Cibiru Wetan masuk 5 besar lomba desa tingkat nasional - WisataHits
Jawa Barat

Cibiru Wetan masuk 5 besar lomba desa tingkat nasional

Cibiru Wetan masuk 5 besar lomba desa tingkat nasional

WILAYAH. BANDING | BBCOM | Desa Cibiru Wetan Kecamatan Cileunyi berhasil masuk lima besar Lomba Desa Nasional Wilayah Jawa-Bali yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal (Dirjen) Pembangunan Pemerintahan Desa (Pemdes), Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). RI.

Dengan potensi yang dimilikinya, Bupati Bandung Dadang Supriatna yakin Cibiru Wetan bisa memenangkan lomba desa pada 2022.

“Juni lalu KPK menetapkan Desa Cibiru Wetan sebagai salah satu dari 10 desa percontohan antikorupsi di Indonesia. Dengan melihat potensi yang ada, kami yakin, insya Allah bisa menjadi juara regional Jawa – Bali,” ujar Bupati di sela-sela pemaparan Lomba Desa Regional Antariksa Nawasena 2022 oleh Dirjen Bina Desa – Kementerian Dalam Negeri, Jakarta, Selasa (9/6/2022).

Tidak hanya itu, Desa Cibiru Wetan juga memiliki sederet inovasi unggulan yaitu, penerapan layanan digitalisasi dengan Aplikasi Desa Sederhana, Mesin ADM, Bale Desa, pembentukan kawasan desa dan kerjasama digital antar desa, Inovasi Sakola Desa, pengembangan wisata edukasi, Pengembangan BUMDes Mawar, Raharja, kegiatan pemberdayaan masyarakat, kegiatan perlindungan sosial dan inovasi lainnya.

Bupati yang biasa disapa Kang DS ini mengakui capaian Pemerintah Desa Cibiru Wetan dan jajaran Dinas Pemberdayaan Masyarakat (DPMD) Desa Kabupaten Bandung dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat dalam mensponsori fase ini.

“Jelas ini pertarungan yang sangat luar biasa. Saya sangat mengapresiasi bisa masuk lima besar di tingkat regional,” ujar Kang DS.

Ia berharap kompetisi tersebut dapat memotivasi masyarakat di Desa Cibiru Wetan untuk lebih mengembangkan potensi daerahnya dengan swadaya masyarakat.

“Kami berharap capaian ini dapat memotivasi dan mendidik masyarakat pedesaan khususnya di Cibiru Wetan, sehingga mereka termotivasi dan termotivasi untuk membangun desa berdasarkan inisiatif pengembangan dan swadaya masyarakat pedesaan yang tumbuh dari bawah,” harapnya.

Pada kesempatan yang sama, Dicky Saromi, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Provinsi Jawa Barat, juga memberikan apresiasi kepada Desa Cibiru Wetan yang terus berkibar di kancah nasional.

“Menjadi juara di tingkat provinsi Jawa Barat tidak mudah, tapi Desa Cibiru Wetan Kabupaten Bandung mampu. Dan biasanya kalau menang di tingkat provinsi pasti lolos ke tahap selanjutnya”, jelas Dicky.

Pada tahap presentasi lomba desa tingkat nasional tingkat II, Desa Cibiru Wetan, Kabupaten Bandung vs Desa Pleret, Kecamatan Kapanewon Pleret, Kabupaten Bantul, Desa Kendalbulur, Kecamatan Boyolangu, Kabupaten Tulungagung, Desa Bandung, Kecamatan Banjar, Kabupaten Pandeglang, Desa Punggul , Kecamatan Abiansemal, Kabupaten Badung.*(uden )

Source: bandungberita.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button