CILEMBER CURUG Tiket & Aktivitas Terbaik - WisataHits
wisatahits

CILEMBER CURUG Tiket & Aktivitas Terbaik

CILEMBER CURUG Tiket & Aktivitas Terbaik

Harga tiket masuk ke Curug Cilember: Rp 25.000 hingga Rp 75.000. Jam buka: 07:00 – 17:00. Telepon: (0251) 8258890 / 0813-9410-1424. Alamat: Jl. Raya Puncak, Cilember, Megamendung, Bogor, Jawa Barat, Indonesia, 16750.

Air Terjun Cilembre adalah wisata populer dengan 7 air terjun di kawasan strategis Puncak Bogor. Ketinggian air terjun bervariasi dari jeram pendek hingga jeram tertinggi mencapai 40 meter. Sirkuit yang diresmikan sejak tahun 2000 ini masih dikunjungi ratusan wisatawan setiap harinya.

Kawasan ekowisata ini berada di ketinggian 900 mdpl, dengan suhu udara 18 hingga 230 C. Curug Cilember berada di area seluas 7 hektar yang didominasi oleh pohon pinus Merkusi. Air terjun ini berada di tengah hutan lebat dan sunyi serta dapat dicapai dengan berjalan kaki lintas alam.

Harga Tiket Masuk Curug Cilember

Harga tiket masuk sudah termasuk akses ke tujuh air terjun yang ada di kawasan tersebut. Biaya ini juga digunakan untuk pemeliharaan tanaman, keamanan, kebersihan dan pengelolaan penampakan ngengat.

Harga Tiket Masuk Curug Cilember
Tiket masuk wisata lokal Rp 25.000
Tiket masuk wisata internasional Rp 75.000
Tiket perkemahan Rp35.000
Foto sebelum pernikahan Rp 500.000
Pembuatan film Rp3.000.000
Biaya keluar umum Rp 1.500.000
Bill seorang siswa keluar Rp 1.000.000
Flying fox, target shooting, sepeda terbang untuk turis domestik Rp 25.000
Wisatawan Internasional Flying Fox Rp 50.000
Menembak sasaran, memanah, sepeda terbang untuk wisatawan mancanegara Rp40.000
Panahan khusus untuk wisatawan domestik Rp 20.000
Karcis parkir kendaraan
Karcis parkir motor Rp5.000
tiket parkir Rp 10.000

Baca: Aktivitas dan Tiket Masuk Air Terjun Ciherang Puncak Bogor

Jam buka

Air terjun ini bisa dikunjungi setiap hari pada weekdays dan weekend. Buka pagi-pagi dan tutup sore hari.

Jam kerja
Senin minggu 07.00 – 17.00

Beragam aktivitas di Curug Cilember

Kunjungan ke Air Terjun Curug Cilember BogorMengunjungi air terjun Curug Cilember Bogor. Foto: Instagram/irlandafauzan

Di sini, wisatawan bisa merasakan berbagai wisata outdoor secara langsung. Seperti tujuh wisata alam air terjun, pendidikan konservasi alam dan konservasi kupu-kupu. Perkemahan, persewaan vila, dan aktivitas luar ruangan juga tersedia (keluar).

Air terjun yang juga dikenal dengan sebutan Curug Tujuh Cilember ini merupakan kawasan wisata alam yang mengusung konsep ekowisata. Ragam kegiatan wisata alam ini membantu memberikan efek relaksasi yang dapat menstabilkan pernapasan.

Mendaki di sepanjang pesona tujuh air terjun

Curug 7 merupakan air terjun yang paling dekat dengan pintu masuk wisata Curug CIlember BogorCurug 7 merupakan air terjun yang paling dekat dengan pintu masuk. Foto: Google Maps/bagus setyo

Keunikan Curug Cilember adalah terdapat tujuh air terjun di tempat yang berbeda. Curahan air terjun tertinggi mencapai 40 meter. Semakin kecil angkanya, maka semakin tinggi letak air terjun tersebut dan tingkat kesulitan untuk mencapainya.

Jarak antar air terjun bervariasi antara 150 hingga 800 meter lintas alam. Air terjun yang paling banyak dikunjungi adalah ketujuh karena letaknya paling dekat dengan pintu masuk. Curug 7 Cilember adalah yang pertama akan ditemui wisatawan dengan medan yang mudah.

