WADUK WONOREJO: tiket dan pesona yang menakjubkan - WisataHits
wisatahits

WADUK WONOREJO: tiket dan pesona yang menakjubkan

WADUK WONOREJO: tiket dan pesona yang menakjubkan

Harga tiket masuk Waduk Wonorejo: Rp 12.000. Jam buka: 08:00 – 17:00. Nomor telepon: -. Alamat/Lokasi: Desa Wononerjo, Purworejo, Tulungagung, Jawa Timur, Indonesia, -.

Kawasan Tulungagung tidak hanya memiliki pantai sebagai potensi wisata. Tak jauh dari pusat kota Tulungagung, terdapat sebuah waduk bernama Waduk Wonorejo. Danau buatan ini tidak hanya menjadi waduk tetapi juga menyuguhkan panorama alam yang sangat indah.

Waduk ini terletak di Desa Wonorejo, Kecamatan Pagerwojo, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur. Danau yang memiliki luas setidaknya 380 hektar ini menempati kaki Gunung Wilis. Sedangkan kawasan sekitarnya berupa perbukitan hijau yang dipenuhi pohon pinus. Suasana tangki yang tenang dan sejuk ini bisa menjadi pelepas stres di akhir pekan.

Tiket Masuk Waduk Wonorejo

Ada dua tempat wisata yang membutuhkan tiket masuk di sekitar Waduk Wonorejo. Spot tersebut adalah bendungan dan Ranu Gumbolo. Harga tiket di Ranu Gumbolo belum termasuk tiket wahana. Sedangkan Giri Mulyo tidak berlaku tiket, nama samaran bisa dikunjungi gratis.

Tiket Masuk Waduk Wonorejo
Tiket masuk Rp 12.000

Baca: Tiket Masuk NANGKULA PARK Tulungagung dan Ragam Wahananya

Jam buka

Bendungan Wonorejo dan Ranu Gumbolo memiliki jam buka yang berbeda. Namun, keduanya sudah buka sejak pagi. Waktu terbaik untuk berkunjung adalah pagi dan sore hari. Selama jam-jam tersebut, pengunjung akan terhindar dari terik matahari.

Jam operasional
Bendungan Wonorejo 08.00 – 17.00 WIB

Pesona Waduk Wonorejo

Waduk Wonorejo di Desa Wonorejo, TulungagungWaduk Wonorejo merupakan danau buatan yang berfungsi sebagai suplai air bersih sekaligus tempat wisata – Foto: Google Maps / ELMUNA TV

Indonesia memiliki banyak danau buatan untuk menampung sumber daya air yang melimpah. Oleh karena itu, keberadaan danau atau waduk buatan bukanlah hal yang aneh. Selain sebagai tempat persediaan air, waduk juga lekat dengan kegiatan rekreasi. Waduk Wonorejo di Tulungagung adalah salah satunya.

Siapa sangka waduk ini merupakan waduk terbesar di Asia Tenggara. Waduk ini terletak di sungai Gondang, desa Wonorejo. Fungsinya untuk menyediakan air bersih, mulai dari irigasi sawah, hingga pembangkit listrik tenaga air. Sejak tahun 2004, waduk ini juga dibuka sebagai tempat wisata.

Banyak kegiatan yang bisa dilakukan di Waduk Wonorejo. Seperti memancing, jogging dan piknik adalah bagian darinya. Tempat wisata ini cocok untuk tujuan akhir pekan singkat.

Baca: Tiket Masuk Water Park Jambooland Tulungangung dan Wahana Keren

Rekreasi Akhir Pekan Waduk Wonorejo

Lokasi Waduk Wonorejo tidak terlalu jauh dari pusat kota Tulungagung. Jaraknya hanya sekitar 12 hingga 15 kilometer barat laut kota. Letaknya di kaki Gunung Wilis. Jika ingin menikmati pemandangan yang sejuk, wisatawan dapat dengan mudah mengakses Waduk Wonorejo dari kota.

Berada di kaki gunung, area sekitar waduk memiliki udara yang sejuk dan segar. Di sekitar waduk merupakan kawasan perbukitan yang telah mengalami penghijauan. Sedangkan kawasan perbukitan merupakan hutan pinus yang rindang dan hamparan rerumputan hijau. Tak heran jika suasana sejuk area tangki sangat cocok untuk melepas penat sejenak.

Baca: Tiket Masuk GUNUNG BUDHEG Tulungagung dan Tempat Wisata Eksotis

Bendungan Wonorejo

Jembatan Bendungan WonorejoBendungan Wonorejo dilihat dari atas – Foto: Google Maps/Fajar Anggoro

Ada bendungan di sisi timur waduk. Bendungan Wonorejo merupakan dinding utama waduk sekaligus objek wisata. Di atas permukaan batu, jembatan sepanjang 1 kilometer membentang. Jembatan ini langsung berhadapan dengan waduk.

Wisatawan bisa leluasa menikmati pemandangan waduk dari sini. Banyak juga yang menjadikannya sebagai area olahraga. Jalannya mulus dan cukup nyaman untuk dilalui joging. Selain itu, untuk goweser juga patut dikunjungi ke kawasan bendungan ini untuk bersepeda.

