Kali Biru, pemandian alam dengan pemandangan alam yang indah di Kendari - WisataHits
wisatahits

Kali Biru, pemandian alam dengan pemandangan alam yang indah di Kendari

Kali Biru, pemandian alam dengan pemandangan alam yang indah di Kendari

Tidak hanya memiliki pemandangan yang indah, pemandian Kali Biru Kendari juga gratis sehingga banyak wisatawan yang tertarik untuk datang ke sini.

Harga tiket: Bebas, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Bungkutoko, Kec. Abeli, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara; Kasus: Verifikasi lokasi

Sulawesi merupakan pulau di luar Jawa yang memiliki sejuta pesona. Pulau ini memiliki keindahan alam luar biasa yang menarik banyak wisatawan. Salah satu daya tarik utama pulau eksotis ini adalah Sungai Biru Kendari.

Kali Biru merupakan tempat wisata terkenal yang terletak di Kendari, Sulawesi Tenggara. Kota ini sudah ada sejak abad ke-19 dan menjadi ibu kota Kerajaan Laiwoi. Kota Kendari sendiri dijuluki kota Lulo. Sebutan tersebut diambil dari nama tarian tradisional suku Tolaki.

Kota Kendari memiliki banyak wisata yang membuatnya ramai dikunjungi orang. Tak heran kota ini disebut jendela Sulawesi. Nah pada artikel kali ini kita akan membahas salah satu kelebihan Kendari yaitu sungai biru yang ada di Bungkutoko.

Daya Tarik Kali Biru Kendari

Objek Wisata Sungai Biru KendariKredit gambar: Google Maps ahmad 47

Tempat ini merupakan tujuan wisata paling terkenal di Kendari. Banyak orang memiliki pengalaman yang menyenangkan di tur. Rupanya beberapa atraksi berikut membuat tempat ini semakin menarik bagi wisatawan.

1. Air asin

Atraksi pertama yang dimiliki wisata ini adalah air asin. Alasannya berbeda dengan pemandian lain yang merupakan pemandian air tawar. Jadi jika Anda ingin merasakan diri Anda bermain di air atau berenang di air asin selain laut, Kali Biru bisa menjadi pilihan terbaik.

2. Pemandangan alam yang indah

Kali Biru merupakan pemandian air laut yang selalu ramai dikunjungi orang. Pasalnya selain airnya yang menyegarkan, tempat ini juga dikelilingi pemandangan alam yang selalu asri dan segar serta kebersihan kawasannya juga sangat terjaga.

Tentu hal tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Apalagi di sekitarnya Anda bisa melihat air laut yang hijau dan deretan pohon bakau yang semakin menambah daya tariknya. Tentunya wisatawan lebih betah berlama-lama di sana.

3. Fasilitas yang memadai

Fasilitas yang diberikan di Pemandian Kali Biru Kendari juga sangat baik. Fasilitasnya cukup lengkap dan layak untuk digunakan. Ada beberapa gazebo yang bisa digunakan pengunjung untuk bersantai di sana. Gazebo ini adalah fasilitas milik warga yang disewakan.

Selain sebagai tempat istirahat, gazebo-gazebo di sektor tersebut juga dilengkapi dengan tempat bilas untuk memudahkan pengunjung yang selesai mandi. Tentu saja pengunjung harus membayar biaya untuk menikmati fasilitas tersebut.

Biaya penggunaan tempat pembilasan Rp 5.000 untuk satu jerigen dan Rp 50.000 hingga Rp 100.000 untuk sewa gazebo. Harga sewa ditentukan berdasarkan ukuran gazebo.

Namun, tidak hanya tempat pengamatan, tetapi juga fasilitas lainnya. Terdapat toilet, tempat ibadah, tempat duduk dan persewaan ban yang dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan pengunjung saat berlibur.

Bahkan ada batu loncatan dua tingkat. Tingkat pertama cukup rendah, sehingga cocok untuk penderita vertigo. Sedangkan tingkat kedua merupakan batu loncatan yang cukup tinggi. Level ini bisa digunakan oleh orang yang ingin terjun ke air dari ketinggian.

4. Harga makanan dan minuman murah

Tak hanya keindahannya, Kali Biru Kendari juga terkenal dengan harga makanan dan minumannya yang murah. Hal ini membuat banyak pengunjung lebih betah ketika berada di sana, karena biaya yang dikeluarkan untuk menikmati berbagai kuliner tidak membengkak.

