Pulau Simping, pesona pulau terkecil di dunia ada di Singkawang - WisataHits
wisatahits

Pulau Simping, pesona pulau terkecil di dunia ada di Singkawang

Jangan lewatkan kunjungan ke Singkawang cantik alami Pulau Simping. Pulau terkecil di dunia diakui oleh PBB Cocok sebagai destinasi liburan kau Selanjutnya.

Biaya kunjungan: Rp25.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Sedau, Kec. Singkawang Selatan, Kota Singkawang, Kalimantan Barat; Kasus: Cek lokasi

Tahukah kamu dimana letak pulau terkecil di dunia? Ya, pulau itu terletak di Indonesia. Pulau Simping adalah pulau terkecil di dunia yang terletak di Singkawang. Dengan luas tidak lebih dari 0,5 hektar, pulau kecil ini bahkan telah diakui oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) sebagai pulau terkecil di dunia.

Pulau cantik ini konon pulau yang berpenghuni, hal ini dibuktikan dengan adanya klenteng kecil tempat warga Tionghoa beribadah. Namun, lama kelamaan pulau tersebut menyusut akibat abrasi dan warga memilih meninggalkan kawasan Pulai Simping.

Pulau Simping memiliki panorama alam yang indah dan menawan. Bagi Anda yang ingin mencari ketenangan atau udara segar yang alami, Pulau Singkawang yang indah ini cocok sebagai destinasi liburan Anda selanjutnya. Untuk informasi lengkapnya, simak ulasannya berikut ini.

Atraksi Pulau Simping

Atraksi Pulau SimpingKredit gambar: Twitter kumparan

Pulau Simping adalah pulau kecil yang indah dan eksotis. Bagaimana tidak, pulau ini terdiri dari pasir putih dan bebatuan. Pulau ini sangat cocok sebagai destinasi wisata yang patut dikunjungi, terutama bagi Anda yang mencari kesendirian untuk melepas penat. Lokasinya yang terpencil dan suasananya yang selalu asri sangat cocok sebagai tempat bersantai.

Sebelumnya, Pulau Simping bernama Pulau Kelapa Dua. Alasan di balik nama itu adalah karena hanya ada dua pohon kelapa di tengah pulau. Namun kini namanya sudah berganti dan pulau ini sudah banyak ditumbuhi pohon, baik itu pohon kelapa atau tanaman rindang lainnya. Uniknya pulau ini juga terdapat klenteng kecil di pinggir pulau yang digunakan oleh orang Tionghoa untuk berdoa.

Pulau ini memiliki luas tidak lebih dari 0,5 hektar. Berada di tempat ini, Anda akan merasakan bahwa pulau ini seperti milik pribadi. Selain alun-alunnya yang kecil, suasana yang tenang dan alami sangat mendukung menjadikan tempat ini sebagai objek liburan keluarga Anda.

Sebagai pulau terkecil yang diakui oleh PBB, pulau ini memiliki sejuta pesona alam yang patut untuk dikunjungi. Pantainya yang dangkal dan berwarna biru kerap memukau pengunjung yang datang ke daerah tersebut. Anda bisa menikmati hamparan laut Kalimantan dan semilir angin sepoi-sepoi bersama keluarga atau orang tersayang.

Alamat dan petunjuk arah menuju lokasi Pulau Simping

Alamat Pulau SimpingKredit gambar: Google Maps Daniel Chau

Buat kamu yang belum akrabPulau cantik ini terletak di kawasan Pantai Teluk Mak Jantu, Singkawang. Tidak sulit untuk menemukan tempat ini karena berada di kawasan yang strategis dan cukup dekat dengan pusat kota. Anda dapat melakukannya dengan kendaraan bermotor atau dalam bus kelompok.

Bagi Anda yang berada di Pontianak, Anda dapat menempuh perjalanan sekitar dua hingga tiga jam menggunakan kendaraan bermotor. Sedangkan dari kota Singkawang, Kalimantan Barat, memakan waktu sekitar 15 menit. Begitu sampai di kawasan pantai, Anda bisa menyeberangi jembatan menuju Pulau Simping.

Biaya masuk ke pulau kecil Simping

Harga Tiket Pulau SimpingKredit gambar: Google Maps Bunda Rara

Jika Anda ingin mengunjungi tempat ini, Anda tidak perlu khawatir dengan harga tiket yang mahal. Meski sudah diakui dunia, nyatanya harga tiket masuk kawasan pulau ini sangat terjangkau. Hanya dengan Rp 25.000, kamu sudah bisa menikmati indahnya panorama Pulau Simping sampai puas. Tarif ini berlaku pada hari kerja dan akhir pekan.

Anda dapat mengunjungi Simping kapan saja karena tempat ini buka 24 jam sehari. Bagi Anda yang berencana mengunjungi tempat ini, ada baiknya Anda mencari informasi mengenai tiket dan jam buka karena kedua hal ini bisa berubah tergantung kondisi.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pulau Simping

Aktivitas di Pulau SimpingKredit Gambar: Puji Instagram Widodo

1. Ambil gambar

Liburan tak lepas dari kegiatan berfoto. Menangkap setiap momen mendebarkan dari pemandangan indah Pulau Simping adalah wajib. Anda bisa berfoto dengan latar belakang pulau yang eksotis dan menawan bersama orang terkasih atau keluarga.

Selain berfoto, tempat menarik lainnya adalah jembatan yang menghubungkan pantai dan pulau. Anda bisa menjadikan bangunan jembatan yang indah ini sebagai spot foto yang estetis.