Tanjakan yang cukup berat dan bebatuan menuju Curug 5. Sedangkan untuk mencapai Curug 3, Curug 2 dan Curug 1 cukup terjal. Pendakian terpanjang adalah ke Curug Dua, karena medan menuju Curug Satu terlalu berat.

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas Air Terjun Seribu Bogor

Jalur pendakian menuju Air Terjun Curug Cilember Bogor telah ditata dengan cermat dengan jalur bebatuanJalur pendakian menuju air terjun telah ditata dengan cermat dengan jalur berbatu. Foto: Instagram/risnaajengtriani24

Berenang di kolam bawah air air terjun

Kawasan air terjun Cilember menyuguhkan panorama keindahan dan kesegaran alam. Hutan hujan tropis yang hijau membingkai daya tarik utamanya, yaitu tujuh air terjun.

Hampir setiap Curug memiliki tempat berenang di bawah alirannya. Kolam ini sering digunakan sebagai tempat berenang atau permainan air.

Berlindung dalam kesejukan alami hutan pinus

Menikmati rindangnya hutan pinus yang merupakan vegetasi kawasan air terjun Cilember, BogorNikmati keteduhan hutan pinus yang menjadi habitat di sekitar kawasan. Foto: Instagram/isalphotography26

Begitu memasuki kawasan wisata, pemandangan pohon pinus langsung tersaji. Kawasan ekowisata ini terdiri dari 2 hektar hutan tanaman Agathis, Rasamala dan Pinus. Pepohonan yang usianya puluhan hingga ratusan tahun memberikan suasana harmoni yang tenang dan rindang.

Potensi visual landscape menuju lokasi menyajikan pemandangan pegunungan dan perkebunan. Sedangkan di kawasan tersebut memiliki ciri khas berupa tegakan hutan dan pemandangan Bogor yang indah.

Mitos Curug Cilember

Bagan Mitos Air Terjun CilemberBeberapa mitos yang ada di Curug Cilember Bogor menjadi salah satu daya tarik wisata. Foto: Instagram/Ritmanto Saleh

Cilember artinya, yaitu kata Ci (Cai) artinya air dan Lember berarti jamur. Dinamakan Curug Cilember karena banyak tumbuh jamur di sana. Selain keindahan panorama alamnya, Curug Cilember memiliki beberapa mitos yang menarik kunjungan wisatawan.

Ada kepercayaan masyarakat setempat bahwa air terjun ini merupakan tempat pemandian putri-putri Kerajaan Siliwangi. Kemudian pada kaskade keempat dipercaya berkhasiat sebagai obat awet muda, mempercepat pernikahan, dan menyembuhkan penyakit. Banyak juga yang datang dari perguruan silat untuk berlatih pernapasan.

Di atas lokasi Curug 7 terdapat makam keramat keturunan Prabu Siliwangi. Setiap hari, makam ini ramai dikunjungi orang yang datang berziarah. Puncak kunjungan haji biasanya pada malam Maulid Nabi dan malam Jumat Kliwon di bulan Muharram.

Baca: Aktivitas dan Tiket Masuk Curug Leuwi Hejo Sentul

Saksikan keindahan Taman Kupu-Kupu

kubah taman kupu-kupuKonservasi puluhan kupu-kupu di kubah Taman Kupu-Kupu. Foto: Instagram/alexander.dion

Selama perjalanan menuju Curug 7, wisatawan akan menghabiskan waktu penangkaran puluhan kupu-kupu. Taman Kupu-Kupu didalamnya terdapat setidaknya 12 jenis spesies kupu-kupu yang akan menambah pengetahuan wisatawan. Dengan bentuk bangunan menyerupai konsep kubah jaring raksasa ketat.

Taman konservasi kupu-kupu seluas 500 meter persegi ini dipenuhi dengan berbagai tanaman dan bunga. Di sini wisatawan bisa melihat tahapan metamorfosis telur menjadi kupu-kupu yang cantik.

