Pantai Cacalan, pantai yang indah dengan pemandangan matahari terbenam yang menawan di Banyuwangi - WisataHits
wisatahits

Pantai Cacalan, pantai yang indah dengan pemandangan matahari terbenam yang menawan di Banyuwangi

Harga tiket: Gratis, Jam operasional: 07.00-22.00 WIB, Alamat: Kecamatan Sukowidi, Klatak, Kec. Kalipuro, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur; Kasus: Cek lokasi

Pantai Cacalan kini mulai terlihat oleh pengunjung setelah kalah populer dibandingkan pantai-pantai lain di Banyuwangi. Namun, sekitar waktu ini, pantai pasir hitam mulai menonjol setelah Pantai Boom terpaksa ditutup karena pembangunan pelabuhan kapal pesiar. Apalagi pantai ini berada di lokasi yang strategis dan tidak terlalu jauh dari kota Banyuwangi.

Karena semakin banyak pengunjung, Pokdarwis akhirnya mulai memperbaiki pantai. Salah satu upaya untuk memperindah kawasan ini adalah dengan mengeruk rawa-rawa di sekitar pantai dan menambah fasilitas pengunjung. Pengerukan lahan menggunakan dana swadaya, sedangkan fasilitas pengunjung menggunakan dana CSR perusahaan yang ada.

Dalam perjalanan menuju pantai ini, pengunjung akan melewati Lundin Industry Invest yang merupakan perusahaan yang memproduksi kapal militer yang didirikan pada tahun 2001. Memang tidak semua orang bisa memasuki lingkungan perusahaan tersebut, namun setidaknya mereka dapat melewati perusahaan yang memproduksi kapal canggih berkelas dunia. kapal.

Daya Tarik Pantai Cacalan

Atraksi Pantai CacalanKredit gambar: Google Maps Ilham Agung Aribowo

Pengembangan Pantai Cacalan menambah daya tarik tersendiri bagi pengunjung yang akan datang. Pantai yang cocok untuk liburan keluarga ini tidak kalah indahnya dengan pantai ramai lainnya. Berikut adalah beberapa atraksi yang menarik pengunjung dari waktu ke waktu.

1. Bersih dan indah

Pantai ini memiliki pemandangan yang indah. Kebersihan kawasan pantai ini juga sangat terjaga sehingga pengunjung menjadi lebih nyaman menghabiskan waktu disini. Dengan pasir hitamnya yang lembut dan pantainya yang biru bersih, pantai ini menarik banyak pengunjung sebagai alternatif liburan.

Pantainya juga indah karena pepohonan yang tumbuh di pinggir pantai. Pohon kelapa tumbuh berjajar, membuat kawasan ini teduh dan sejuk. Pohon kelapa ini memang berbentuk taman. Di bawahnya tidak hanya pasir, tapi rerumputan tumbuh sehingga menjadi kombinasi yang menarik dengan pasir hitam di tepian.

2. Matahari terbenam

Sunset di pantai ini juga sangat indah. Banyak pengunjung yang datang hanya untuk menunggu momen sunset ini. Matahari terbenam tepat di antara laut biru. Warna merah-oranye berpadu dengan air laut menjadi pemandangan yang eksotis dan memanjakan mata yang melihatnya.

3. Kolam air tawar

Tidak hanya pantai, di pantai ini juga terdapat kolam renang air tawar yang menjadi salah satu daya tarik utama. Di sekitar kolam ditumbuhi pepohonan sehingga pengunjung dapat menyegarkan kembali semangat mereka di sekitar kolam. Tak hanya itu, pengelola juga telah merencanakan beberapa aktivitas seru yang bisa dilakukan di sekitar kolam air tawar ini.

