Tenjo Laut, objek wisata yang wajib dikunjungi dengan pemandangan alam yang menakjubkan di Kuningan - WisataHits
wisatahits

Tenjo Laut, objek wisata yang wajib dikunjungi dengan pemandangan alam yang menakjubkan di Kuningan

Tenjo Laut, objek wisata yang wajib dikunjungi dengan pemandangan alam yang menakjubkan di Kuningan
Harga tiket: Rp 15.000 Jam operasional: 08.00-18.00 WIB, Alamat: Jl Taman Nasional Gunung Ciremai Mandirancan, Puncak, Kec. Cigugur, Kab. Kuningan, Jawa Barat; Kasus: Verifikasi lokasi

Tenjo Laut telah menjadi tempat wisata populer di Kuningan dan menarik banyak perhatian akhir-akhir ini. Meski tergolong objek wisata baru, namun keindahan dan keunikannya mampu menarik banyak wisatawan. Terletak di atas ketinggian lebih dari 1000 mdpl, kawasan wisata ini tentunya memiliki udara yang bersih dan jauh dari polusi.

Apalagi, pemandangan alam sudah pasti didapatkan begitu memasuki lokasi. Untuk menambah daya tarik, pengelola ketiga desa tersebut membangun tempat-tempat unik, yakni rumah gorila, rumah pohon, dan gang pinus. Berbagai spot selfie cantik juga dibangun khusus bagi para wisatawan untuk mengabadikan momen liburan. Diharapkan pengelolaan desa Puncak, Cisantana dan Babakan Mulya dalam waktu dekat menambah titik baru.

Meski bernama Tenjo Laut, objek wisata ini bukanlah pantai atau lautan. Nama tersebut digunakan karena tempat ini merupakan tempat pengamatan pada masa penjajahan Belanda. Dimana saat itu kapal yang sedang berlabuh di dermaga sangat jelas terlihat dari ketinggian atau titik tempat wisata ini.

Daya tarik yang dimiliki Tenjo

Atraksi Laut TenjoKredit gambar: Google Maps Subariyanto bari

Dari penjelasan singkat di atas, masih belum ada poin utama mengenai daya tarik. Tentunya kita sepakat bahwa setiap destinasi wisata memiliki daya tarik tersendiri. Daya tarik inilah yang menjadi alasan mengapa suatu tempat layak untuk dikunjungi. Dalam hal ini, Sea Tenjo, inilah atraksi yang paling menarik perhatian!

1. Pesona alam Tenjo Laut yang menakjubkan

Obyek wisata yang menjadi bahasan utama kita kali ini terletak di kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai. Bukan tidak mungkin jika pemandangan alamnya begitu menakjubkan. Dari ketinggian lebih dari 1000 mdpl, semuanya bisa dilihat dan terlihat begitu indah. Sebut saja Tangki Darma yang bentuknya seperti mangkok yang berbentuk tidak beraturan.

Selain itu, formasi pohon pinus yang berdiri di dalam hutan juga tak kalah menarik. Panorama hijau pepohonan mampu menyejukkan mata sekaligus mengusir pikiran galau. Dari sana, Anda bisa melihat lebih jelas Gunung Ciremai dan Gunung Slamet yang menjulang megah.

2. Tenjo Laut Udara Segar

Dengan ketinggian yang disebutkan di atas, tentunya udara di tempat ini sangat segar. Apalagi jika lokasinya masih berada di kaki Gunung Ciremai yang tentunya dihiasi pepohonan rindang khas hutan. Pohon itu tidak hanya sekedar pemandangan, tetapi juga memberikan kesan asri dan segar.

Belum lagi lokasinya yang cukup jauh dari pusat kota, dimana kebisingan kendaraan sepi. Kesegaran semakin terasa ketika polusi udara tidak mempengaruhi tempat wisata ini. Hal ini lumrah tentunya bagi wisatawan yang datang dari pedesaan. Namun menjadi istimewa ketika mereka datang dari pusat kota.

