Wisata Alam Pangjugjugan, pesona panorama hutan pinus di Sumedang - WisataHits
wisatahits

Wisata Alam Pangjugjugan, pesona panorama hutan pinus di Sumedang

Wisata Alam Pangjugjugan, pesona panorama hutan pinus di Sumedang

Wisata alam Pangjugjugan menawarkan pesona hutan pinus yang asri, taman hijau yang asri dan wahana yang menegangkan, cocok untuk dikunjungi bersama keluarga.

Harga tiket: Rp 10.000 Jam operasional: 07.00-16.00 WIB, Alamat: Cilembu, Kec. Pamulihan, Kab. Sumedang, Jawa Barat; Kasus: Verifikasi lokasi

Sumedang merupakan salah satu daerah yang memiliki banyak tempat wisata alam yang indah. Salah satunya adalah wisata alam Pangjugjugan yang menyuguhkan pemandangan hutan pinus yang indah. Tempat ini tidak pernah sepi pengunjung, baik pada hari biasa maupun pada hari libur.

Keindahannya membuat tempat wisata yang megah ini dipilih sebagai destinasi wisata untuk mengisi waktu liburan. Lokasinya yang berada di kaki Gunung Kareumbi menciptakan panorama pegunungan yang hadir, selalu berhasil memberikan kesegaran dan ketenangan bagi siapapun yang datang.

Udara bersih dan suasana damai bisa menjadi ruang penyembuhan, setelah disibukkan dengan rutinitas pekerjaan yang melelahkan. Keistimewaan wisata alam yang indah ini memberikan daya tarik tersendiri yang mampu membuat orang penasaran dengan pesona alamnya.

Daya tarik wisata alam Pangjugjugan

Obyek wisata alam PangjugjuganFoto oleh Yusup Suryadi di Google Maps

Wisata alam ini menjadi primadona, sebagai destinasi wisata yang selalu ramai pengunjung. Tentu saja bukan tanpa alasan, banyak sekali daya tarik yang dimiliki tempat ini sehingga banyak orang yang tertarik untuk menghabiskan liburannya disini.

✦ Pemandangan hutan pinus yang mempesona

Tempat wisata yang memiliki luas 30 hektar ini dipenuhi dengan berbagai jenis vegetasi salah satunya pohon pinus. Suasana yang tenang dan sejuk membuat tempat yang indah ini menjadi tempat yang kondusif untuk percakapan dan relaksasi keluarga. Udaranya juga selalu murni, dan jauh dari dunia perkotaan.

Keistimewaan tempat ini adalah wisatawan bisa menjelajahi hutan pinus yang menyuguhkan pemandangan indah. Panorama alam yang hijau mampu memanjakan mata wisatawan yang datang berkunjung. Duduk dan bersantai dengan suara pohon yang saling berjatuhan dapat membawa ketenangan dan kedamaian.

✦ Ada berbagai pilihan wahana

Selain menikmati pemandangan yang ditampilkan di wisata alam Pangjugan, wisatawan juga bisa merasakan dan menikmati berbagai pilihan wahana yang seru dan menyenangkan. Semua wahana yang tersedia berbentuk permainan outdoor dan tersedia untuk grup yang berbeda.

Dengan demikian, pilihan yang tersedia tidak hanya untuk anak kecil atau orang dewasa. Namun semua bisa merasakan wahana permainan ini sesuai peruntukannya. Beberapa jenis jalan kaki tersedia dan biayanya, dalam wisata alam yang indah ini antara lain:

  • Becak mini, tarifnya Rp 5.000/2 putaran.
  • Flying fox khusus dewasa, harganya Rp 15.000/orang.
  • Dengan perahu, harganya Rp 7000/2 putaran.
  • Kolam ikan, harganya Rp 10.000.
  • Pool, harga tiket masuk Rp 7.000/orang.

Namun bagi yang ingin merasakan aktivitas seru bersama anggota keluarga atau teman, tempat wisata alam ini juga menawarkan beberapa paket wisata yang bisa dipilih. Sehingga bisa lebih nyaman dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda, antara lain:

  • paket berkemah.
  • Paket memancing.
  • paket keluar.
  • Paket sekolah alam yang diperuntukkan bagi anak-anak TK hingga SMA ini dibanderol mulai dari Rp 75.000 hingga Rp 105.000.
  • Ada juga paket untuk mengadakan rapat atau meeting.

✦ Hosting dengan pilihan harga yang berbeda

Keindahan wisata alam di Pangjugjugan tidak cukup untuk diapresiasi sesaat. Wisatawan akan kesulitan beranjak dari tempat yang memiliki panorama memesona ini. Oleh karena itu, mereka yang memiliki banyak waktu atau bepergian dari luar kota dapat menginap di hostel yang tersedia di wisata alam yang indah ini.

