Belajar Pengelolaan dan Pembangunan Desa, Puluhan Kepala Desa Dompu Kunjungi Ganjar Pranowo - Halo Semarang - WisataHits
Jawa Tengah

Belajar Pengelolaan dan Pembangunan Desa, Puluhan Kepala Desa Dompu Kunjungi Ganjar Pranowo – Halo Semarang

HALO SEMARANG – Puluhan Kepala Desa (Kades) asal Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat (NTB) berkunjung ke kediaman Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Puri Gedeh, Kota Semarang, Kamis malam (1/9/2022). Sekitar 36 kepala desa didampingi oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kabupaten Dompu melakukan perjalanan jauh ke Jawa Tengah untuk belajar tentang penyelenggaraan pemerintahan desa, dana desa, dan pembangunan desa.

“Ya, itu menarik, aku punya tamu istimewa. Ada Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kabupaten Dompu, NTB, lalu teman-teman kepala desa, ada juga Camat. Ternyata mereka menimba ilmu di Desa Ponggok, Klaten. Mereka ingin bersama-sama belajar pengelolaan pemerintahan, dana desa yang transparan, akuntabel dan bermanfaat,” kata Ganjar usai menjamu rombongan lurah dari pemerintahan Dompu di kediamannya.

Pertemuan yang berlangsung berlangsung hangat dan terjadi diskusi panjang mengenai beberapa hal tersebut. Ganjar mengatakan apa yang dilakukan oleh Desa Ponggok di Klaten merupakan hasil inovasi dari pemerintah desa. Pengalaman inovasi dan pengelolaan ini perlu dibagi dengan desa lain, termasuk yang berasal dari luar Jawa Tengah.

Selain beberapa hal, pengelolaan lingkungan juga menjadi perhatian yang juga menjadi permasalahan global saat ini. Termasuk mempromosikan desa wisata di kawasan melalui dunia digital.

“Saya pikir sesi pertukaran ini penting. Jadi saya menawarkan jika Anda perlu belajar apa yang saya maksud ketika Anda melakukan desa kembar mungkin Anda bisa belajar desa wisata, manajemen keuangan, inovasi dan sebagainya. Dengan cara ini, kami berharap bisa maju bersama,” jelas Ganjar.

Model desa kembar telah dilaksanakan oleh beberapa desa bekerja sama dengan Kementerian dan alumni UGM sebagai bagian dari program Desa Inklusif. Jadi di beberapa tempat menemani dan bertukar pengalaman.

“Di Dompu juga banyak yang bagus. Saya pernah ke sana saat masih di Komisi IV DPR RI. Ada undangan ke Dompu, kita cari waktu karena saya juga harus bertanggung jawab di Jawa Tengah. Nanti saya piknik,” kata Ganjar.

Undangan yang dimaksud Ganjar datang dari Kepala Desa Calabai, Kecamatan Pekat, Kabupaten Dompu, Saifuddin Zuhri. Ia mengajak Ganjar datang ke desa di lereng Gunung Tambora karena tertarik dengan prestasi yang telah diraihnya selama kepemimpinannya di Jawa Tengah.

Zuhri menjelaskan, karakteristik desa-desa di Jawa Tengah sangat mirip dengan karakteristik desa-desa di kawasan Dompu. Baik dalam menangani potensi dan sebagainya.

“Kehadiran Anda di sana akan memberikan nilai tambah dan pelajaran berharga bagi kami bagaimana prestasi Anda di Jawa Tengah dapat menyebar di sana, dan kami dapat belajar banyak darinya. Hasil kajian di Desa Ponggok, Insya Allah akan kami prioritaskan sesuai arahan Gubernur Ganjar, karena banyak kesamaan antara desa di sini dengan desa di sana,” ujarnya. (HS)

Source: halosemarang.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button