Trenggalek memperbaiki infrastruktur yang rusak akibat bencana di jalur wisata - WisataHits
Jawa Timur

Trenggalek memperbaiki infrastruktur yang rusak akibat bencana di jalur wisata

TULUNGAGUNG, Jawa Timur (ANTARA) — Pemerintah Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, memperbaiki sejumlah infrastruktur jalur wisata yang rusak di kawasan yang diterjang banjir dan longsor selama dua pekan terakhir.

“Kami sedang mengoptimalkan perbaikan untuk membantu sektor pariwisata beroperasi,” kata Kepala Disparbud Trenggalek Sunyoto, Kamis.

Beberapa infrastruktur yang telah diperbaiki antara lain jalan menuju objek wisata Pantai Pasir Putih di Desa Karanggongso, Gua Lowo di Desa Watuagung, Kecamatan Watulimo dan Pantai Prigi.

Misalnya di kawasan wisata Pantai Pasir Putih Karanggongso. Air dari darat yang masuk ke laut membuat celah aliran air di area pasir di beberapa tempat, namun kami sudah melakukan perbaikan dengan padding. Kemudian ada penyeberangan sungai di kawasan wisata Gua Lowo yang ambruk dan beberapa lokasi kerusakan lainnya,” katanya.

upaya perbaikan. Saat ini, kawasan wisata unggulan Trenggalek dapat berfungsi secara normal.

“Kami sedang menyesuaikan perbaikan menengah dan lebih mengoptimalkannya sehingga umumnya aman digunakan untuk perjalanan. Namun, ada titik-titik tertentu yang membutuhkan perbaikan jangka panjang. Misalnya, perbaikan DAS di Gua Lowo membutuhkan anggaran perbaikan yang cukup besar, jadi sedikit demi sedikit,” katanya.

Meski aman untuk bepergian, pihaknya mengimbau masyarakat yang berencana melakukan perjalanan ke pantai selatan Trenggalek untuk lebih berhati-hati.

Pasalnya, sejumlah infrastruktur jalan menuju kawasan pesisir rawan longsor akibat seringnya curah hujan.

Selain itu, jalur Watulimo-Tulungagung bagian selatan juga sedang dikembangkan di kawasan pesisir selatan.

“Kami telah meningkatkan tujuan. Namun ketika infrastruktur jalan menuju tempat tujuan, seperti yang kita ketahui bersama, jalannya agak licin karena sering hujan. Kami menghimbau kepada masyarakat yang ingin berwisata ke sana untuk lebih berhati-hati,” ujarnya.

Sebelumnya, bencana hidrometeorologi telah melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Trenggalek.

Salah satunya adalah kawasan Kecamatan Watulimo yang menjadi pusat keunggulan destinasi wisata di Kabupaten Trenggalek.

Khusus untuk sektor pariwisata, dampak banjir telah mengakibatkan penurunan jumlah kunjungan wisatawan secara drastis, di samping sejumlah infrastruktur yang rusak.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button