Contohnya harga secangkir kopi yang dijual hanya Rp 5.000 per gelas. Harga snack dan makanan disini juga sangat terjangkau. Jadi itu adalah tempat liburan terbaik bagi pengunjung yang memiliki anggaran rendah.

5. Kebersihan terjaga

Kali Biru juga terkenal dengan kebersihan lingkungannya yang selalu terjaga. Tak hanya itu, tempat ini juga memiliki berbagai fasilitas yang tertata apik. Tempat wisata ini juga aman untuk anak-anak.

Tentu menjadi daya tarik bagi wisatawan karena bisa menikmati keindahan pemandangan alam dan kuliner di sana tanpa harus terganggu dengan tempat-tempat yang kotor. Hal ini juga menunjukkan bahwa pengelola tempat wisata tersebut telah melakukan yang terbaik untuk dapat menarik wisatawan.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Kali Biru KendariKredit gambar: Google Maps Ahsan Hidayat Setiadi

Keindahan eksotik Kali Biru menjadikannya tempat wisata favorit di Kendari. Kawasan wisata tersebut sebenarnya merupakan kawasan milik PT Pelindo IV yang dikelola oleh warga setempat.

Jika ingin ke sana, wisatawan bisa menempuh dua jalur, yakni Jalan Kota Tua dan Jalan Anduonohu. Pengunjung hanya perlu menempuh waktu 27 menit dari kota Kendari jika melalui jalan kota lama dengan jarak 14 kilometer.

Pengunjung juga dapat dengan mudah menemukan tempat-tempat wisata tersebut menggunakan Google Maps. Alamatnya sendiri berada di Bungkutoko, Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara. Akses ke sana juga mudah karena transportasi apapun bisa digunakan untuk menuju ke sana.

Harga Tiket Masuk Wisata Alam

Salah satu faktor yang membuat tempat wisata Kali Biru Kendari begitu ramai pengunjung adalah gratisnya tiket masuk dan biaya parkir. Dengan demikian, pengunjung tidak perlu mengeluarkan biaya apapun untuk dapat menikmati pemandangan dan berenang di dalamnya.

Namun, pengunjung tetap harus membayar untuk menyewa gazebo. Harga berkisar dari Rp 50.000 hingga Rp 100.000, tergantung ukuran gazebo. Area pembilasan juga dibanderol Rp 5.000 per jerigen.

Hal menarik yang bisa dilakukan di Kendari Blue River

Aktivitas menarik di Sungai Biru KendariKredit gambar: Google Maps ahmad 47

Nah, setelah mengetahui tentang atraksi dan manfaat wisata pantai Kali Biru Kendari, kita akan membahas beberapa kegiatan menarik dan menyenangkan yang bisa dilakukan disana. Kegiatannya tidak jauh berbeda dengan kegiatan pemandian lainnya.

1. Nikmati pemandangan alam

Salah satu kegiatan menarik yang bisa dilakukan di Kali Biru adalah melihat pemandangan alam dan menikmati suasana yang sejuk. Karena masih dikelilingi pepohonan, lingkungan sekitar kawasan ini masih asri.

2. Berenang

Karena Kali Biru merupakan wisata pantai, kebanyakan orang yang datang ke sini memang ingin berenang. Air di wisata ini terasa asin karena merupakan air laut, namun tenang saja karena airnya masih aman untuk berenang.

3. Nikmati memasak

Selain berenang, kebanyakan pengunjung yang datang ke sini juga menyempatkan diri untuk berburu kuliner. Di sekitar Kali Biru memang banyak warung yang menawarkan berbagai macam hidangan dan minuman yang menggugah selera. Pengunjung bisa menyantapnya sambil bersantai.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Sungai Biru KendariKredit gambar: Google Maps ahmad 47

Terdapat beberapa fasilitas seperti warung makan, gazebo, tempat bilas, tempat parkir, tempat ibadah dan papan loncat. Selain itu, pengunjung juga bisa menyewa pelampung atau ban.

Tak hanya menjadi destinasi wisata yang populer di kalangan anak muda, Kali Biru Kendari juga cocok sebagai tempat wisata keluarga. Biasanya tempat ini sangat ramai saat musim liburan. Jadi jika ingin merasakan suasana tenang, berkunjunglah di luar musim liburan.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button