Perjalanan dan pergi

Sepeda digantung di sekitar air terjunSepeda gantung adalah salah satu dari berbagai wahana yang keluar dari Curug Cilember, Bogor.
Foto: Instagram/fauzi_saepul_rohman

Kawasan wisata air terjun ini telah menyiapkan berbagai wahana dan penunjang kegiatan keluar. Sebagai rubah terbang, panahan dan sepeda gantung. Ada juga kolam terapi ikan dan taman kelinci di sekitar air terjun.

Wahana yang tersedia ada di sekitar area air terjun. Misalnya sepeda gantung yang letaknya tinggi persis di depan air terjun.

Baca: Tiket Masuk CURUG PANGERAN dan Aktivitas Wisata di Bogor

Berkemah di bumi perkemahan

Bersantai sambil menginap di tenda di area campingBersantai sambil menginap di tenda di bumi perkemahan. Foto: Instagram/allamsyahh_33

Bumi perkemahan di kawasan sekitar air terjun terbagi menjadi tiga zona. Yaitu Camp Lembah Pakis, Camp Curug 7 dan Camp Curug 5. Di kawasan tersebut juga disediakan tenda untuk wisatawan yang ingin istirahat atau bermalam.

Saat berkemah, wisatawan memiliki lebih banyak waktu untuk menikmati pemandangan alam Curug Cilember. Beberapa sekolah dan komunitas sering menyelenggarakan wisata petualangan di kawasan ini. Dimulai dengan pelacakan, pendakian, sampai keluar.

Traveler juga bisa tambatan tempat tidur gantung di batang pinus untuk bersantai. Tidak perlu khawatir tentang keamanan saat berkemah. Pasalnya, agen atau pegawai hutan berpatroli sepanjang malam untuk menjaga keamanan wisatawan yang berkemah.

Baca: Tiket Masuk CURUG NANGKA Bogor, Kegiatan dan Itinerary

Akomodasi dan Villa di Curug Cilember

Villa Jungle Lodge di Air Terjun CilemberThe Jugle Lodges adalah penginapan yang terletak di kawasan alami air terjun Cilember, Bogor. Foto: Instagram/binksvilla

Beberapa rumah sewa vila menawarkan pilihan menarik bagi mereka yang ingin bermalam. Pondok kayu ini terletak di sekitar air terjun dan hutan pinus.

Selain Jungle Lodge, wisatawan juga bisa menemukan penginapan dan hotel di sekitar kawasan wisata. Ada banyak vila di resor di daerah tersebut. Hostel ini berjarak sekitar 4 km atau 15 menit berkendara dari air terjun. Harga penginapan di sekitar Curug Cilember pun beragam, mulai dari Rp 100.000 hingga Rp 500.000.

Jalan menuju Curug Cilember

Curug Cilember merupakan salah satu objek wisata air terjun Kabupaten Bogor. Obyek wisata ini dapat ditempuh sekitar 30 menit dari arah Bogor. Kondisi jalan umumnya baik dan sudah diaspal serta dapat dilalui kendaraan roda empat.

Wisatawan juga bisa menggunakan angkutan umum untuk menuju lokasi air terjun. Kemudian dilanjutkan dengan menyewa sepeda motor dari jalan Bogor – Puncak. Jika Anda datang dari Bogor, Anda bisa naik angkutan umum 2A jurusan Cisarua. Kemudian menggunakan kendaraan sewaan seperti ojek.

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas Curug Bidadari Sentul

Reda

Curug Cilember dikelola oleh BUMN di bawah naungan Kementerian Kehutanan dan Dinas Pariwisata Kota Bogor. Kawasan Curug Cilember menyediakan fasilitas yang cukup lengkap. Seperti area parkir, mushola yang terawat, dan toilet yang berada di puncak air terjun.

Bangku taman dengan tong sampah juga tersedia. Banyak juga warung yang menjual makanan dan minuman di sepanjang jalan menuju air terjun. Kawasan wisata ini juga dilengkapi dengan pos pengamatan, pos jaga, pondok kerja, jalan setapak dan ruang informasi.

Kontak dan Lokasi Curug Cilember

Kawasan wisata air terjun ini terletak di desa Cilember Jl. Raya Puncak No. KM. 15, Cisarua, Megamendung, Bogor, Jawa Barat 16750.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button