2. Menikmati matahari terbenam

Pulau ini merupakan titik yang tepat untuk menyaksikan matahari terbenam secara langsung. Lautan yang luas tanpa penghalang memungkinkan Anda untuk melihat proses matahari terbenam dengan jelas. Warna langit yang berubah jingga dan pantulan di perairan laut lepas menciptakan suasana malam yang romantis dan santai.

3. Bersantai di pulau terkecil

Seperti destinasi liburan asli pada umumnya, bersantai dan menenangkan pikiran adalah destinasi liburan. Jika Anda tidak menyukai aktivitas yang berat, bersantai dan menikmati pemandangan Pulau Simping mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat. Anda juga dapat menghabiskan waktu bersantai dengan teman atau keluarga melalui obrolan kecil yang menyenangkan.

4. Bermain air di pantai

Berada di area pantai pasti tidak lengkap jika tidak bermain air, entah hanya sekedar merendam kaki atau berenang. Berada di Pulau Simping, Anda bisa bermain di tepi laut yang cukup dangkal dan ombaknya tidak terlalu kuat. Anda dapat bermain dan mengobrol dengan orang-orang terkasih.

Perairan di pulau ini cukup aman untuk berenang, karena perairannya cukup dangkal bagi Anda yang tidak memiliki atau tahu cara berenang, tetapi Anda tetap bisa menikmatinya. Anda tetap harus waspada dan berhati-hati saat berenang karena banyak bebatuan yang menjorok di dekat pulau.

Akomodasi murah di sekitar Pulau Simping

Akomodasi di Pulau SimpingKredit gambar: Google Maps Bukhari Ramadhani

1. Hotel Natuna

Bagi Anda yang ingin menikmati pemandangan pantai dan suasana yang menenangkan, Hotel Natuna sepertinya menjadi tempat yang tepat untuk menginap. Hostel yang langsung menghadap pantai dan laut lepas ini juga memiliki fasilitas yang memadai seperti tempat parkir mobil, kamar ber-AC dan restoran. Jadi jangan ragu untuk menginap dan membawa keluarga anda kesini.

2. Hotel Tanjung Bajau

Menginap di tempat yang nyaman dengan berbagai fasilitas pasti menjadi impian. Hotel di Tanjung Bajau ini menawarkan pemandangan laut lepas yang menyegarkan mata dan pikiran. Di tempat ini, Anda bisa menikmati hamparan laut biru dan semilir angin laut yang berhembus lembut dari jendela atau pintu.

Menginap di hotel ini tidak akan mengecewakan. Di hotel ini terdapat banyak fasilitas memadai yang akan memanjakan pengunjung termasuk Anda. Beberapa fasilitas seperti tempat parkir, kolam renang yang luas dan restoran yang menyajikan berbagai hidangan lezat. Tempat ini juga menawarkan beberapa wahana ramah anak.

3. Dayang Resort Singkawang

Hostel ini sering dijadikan destinasi untuk keluarga. Berbagai fasilitas yang memanjakan pengunjung, dewasa dan anak-anak. Fasilitas tersebut berupa kolam arus, kolam renang dan fasilitas exit yang bisa Anda gunakan saat malas beraktivitas di luar.

Menginap di tempat ini akan membuat Anda mendapatkan tidur yang berkualitas. Beberapa fasilitas penunjang lainnya seperti kamar ber-AC, Wi-Fi gratis, hot tub hingga spa yang dapat memberikan relaksasi dan ketenangan pada tubuh. Menginap di tempat ini tidak akan membuat Anda rugi dan menyesal.

4. Kahyangan Resort Bengkayang

Menginap di tempat ini tidak akan membuat Anda menyesal. Desain interior serba putih yang mewah dan bangunan yang minimalis membuat liburan semakin menyenangkan. Selain itu, hostel ini juga menawarkan berbagai fasilitas seperti Wi-Fi, kolam renang, tempat parkir dan restoran yang siap menghibur Anda.

Pemandangan hotel yang ditawarkan tidak hanya bangunan kamar yang monoton, tapi melihat langsung di pantai yang menawan. Jarak dari Pulau Simping ke hostel hanya sekitar 8 km.

Fasilitas yang tersedia di Pulau Simping

Fasilitas Pulau SimpingKredit gambar: Google Maps Bunda Rara

Pulau Simping adalah pulau tak berpenghuni terkecil di dunia. Oleh karena itu, tidak mungkin untuk membangun gedung atau fasilitas lain yang memadai. Namun jangan khawatir, karena lokasinya yang masih satu kawasan dengan Pantai Teluk Mak Juntu, pulau ini memiliki fasilitas yang memadai untuk memenuhi kebutuhan para pengunjungnya.

Ada beberapa fasilitas yang bisa Anda nikmati selama liburan di Pulau Simping yaitu kolam renang dan berbagai perlengkapan wahana air yang disewakan. Selain itu, ada juga kios-kios yang tersebar di sekitar pulau. Anda bisa mengisi perut dengan menu-menu yang telah disuguhkan kepada Anda atau sekedar menyesap minuman sambil menikmati indahnya hamparan pantai dan eksotisme pulau kecil ini.

Bagi Anda yang datang dengan kendaraan bermotor atau rombongan tidak perlu khawatir jika tidak mendapatkan tempat parkir. Di kawasan wisata ini telah disediakan tempat parkir yang dapat menampung kendaraan anda. Maka anda tidak perlu khawatir lagi dan anda bisa menikmati liburan anda di setiap titik di Pulau Simping ini sampai anda puas.

Demikian informasi mengenai tempat wisata Pulau Simping yang perlu anda ketahui. Jika Anda memutuskan untuk berwisata ke Singkawang, jangan lupa untuk mampir dan mendekati pulau kecil yang menawan ini. Berkunjung ke pulau terkecil di dunia bersama-sama akan lebih menyenangkan dan menjadi momen kebersamaan yang indah.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button