Puluhan Pramuka Trenggalek sedang memperbaiki jalan yang rusak akibat bencana - WisataHits
Jawa Timur

Puluhan Pramuka Trenggalek sedang memperbaiki jalan yang rusak akibat bencana

Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur (ANTARA) — Puluhan anggota Pramuka di Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, sedang memperbaiki jalan rusak di jalur alternatif Gemaharjo-Prigi yang terkena bencana alam berupa banjir dan tanah longsor.

“Ya, tadi pagi siswa SMKN 1 Watulimo dikerahkan untuk memperbaiki jalan yang rusak. Mereka anggota Pramuka Polsek Saka Bhayangkara Watulimo,” kata Kapolsek Watulimo AKP Suyono di Trenggalek, Selasa.

Selain sukarela membantu memperbaiki jalan yang rusak, Pramuka juga secara sukarela membantu persediaan tambalan yang berlubang.

Ada sekitar 15 sak semen yang diberikan anggota Pramuka sebagai hasil sumbangan sukarela siswa SMKN 1 Watulimo.

“Selain bekerja, mereka juga membantu material perbaikan jalan yang rusak dari sumbangan sukarela teman-teman mereka di sekolah,” ujarnya.

Bersama warga dan aparat pemerintah lainnya, Pramuka melakukan pengabdian kepada masyarakat untuk memperbaiki jalur alternatif ke beberapa tempat wisata.

Ruas jalan alternatif Gemaharjo–Prigi tidak hanya menjadi pintu gerbang ekonomi masyarakat, tetapi juga menjadi akses bagi sebagian siswa untuk bersekolah.

“Kepedulian siswa terhadap lingkungan harus diakui. Beberapa waktu lalu, tanpa diberitahu di kegiatan ekstrakurikuler, mereka ingin membantu perbaikan jalan. Mereka akhirnya bisa mengikuti pengabdian masyarakat pada kegiatan pramuka sepulang sekolah,” jelasnya.

Sebelumnya, warga setempat bersama tiga pilar melakukan perbaikan jalan secara swadaya setelah di beberapa tempat rusak akibat banjir dan tanah longsor yang melanda wilayah Kecamatan Watulimo beberapa waktu lalu.

Sekitar satu kilometer di sepanjang jalan tersebut, terjadi kerusakan di beberapa tempat, sehingga warga memutuskan untuk melakukan perbaikan sendiri.

“Namun, perbaikan dilakukan secara bertahap, tidak hanya dalam beberapa hari terakhir. Total sekitar satu kilometer jalan diperbaiki. Tapi tidak menyeluruh, simpangnya berlubang dan ditambal sendiri di beberapa tempat,” ujarnya.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Puluhan Pramuka Trenggalek sedang memperbaiki jalan yang rusak akibat bencana

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button