Baca: PANTAI KLATAK Tulungagung: Tiket Masuk dan Atraksi

Piknik di Ranu Gumbolo

Deretan pohon pinus yang teduhHutan pinus di tepi danau – Foto: Google Maps / Arif Prasetyo

Di sekitar kawasan waduk terdapat berbagai tempat wisata yang menarik. Salah satunya adalah Ranu Gumbolo. Apakah nama itu terdengar asing bagi Anda? Ya, Ranu Gumbolo memang ‘sandiwara’ di Ranu Kumbolo yang berada di kaki Gunung Semeru.

Alih-alih Gunung Semeru, Ranu Gumbolo berada di kaki Gunung Wilis. Seperti Ranu Kumbolo, tempat wisata di desa Mulyosari ini juga menyuguhkan pemandangan danau yang indah. Satu-satunya perbedaan adalah pengunjung tidak perlu berjalan jauh untuk sampai ke sini.

Obyek wisata Ranu Gumbolo sudah dibuka sejak tahun 2016. Kawasan wisata ini menawarkan suasana tepi danau yang segar dan asri. Bagi wisatawan untuk menikmati ketenangan alam dengan berbagai aktivitas. Salah satunya mengadakan piknik.

Pengunjung bisa membawa tikar atau permadani sendiri. Bagi yang ingin mendirikan tenda juga diperbolehkan. Jika ingin lebih santai, tersedia persewaan hammock. Di atas wahana ini, pengunjung dapat menikmati udara segar kawasan danau sambil berayun di antara pepohonan pinus.

Baca: 6 Destinasi Wisata Terbaik di Tulungagung

Apakah ada foto

Pengunjung duduk di pos pengamatan Ranu GumboloPemandangan sebagian kecil Waduk Wonorejo dari Ranu Gumbolo – Foto: Google Maps/Lutfi Suryo

Ranu Gumbolo juga sangat cocok untuk hunting foto lho. Panorama alam yang indah sangat cocok untuk berburu foto selfie. Ditambah lagi dengan gardu pandang yang sudah tersedia di kawasan tersebut. Sehingga pengunjung bisa leluasa melihat panorama Ranu Gumbolo dari ketinggian.

Selain kawasan danau, hutan pinus juga bisa menjadi arena foto. Lokasi ini bahkan bisa menjadi lokasi syuting khusus, seperti prewedding atau foto produk. Jangan lupa minta izin ke pengelola Ranu Gumbolo ya.

Keluar

Kawasan hutan Ranu Gumbolo cukup luas untuk aktivitas keluar. Oleh karena itu sangat mungkin untuk menyelenggarakan acara seperti kamp atau pertemuan. Fasilitas flying fox juga tersedia sebagai wahana tambahan. Selain itu, ada juga wahana lain seperti perahu dan sepeda air.

Kegiatan luar ruangan lainnya yang tersedia adalah memancing. Penggemar mancing bisa mencoba mancing di Waduk Wonorejo dari sini. Ada berbagai jenis ikan yang bisa ditangkap. Beberapa jenisnya adalah ikan lele, ikan mujair, dan mujair.

Wisata kuliner

Secangkir kopi dengan panorama danauWisatawan menikmati kopi di Giri Mulyo ditemani pemandangan Waduk Wonorejo – Foto: Google Maps/SIPOLANG

Tempat rekreasi lain di sekitar Waduk Wonorejo adalah Giri Mulyo. Tempat ini sering menjadi tujuan akhir para pesepeda. Giri Mulyo merupakan café dengan konsep tempat duduk yang nyaman. Ada juga area tempat duduk yang terbuka dan sejuk.

Wisatawan bisa mengisi perutnya dengan panorama danau yang megah. Lokasinya yang ditinggikan memungkinkan pengunjung untuk melihat dengan jelas langsung ke danau. Giri Mulyo juga menawarkan fasilitas karaoke untuk memeriahkan berkumpulnya pengunjung.

Selain Giri Mulyo, terdapat berbagai warung makan yang tersebar di sekitar danau. Warung ini terutama menawarkan menu olahan ikan. Ikan-ikan tersebut tentunya datang langsung dari Waduk Wonorejo. Jika Anda ingin mencicipi rasanya, pastikan untuk mengunjungi warung-warung ini.

Fasilitas Waduk Wonorejo

Fasilitas lengkap di tempat wisata sekitar Waduk Wonorejo tersedia. Bendungan Wonorejo menyediakan tempat parkir yang luas, musala, toilet dan warung. Sedangkan di Ranu Gumbolo tersedia fasilitas yang sama beserta beberapa wahananya. Giri Mulyo adalah kafe dengan fasilitas karaoke keluarga.

Lokasi Waduk Wonorejo

Waduk Wonorejo terletak di Desa Wonorejo, Kecamatan Pagerwojo, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur. Lokasinya sekitar 12 hingga 15 kilometer barat laut kota Tulungagung. Tidak ada angkutan umum yang melewati kawasan ini. Dengan demikian, pengunjung hanya bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau sepeda motor.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button