembukaan acara MATTA Travel Exchange di Yogyakarta, Selasa, 13 Desember 2022.

Dalam acara yang diprakarsai oleh Malaysia Association of Tour and Travel Agents pada 12-15 Desember 2022 itu, Tazbir mengatakan Malaysia dan Indonesia merupakan hub yang saling menguntungkan dalam dunia pariwisata, menghubungkan negara-negara Eropa dan Australia. Juga dengan beberapa negara Asia.

“Malaysia itu hub bermain untuk Indonesia itu juga Indonesia hub bermain Yang dibutuhkan Malaysia sekarang adalah bagaimana bandara YIA dapat menawarkan lebih banyak penerbangan langsung,” kata Tazbir.

Direktur Pariwisata Malaysia Junus Suhid mengatakan, penyedia jasa perjalanan di Malaysia menempatkan Indonesia sebagai pasar paling potensial untuk kunjungan wisatawan mereka. Malaysia bertujuan untuk membawa hingga 9 juta wisatawan internasional ke Malaysia tahun ini, dan Indonesia adalah penyumbang kedatangan wisatawan terbesar kedua setelah Singapura.

“Malaysia telah dikunjungi sedikitnya 799.000 wisatawan asal Indonesia sejak perbatasan dibuka pada 1 April 2022 hingga September 2022,” kata Junus.

Yogyakarta, kata Junus, juga diincar oleh jasa travel karena merupakan pusat kumpulan destinasi wisatawan domestik dan mancanegara di Indonesia, selain Bali. “Jadi kita perbanyak event B2B (business-to-business) seperti pertukaran perjalanan Hal ini untuk memperluas peluang kunjungan dari Indonesia,” ujarnya.

Pada acara MATTA Travel Exchange, Malaysia mempertemukan 20 pemasok industri pariwisata dari negaranya dengan pembeli dari Yogyakarta dan Surabaya.

Baca juga: 133 kilometer dari pantai selatan Yogyakarta dipagari oleh hutan bakau

Selalu update informasi terbaru. Lihat berita Tempo.co terbaru dan cerita unggulan di kanal Telegram Tempo.co Update. klik https://t.me/tempodotcoupdate bergabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button