3. Tersedianya berbagai spot unik

Daya tarik Tenjo Laut lainnya yang menarik banyak wisatawan adalah adanya beberapa tempat unik. Spot tersebut tidak hanya berfungsi sebagai pos pengamatan, tetapi juga untuk kegiatan fotografi. Di antara spot yang disebutkan di atas yaitu Rumah Pohon, Terowongan Pinus dan Rumah Gorila. Ada lagi tempat yang tak kalah uniknya yaitu sarang burung raksasa.

Dari semua spot yang sudah disebutkan, yang paling menarik adalah Rumah Hobbit. Karena ukurannya yang kecil, banyak pengunjung menyebutnya sebagai House of the Dwarf. Memang tika bisa digenggam, tapi bisa dijadikan background foto.

Alamat dan rute menuju lokasi

Jalan Menuju Laut Lokasi TenjoKredit gambar: Google Maps widi sn

Tenjo Laut masih berada di Kabupaten Kuningan, tepatnya di Jl Taman Nasional Gunung Ciremai Mandirancan, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Waktu yang dibutuhkan untuk sampai kesana kurang lebih 30 menit dengan kendaraan bermotor. Kali ini asumsikan Anda sedang berada di pusat Kota Kuningan, kurang lebih berjarak 15 kilometer.

Rute terbaik menuju tempat wisata ini adalah melalui Jalan Ahmad Yani. Sebelum sampai di jalan tersebut, Anda harus melewati Jalan Eyang Weri dan Jalan Siliwangi. Dari Jalan Ahmad Yani, lanjutkan perjalanan menuju Jalan Raya Cigugur hingga tiba di kawasan Palutungan. Setelah itu, rute yang harus ditempuh adalah melalui Jalan Sagara Hiang.

Tak jauh dari situ ada papan petunjuk yang mengarahkan Anda ke kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai. Hati-hati di sekitar jalan karena ada juga rambu menuju Tenjo Laut. Tak perlu khawatir dengan keadaan jalan, ada yang mudah dijangkau karena sudah diaspal sempurna.

Harga tiket masuk Tenjo Laut

Harga tiket masuk objek wisata Tenjo LautKredit gambar: Google Maps Adi Nurhayadi

Mengenai tarif masuk ke objek wisata yang indah dan unik ini, terdapat perbedaan antara umum dan pelajar. Selain itu, selisih juga didapat untuk hari kerja dan hari libur. Pada hari aktif, mahasiswa membayar ongkos 10.000 rupiah, sedangkan umum sedikit lebih mahal, yakni 12.500 rupiah. Seperti pada hari libur, tidak ada kenaikan atau penurunan di kalangan pelajar, sedangkan masyarakat umum dikenai biaya Rp 15.000.

Tiket tersebut belum termasuk biaya parkir Tenjo Laut, yang juga berbeda antara mobil, motor, atau bus. Untuk motor cukup murah, hanya 2000 rupiah, sedangkan mobil pasti sedikit lebih mahal yaitu 5000 rupiah. Kendaraan besar berupa bus lagi beda, karena besar dan memakan tempat, tarifnya 20.000 rupiah.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Tenjo Laut

Aktivitas Seru Tenjo LautKredit gambar: Google Maps Nidu Nerazzuri

Jika melihat berbagai atraksi yang telah disebutkan sebelumnya, tentu Anda bisa membayangkan kegiatan apa saja yang menarik untuk dilakukan. Setiap pengunjung memiliki selera masing-masing terkait aktivitas ini. Namun secara umum kegiatan tersebut selalu berkaitan dengan hal-hal berikut ini!

1. Bersantai sambil menikmati panorama alam yang indah

Tidak sedikit pengunjung yang datang hanya untuk niat bersantai. Tentunya bukan sekedar bersantai, melainkan bersantai sambil menikmati pemandangan alam. Gunung dan Waduk Darma menjadi panorama megah yang sulit digambarkan. Dari sudut lain, pemandangan kota Kuningan terlihat jelas.