Penginapan yang tersedia bisa menjamin kenyamanan tersendiri, apalagi tema suasana penginapan yang alami sangat kental. Ini semakin memberikan kombinasi yang tepat antara pemandangan alam yang mengelilinginya.

Tersedia banyak pilihan penginapan, harga yang dipatok juga bervariasi, mulai dari Rp 200.000 hingga Rp 1.000.000.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Wisata Alam PangjugjuganFoto oleh Hand Drive di Google Maps

Wisata alam yang indah dan mempesona ini terletak di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, atau tepatnya Desa Babakan Anjun, Desa Cilembu, Kabupaten Pamulihan, Jawa Barat. Rute yang bisa ditempuh untuk wisata alam ini jika anda dari Bandung atau Jakarta bisa melalui jalan tol dan keluar melalui tol Cileunyi.

Kemudian Anda bisa mengambil arah Rancaekek – Garut, setelah itu belok kiri di Jalan Parakan Muncang hingga sampai di Warung Kawat. Lalu belok kanan dan terus lurus hingga sampai di lokasi. Sedangkan bagi yang datang dari arah Sumedang bisa mengambil jalan Cadas Pangeran, lalu belok kiri saat bertemu pertigaan sebelum SPBU.

Setelah sampai di perempatan Warung Kawat, anda bisa belok kiri, jalan lurus hingga sampai di tempat wisata.

Harga tiket masuk dan jam buka

Untuk menikmati segala keindahan yang disajikan dalam wisata alam Pangjugjugan ini, wisatawan perlu membayar tiket masuk terlebih dahulu. Harga tersebut masih tergolong murah karena per orang hanya perlu membayar biaya sebesar Rp 10.000. Anak-anak berusia 3 tahun ke atas harus membeli tiket sebelum masuk.

Selain membayar tiket masuk, wisatawan juga perlu menyiapkan sejumlah uang untuk beberapa keperluan lain seperti biaya parkir yaitu Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil. Untuk menikmati wahana yang ada, Anda juga harus membayar biaya sendiri.

Kegiatan yang menarik untuk dilakukan

Aktivitas Menarik di Wisata Alam PangjugjuganFoto oleh Feri Anto di Google Maps

Di tempat yang memiliki view hutan pinus yang masih memiliki suasana asri ini, terdapat berbagai macam aktivitas yang bisa dilakukan. Tentunya kegiatan ini juga menyesuaikan dengan kondisi dan keadaan masing-masing lokasi wisata. Beberapa jenis kegiatan di wisata alam Pangjugjugan yang dapat dilakukan antara lain:

1. Fotografi

Keindahan alam yang indah dari tempat wisata populer ini tentu tidak boleh disia-siakan. Wisatawan bisa mencari foto-foto menarik di Wisata Alam Pangjugan, terutama yang puas dengan tema-tema yang berhubungan dengan alam. Selain untuk mengambil foto pemandangan, tempat ini juga bisa menjadi latar belakang yang bagus untuk berfoto selfie.

2. Piknik

Kegiatan selanjutnya yang bisa dilakukan di tempat wisata alam yang indah ini adalah piknik. Suasana yang kondusif, dengan udara yang bersih dan segar, sangat cocok untuk piknik bersama orang-orang terdekat. Bersantai dan bercengkrama sambil menikmati pemandangan alam yang indah bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan.

3. Manfaatkan permainan yang tersedia

Sebagai tempat wisata outdoor, tentunya bermain game yang telah disediakan bisa menjadi kegiatan yang mengasyikkan. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, di tempat wisata megah ini tersedia banyak pilihan wahana. Dengan demikian, wisatawan yang datang bisa memilih sendiri permainan yang dianggap paling seru.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Sarana Wisata Alam PangjugjuganFoto Budi Dvm di Google Maps

Untuk kenyamanan pengunjung yang datang, Wisata Alam Pangjugan telah menyediakan fasilitas yang lengkap disini, antara lain :

  • Taman hijau.
  • Kamar mandi.
  • Area parkir untuk kendaraan.
  • Restoran.
  • Gazebo atau gazebo untuk duduk bersantai.
  • tempat bermain anak.
  • Lihat jembatan.
  • Akomodasi.

Pemandangan indah yang dimiliki oleh wisata alam Pangjugjugan bisa menjadi tempat berobat dari segala hiruk pikuk rutinitas yang melelahkan. Pemandangan panorama hutan pinus yang asri, taman yang asri, dan suasana yang damai menjadi poin penting untuk sejenak menjauh dari kehidupan kota.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button