Kota ramah sepeda terbaik di dunia pada tahun 2022 adalah Jakarta - WisataHits
Yogyakarta

Kota ramah sepeda terbaik di dunia pada tahun 2022 adalah Jakarta

KOMPAS.com– Bersepeda menjadi semakin populer dalam beberapa tahun terakhir. Kegiatan ini tidak hanya menyehatkan, tetapi juga dapat membantu mengurangi polusi.

Kini kemungkinan penggunaan sepeda untuk aktivitas sehari-hari seperti berangkat kerja atau sekolah semakin meningkat.

Oleh karena itu, banyak kota-kota besar dunia yang mulai menyediakan fasilitas khusus bagi pesepeda atau meningkatkan sarana dan prasarananya.

Baca Juga: Yogyakarta Kembangkan Bike Tour, Turis Bisa Berkendara Keliling Kota

Dalam laporan bertajuk Global Bicycle Cities Index 2022 yang diterbitkan oleh Luko, perusahaan asuransi asal Prancis, terdapat penelitian yang menganalisis kondisi pengendara sepeda di 90 kota di seluruh dunia.

Tujuannya untuk mengetahui apakah suatu kota memiliki kondisi yang baik untuk pesepeda atau tidak.

Metodologi Penelitian

Indeks peringkat dibangun dengan menggunakan enam indikator utama, yaitu cuaca (cuaca), tingkat penggunaan sepeda (penggunaan sepeda).

Indikator lainnya adalah tingkat kejahatan dan keamanan (kejahatan dan keamanan), infrastruktur (infrastruktur), aktivitas berbagi sepeda (Membelah) dan acara bersepeda (acara).

Ilustrasi sepeda listrikGambar shutterstock sepeda listrik

Indikator utama dibagi lagi menjadi beberapa faktor. Misalnya, tingkat kejahatan dan keamanan (kejahatan dan keamanan) dipecah menjadi tingkat kematian, kecelakaan, dan pencurian sepeda.

Baca juga:

Kemudian infrastruktur (infrastruktur) dibagi menjadi jumlah toko sepeda di suatu kota, keberadaan jalur sepeda dan kualitas jalan, serta kualitas investasi dan infrastruktur secara keseluruhan.

Kegiatan berbagi sepeda (Membelah) dibagi menjadi jumlah ruang sewa sepeda (-) dan jumlah sepeda bersama.

Kemudian acara promosi bersepeda (acara), salah satunya terlihat dengan ada tidaknya agenda bebas kendaraan, seperti Car Free Day (CFD) di Jakarta setiap Minggu pagi.

Baca Juga: Salatiga Masuk Nominasi Kota Ramah Sepeda dan Punya Jalur Sepeda Untuk Keliling Kota

90 kota dalam daftar dipilih karena kesediaan mereka untuk berinvestasi dan mengambil inisiatif untuk meningkatkan infrastruktur dan keselamatan bersepeda de.luko.euSenin (29/8/2022).

Penelitian ini bertujuan tidak hanya untuk mendeskripsikan kota-kota terbaik dan terburuk untuk bersepeda, tetapi lebih untuk menilai iklim bersepeda di 90 kota berdasarkan faktor-faktor bersepeda.

Source: travel.kompas.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button