Jaga kesehatan mata, lakukan 7 hal sederhana ini - WisataHits
Jawa Timur

Jaga kesehatan mata, lakukan 7 hal sederhana ini

Jaga kesehatan mata, lakukan 7 hal sederhana ini

WAKTU INDONESIA, JAKARTA – Menjaga kesehatan mata sama pentingnya dengan menjaga anggota tubuh lainnya. Mata yang sehat adalah mata yang terbebas dari berbagai penyakit seperti mata kering, katarak, penyakit retina dan berbagai penyakit lain yang dapat mempengaruhi penglihatan.

Untuk menjaga kesehatan mata, kita perlu melakukan beberapa hal. apa pun? Simak ulasannya di bawah ini.

Iklan

1. Hindari sinar matahari langsung

Salah satu cara untuk menjaga kesehatan mata adalah dengan menghindari paparan sinar matahari langsung atau masuknya benda asing dengan memakai alat pelindung atau kacamata saat berada di luar ruangan atau saat berkendara. Anda bisa memakai kacamata hitam di siang hari saat keluar rumah.

2. Periksakan mata Anda secara teratur

Setiap orang mulai dari anak-anak hingga lansia dianjurkan untuk memeriksakan kesehatan mata secara rutin minimal 2 tahun sekali. Orang dewasa di atas 40 tahun bahkan disarankan untuk memeriksakan mata setahun sekali.

3. Hindari menggunakan perangkat dalam waktu lama

Menatap layar terlalu lama dapat merugikan kesehatan mata, mis. B.Kelelahan mata. Sebaiknya setelah menatap langsung ke layar perangkat atau gadget selama 20 menit, Anda mengalihkan pandangan selama 20 detik dengan melihat objek yang berjarak 20 meter.

4. Konsumsi makanan bergizi

Menurut American Academy of Ophthalmology, mengonsumsi makanan tinggi vitamin A, C, E, lutein, zeaxanthin, dan zinc merupakan cara yang tepat untuk menjaga kesehatan mata.

5. Bersihkan mata setelah merias wajah

Membersihkan sisa make-up atau make-up yang diaplikasikan pada mata juga merupakan salah satu tips menjaga kesehatan mata. Gunakan bahan yang aman agar tidak mengiritasi mata.

6. Berhenti merokok

Merokok dapat meningkatkan risiko terkena katarak, degenerasi makula, dan kerusakan saraf optik, yang dapat menyebabkan kebutaan dan merusak retina mata.

7. Tidur yang cukup

Tidur yang cukup juga baik untuk kesehatan mata kita. Tidur dapat membantu mata pulih sepenuhnya setelah digunakan beraktivitas seharian. Jika Anda tidak cukup tidur, mata Anda bisa lelah dan menyebabkan penurunan penglihatan secara bertahap.

**) Ikuti berita terbaru KALI Indonesia di dalam Berita Google

Klik tautan ini dan jangan lupa untuk mengikutinya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button