Jika cuaca agak mendung, pemandangan semakin indah berkat pusaran awan yang nyaris menutupi pegunungan. Kabut tebal di dasar waduk juga cantik, seperti negeri di atas awan. Apalagi jika suasana asri dan udara segar pasti selalu menemani Anda. Romansa Tenjo Laut pasti tak terlupakan bagi Anda yang membawa serta pasangan.

2. Berkemah bersama keluarga

Ternyata, tidak hanya bersama keluarga, camping juga asyik dilakukan bersama teman-teman. Kawasan wisata alam yang indah ini menawarkan bumi perkemahan dengan hamparan tanah yang luas. Udaranya sejuk dan nyaman, apalagi banyaknya pohon pinus yang menghiasi tempat itu. Pengelola juga menyediakan taman bermain untuk kegiatan ini.

Tidak perlu membawa perlengkapan karena pengelola menawarkan berbagai paket untuk dipilih. Fasilitas setiap paket bervariasi dengan setiap pilihan. Untuk paket termahal, Anda mendapatkan matras lengkap dengan bantal dan guling, serta api unggun yang siap dinyalakan di depan tenda. Anda bahkan dapat meminta kambing panggang jika diperlukan, tetapi bersiaplah untuk menghabiskan banyak uang untuk yang satu ini.

3. Cari spot foto yang unik dan cantik

Aktivitas menarik di Tenjo LautKredit gambar: Google Maps Sri Yulianti

Seperti diketahui dari informasi di atas, spot unik yang dibangun oleh pengelola Tenjo Laut ini memang dikhususkan untuk spot selfie. Anda bisa berfoto dengan panorama alam yang tentunya indah dan mempesona. Selain itu, tempat-tempat seperti Giant Bird’s Nest, Hobbit’s House, dan Gorilla’s House pasti layak untuk dijadikan background foto Anda.

Ada sebuah tempat yang pemandangannya sangat indah dengan bangunan-bangunan yang unik. Tempat ini disebut Cloud Bridge oleh beberapa wisatawan. Bangunannya terbuat dari potongan bambu dan sangat sederhana. Di sana kamu bisa mengambil background berupa pemandangan perbukitan yang ditemani pepohonan hijau.

4. Wisata Kuliner Lezat

Selain menikmati keindahan dan beberapa aktivitas lain yang telah disebutkan, jangan lewatkan kunjungan kuliner ke Tenjo Laut. Beragam hidangan lezat tersedia, terutama makanan khas Jawa Barat. Diantaranya adalah Tape Ketan, Gemblong dan Katempling yang makin nikmat ditemani kopi atau teh panas. Menariknya, harga yang ditawarkan sangat murah, bahkan lebih murah dari tempat wisata lainnya.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Kelautan TenjoKredit gambar: Google Maps widi sn

Tempat ini dikelola dengan baik, meskipun baru dibuka selama beberapa tahun. Terbukti dengan berbagai fasilitas yang disediakan untuk memenuhi kebutuhan wisatawan. Tentunya, Anda akan memiliki kamar kecil dan mushola yang merupakan fasilitas wajib. Selain itu, tempat parkir juga termasuk dalam fasilitas yang berhak didapatkan.

Fasilitas lain yang tersedia di Tenjo Laut adalah gazebo sebagai tempat bersantai. Untuk menikmati fasilitas ini tidak perlu membayar karena disediakan secara gratis. Sudah ada yang berbayar yaitu tempat perkemahan yang tadi kita bicarakan. Selain fasilitas yang disebutkan, manajemen berencana untuk menambah fasilitas dalam waktu dekat. Menurut laporan, fasilitas yang dimaksud adalah pacuan kuda, kelelawar buah, area jogging dan beberapa lainnya.

Dari sekian penjelasan mengenai Tenjo Laut Ketukan di Kuningan di atas, apakah kamu tertarik dan ingin segera berkunjung? Jika saat ini Anda sedang berada di dekat suatu lokasi, tidak ada salahnya memprioritaskan tempat wisata tersebut, apalagi jika Anda masih penasaran. Namun pastikan Anda tidak datang sendirian karena Anda pasti akan rugi jika tidak berbagi keseruan mengunjungi tempat wisata ini.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button