Gurun di Indonesia, Jarang Dijamah Orang - WisataHits
Yogyakarta

Gurun di Indonesia, Jarang Dijamah Orang

JAKARTA, iNews.id – Gurun di Indonesia menawarkan pemandangan yang tak kalah eksotis dengan gurun pasir di Timur Tengah. Indonesia memiliki banyak destinasi wisata yang menarik, salah satunya adalah destinasi wisata gurun pasir.

Ternyata tidak hanya Timur Tengah yang memiliki gurun pasir, Indonesia juga memiliki gurun pasir yang indah.

Berikut ini adalah wisata gurun pasir di Indonesia:

Bukit Pasir Parangkusumo

Gumuk pasir ini terletak di Yogyakarta, tepatnya di Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Lokasinya searah dengan jalur menuju Pantai Parangtritis.

Disini menyajikan hamparan pasir yang begitu lembut dan sangat cocok bagi para pecinta sunset karena bisa menikmati pemandangan sunset yang sangat indah. Selain itu, Gumul Pasir juga menawarkan beberapa spot foto yang keren dan sayang untuk dilewatkan sebagai pecinta selfie.

Gumuk Pasir Parangkusumo juga memiliki persewaan papan pasir atau selancar di padang pasir. Sebelum melakukan wisata ini, pengunjung perlu menyiapkan lebih banyak minuman agar tidak dehidrasi.
Gurun Danau Biru

Terletak di Bintan, Kepulauan Riau. Gurun ini dulunya merupakan area penambangan pasir bauksit, yang mengeras seperti karang dan membentuk area seperti danau.

Genangan, seperti danau, secara bertahap diisi dengan air yang tertahan di genangan air, menciptakan danau buatan. Belum lagi air danau ini memiliki warna biru yang kontras dengan warna langit. Saat dipantulkan matahari, ternyata warnanya sangat indah, cukup untuk berfoto.
Bukit Pasir Sumalu

Gurun yang satu ini mungkin jarang terdengar oleh masyarakat umum, namun memiliki pemandangan yang eksotis. Gumuk Pasir Sumalu terletak di Toraja, Sulawesi Selatan.

Keunikan Gumuk Pasir Sumalu terletak pada kepadatan pasir yang dimiliki gumuk pasir ini, yang juga dikelilingi oleh tanaman hijau yang bisa menyegarkan mata.

Gumuk Pasir Sumalu terletak di dua tempat berbeda, di depan Gereja Jemaat To’ Sapang Toraja, Rantebua Sanggalangi dan juga di Buntu Rondo, Rantebua Sumalu.

Pengunjung disarankan untuk tiba sebelum matahari terbit dan terbenam karena pemandangan lebih menakjubkan pada dua waktu tersebut. Belum lagi taman dengan bunga dan semilir angin yang menambah ketenangan tempat ini.

Penerbit: Kurnia Illahi

Bagikan artikel:

Membelah

Membelah

Tombol berbagi baris

Source: papua.inews.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button