Tiket Kereta Api Jarak Jauh Liburan Nataru 2023 Terjual 184.000 Kursi - WisataHits
Jawa Tengah

Tiket Kereta Api Jarak Jauh Liburan Nataru 2023 Terjual 184.000 Kursi

Jalur kereta api pertama di Sulawesi

Perbesar

Pembangunan jalur kereta api pertama di Sulawesi, dijadwalkan mulai beroperasi pada Oktober 2022. Departemen Perhubungan Dok

Warga Kabupaten Barru dan Kabupaten Pangkep kini bisa mencoba kereta api gratis selama masa uji coba terbatas. Ini adalah proyek kereta api pertama di Sulawesi.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan PT KAI (Persero) saat ini sedang melakukan uji coba operasi pengoperasian terbatas jalur kereta api Makassar-Parepare, KA Andalan Celebes. Moda transportasi ini bisa ditumpangi oleh masyarakat untuk melintasi Stasiun Garongkong menuju Stasiun Mangilu.

Rute sebaliknya dari Stasiun KA Mangilu ke Stasiun Garongkong dilayani oleh KA Lontara.

Plt Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Zulmafendi mengatakan, Jalur Kereta Api Pride Celebes merupakan salah satu jalur kereta api di Indonesia yang menggunakan standar gauge 1435mm.

“Dengan jalur yang lebar ini, kereta api di Sulawesi dapat melaju lebih cepat dan nyaman dibandingkan kereta api di Pulau Jawa,” kata Zulmafendi dalam keterangan tertulis, Minggu (30/10/2022).

Selain itu, Zulmafendi juga mengatakan jalur kereta api ini memiliki potensi wisata yang sangat tinggi. Menurutnya, pemandangan indah di sepanjang jalur tersebut akan menjadi daya tarik wisata tersendiri.

“Belum lagi banyaknya kawasan wisata seperti Wisata Alam Anjungan Sumpang Binangoe, Wisata Alam Pantai Ujung Batoe dan Wisata Mangrove Dewi Biringkassi,” jelasnya.

Ke depannya juga akan dioperasikan Stasiun Rammang-Rammang yang jaraknya sangat dekat dengan objek wisata Geopark Rammang-Rammang. Sehingga diharapkan dengan adanya jalur kereta api ini dapat mendongkrak wisatawan di Sulawesi Selatan.

Pada uji operasional terbatas tahap awal, jalur kereta api sepanjang 66 km akan digunakan oleh kereta api terbuka untuk umum melalui 7 stasiun. Ketujuh stasiun KA tersebut antara lain Stasiun KA Garongkong, Stasiun KA Barru, Stasiun KA Tanete Rilau, Stasiun KA Mandalle, Stasiun KA Ma’rang, Stasiun KA Labakkang, dan Stasiun KA Mangilu.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button