Puluhan Kepala Desa Dompu NTB Kunjungi Kediaman Ganjar Pranowo, Belajar Tata Kelola Pemerintahan Desa - WisataHits
Yogyakarta

Puluhan Kepala Desa Dompu NTB Kunjungi Kediaman Ganjar Pranowo, Belajar Tata Kelola Pemerintahan Desa

TRIBUNJATIM.COM, SEMARANG – Puluhan Kepala Desa (Kades) Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat (NTB) berkunjung ke Kediaman Gubernur Jawa Tengah, Hadiah Pranowo di Puri Gedeh, Kota Semarang, Kamis (9/1/2022) malam.

Sekitar 36 kepala desa didampingi oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kabupaten Dompu melakukan perjalanan jauh ke Jawa Tengah untuk belajar tentang penyelenggaraan pemerintahan desa, dana desa, dan pembangunan desa.

“Ya, itu menarik, aku punya tamu istimewa. Ada Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pengelolaan Desa Kabupaten Dompu, NTB, kemudian teman-teman kepala desa, ada juga camat. Mereka ternyata kuliah di Desa Ponggok, Klaten. Mereka pada dasarnya ingin belajar bersama tentang pengelolaan pemerintahan, dana desa yang transparan, akuntabel, dan bermanfaat,” kata Ganjar Pranovo usai menjamu rombongan Kepala Desa Kabupaten Dompu di kediamannya.

Dalam pertemuan yang akrab itu terjadi diskusi panjang tentang berbagai hal. Ganjar Pranowo mengatakan apa yang dilakukan desa Ponggok di Klaten merupakan hasil inovasi pemerintah desa. Inovasi dan pengalaman manajemen perlu dibagi dengan desa lain, termasuk yang berasal dari luar Jawa Tengah.

Selain beberapa hal, pengelolaan lingkungan juga menjadi perhatian yang juga menjadi permasalahan global saat ini. Termasuk mempromosikan desa wisata di kawasan melalui dunia digital.

sesi berbagi Saya pikir itu penting. Jadi saya menawarkan jika Anda perlu mempelajari apa yang saya maksud ketika Anda melakukan desa kembar sehingga mungkin Anda dapat mempelajari desa wisata, manajemen keuangan, inovasi dan hal-hal lain. Dengan cara ini kita berharap bisa maju bersama,” kata Ganjar Pranovo.

Model desa kembar telah dilaksanakan oleh beberapa desa bekerjasama dengan kementerian dan alumni Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta sebagai bagian dari program Desa Inklusif. Jadi di beberapa tempat menemani dan bertukar pengalaman.

“Di Dompu juga banyak yang bagus. Saya pernah ke sana saat masih di Komisi IV DPR RI. Dulu ada undangan ke Dompu, nanti kita cari waktu karena saya juga harus tanggung jawab di Jawa Tengah. Nanti saya masak untuk piknik,” kata Pranowo tentang hadiahnya.

Undangan yang dimaksud Ganjar Pranowo datang dari Kepala Desa Calabai, Kecamatan Pekat, Kabupaten Dompu, Saifuddin Zuhri. Ia mengajak Ganjar Pranowo datang ke desa di lereng Gunung Tambora tersebut karena tertarik dengan prestasi yang telah diraihnya selama kepemimpinannya di Jawa Tengah.

Zuhri menjelaskan, karakteristik desa-desa di Jawa Tengah sangat mirip dengan karakteristik desa-desa di kawasan Dompu. Baik dalam menangani potensi dan sebagainya.

“Kehadiran Anda (Ganjar Pranowo) di sana akan memberikan nilai tambah dan pelajaran berharga bagi kami bagaimana prestasi Anda di Jawa Tengah dapat menular di sana dan kami dapat belajar banyak dari Gubernur Ganjar, ‘Insya Allah akan kami prioritaskan. karena banyak kesamaan antara desa di sini dan desa di sana,” katanya.

Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews TribunJatim.com

Source: jatim.tribunnews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button