Pulihkan pariwisata, ribuan Moge ramaikan Jogja akhir pekan ini - WisataHits
Yogyakarta

Pulihkan pariwisata, ribuan Moge ramaikan Jogja akhir pekan ini

Pengunjung Melihat Pameran JBR 2022 di JEC, Sabtu (17/9/2022) – (Kontributor SuaraJogja.id/Putu)

Selain pameran, para bikers berkeliling ke destinasi wisata seperti Pantai Depok, Bantul.

SuaraJogja.id – Akhir pekan ini, DIY kembali bersama para turis. Sekitar 2.000 pemilik motor Harley Davidson yang tergabung dalam Harley Davidson Club Indonesia (HDCI) dari berbagai kota di Indonesia dan sejumlah negara memadati jalanan kota ini selama Jogja Bike Rendezvous (JBR) 2022.

Ratusan sepeda motor besar Amerika dari berbagai tipe juga dipamerkan dalam acara yang dipusatkan pada Minggu (18/9/2022) di Jogja Expo Center (JEC). Mulai dari chopper, muscle hingga sespan dengan harga mencapai ratusan hingga miliaran rupiah untuk satu unitnya.

“Pengunjung juga bisa melihat koleksi Harley-Davidson yang sudah tidak diproduksi lagi. Padahal, mereka menyaksikan terbatasnya unit produksi di seluruh dunia,” kata Sobri Emiga Sando, ketua panitia JBR 2022, Sabtu (17/9/2022).

Menurut Sobri, JBR menjadi agenda dua tahunan selama enam tahun. Bahkan, kegiatan yang pertama kali dilakukan pada 2007, telah meningkatkan sektor pariwisata di DIY. Itu seharusnya berlangsung pada tahun 2021 tetapi akhirnya dibatalkan karena pandemi COVID-19.

Baca Juga: Soal Usulan Penyeberangan Tol Oleh Moge, Polda Metro Jaya: Tidak!

“Pengalaman menunjukkan bahwa kamar hotel penuh dan tujuan wisata penuh sesak dengan pengunjung. Terakhir kali Jogja Bike Rendevouz diadakan pada tahun 2015,” jelasnya.

Selain pameran, para bikers berkeliling ke destinasi wisata seperti Pantai Depok, Bantul. Di kawasan pantai ini, para peserta unjuk kebolehan dalam lomba drag race di atas runway sepanjang 800 meter dan joy flight.

“Para bikers juga membagikan kupon BBM dan sembako serta membangun jembatan di kawasan Wukirsari, Imogiri, Bantul seharga Rp 300 juta,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Daerah DIY-HDCI Santoso Rohmad mengatakan ribuan biker diajak menikmati wisata dan gastronomi di kota ini. Ini sebagai upaya mengembalikan pariwisata Yogyakarta pascapandemi.

“Para pelaku UKM di wilayah DIY juga terlibat dalam kegiatan ini, mulai dari produksi kaos, aneka cinderamata dan cinderamata,” jelasnya.

Baca Juga: Ibu Viral Jual Kerupuk Dengan Moge, Stiker Hello Kitty Bikin Motor Ganteng Jadi Imut

Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X didampingi Direktur Bank BPD DIY Santoso Rohmad mengatakan, pemerintah daerah DIY berharap acara JBR ini menjadi stimulus untuk menghidupkan kembali perekonomian dan industri pariwisata di masa pandemi COVID-19. Selain itu, DIY sedang mengikuti pemulihan ekonomi pada semester kedua tahun ini.

“JBR 2022 menjadikan acara ini sebagai gerakan linier untuk mendukung Indonesia dalam kepresidenan G20, untuk pemulihan bersama, untuk pemulihan yang lebih kuat,” tambahnya.

Kontributor: Putu Ayu Palupi

Source: jogja.suara.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button