4. Tempat foto

Objek wisata Pantai CacalanKredit Gambar: Google Maps primanto halim

Pantai ini memiliki banyak spot foto yang indah. Karena itu, banyak pengunjung yang datang untuk mendapatkan background foto yang menarik. Beberapa spot foto buatan juga telah disiapkan, termasuk ayunan kayu yang menghadap ke laut, yang biasanya digunakan pengunjung sebagai salah satu spot foto favorit.

5. Tradisi Pungkasan Rebo

Tradisi Rebo Pungkasan merupakan salah satu tradisi turun temurun warga setempat. Kegiatan ini dilakukan pada hari-hari tertentu untuk menghindari musibah. Tradisi ini diawali dengan acara mengarak produk dan juga tumpeng keliling desa dan berakhir di pantai Cacalan. Selain itu, tetua adat akan berdoa dan warga akan makan bersama.

Tradisi ini menarik perhatian pengunjung. Karena selain berdoa dan makan bersama, tradisi ini biasanya akan diisi dengan pertunjukan tradisional Jaranane dan musik. Pengunjung yang datang bisa menikmati tontonan ini. Biasanya acara akan berlangsung hingga senja.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat pantai CacalanKredit gambar: Google Maps Arif Mursyidi

Pantai Cacalan terletak di lokasi yang strategis, sehingga cukup mudah untuk diakses. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi dengan kendaraan roda dua atau empat. Jika Anda datang dari kota Banyuwangi di Jawa Timur, Anda bisa menuju ke pelabuhan Ketapang. Jaraknya hanya sekitar 5 kilometer.

Begitu sampai di pertigaan Sukowidi, Anda akan menemukan pom bensin. Tidak jauh dari SPBU, hanya sekitar 100 meter, Anda akan menemukan papan petunjuk menuju pantai di sisi kanan jalan. Anda hanya perlu masuk hingga 600 meter untuk sampai di lokasi pantai.

Sedangkan jika datang dari arah Pantura, jarak menuju Pelabuhan Ketapang sekitar 6,5 kilometer. Pantai ini juga sangat dekat dengan pantai Solong, hanya 2 kilometer sebelum lokasi pantai. Untuk memudahkan perjalanan, Anda dapat menggunakan aplikasi GoogleMap yang dapat memberikan rute terbaik menuju lokasi.

Harga tiket masuk objek wisata

Harga tiket pantai CacalanKredit Gambar: Google Maps Adams Blue

Pantai Cacalan merupakan destinasi wisata yang murah, sehingga sangat cocok sebagai pilihan untuk menghabiskan waktu bersama keluarga.

Tidak ada biaya masuk untuk melihat keindahan pantai ini. Anda hanya perlu membayar biaya parkir sebesar Rp 2000 untuk sepeda motor dan Rp 5000 untuk mobil.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di pantai Cacalan

Aktivitas di pantai CacalanKredit gambar: Google Maps Romy

Anda tidak akan bosan jika berlibur ke Pantai Cacalan. Pantai yang cocok untuk liburan keluarga ini juga menawarkan berbagai aktivitas menarik. Berikut beberapa aktivitas seru dan seru yang bisa Anda lakukan bersama keluarga saat berkunjung ke pantai ini.

1. Beri makan ikan

Ada ikan di kolam air tawar. Pengunjung bisa memberi makan ikan ini. Makanan ikan juga tersedia, Anda hanya perlu membelinya. Kegiatan ini sangat cocok jika Anda datang bersama keluarga. Kegiatan memberi makan ikan tentu sangat menarik dan menyenangkan jika dilakukan oleh anak-anak.

2. Kano

Kolam renang juga menawarkan kano. Anda bisa mencoba salah satu aktivitas air ini sambil menikmati alam hijau yang mengelilinginya. Kegiatan ini juga menjadi salah satu kegiatan yang banyak dilakukan oleh pengunjung yang datang. Oleh karena itu, jika Anda berkunjung ke pantai ini, jangan lewatkan aktivitas bermain kano.

3. Belajar melukis

Aktivitas menarik di pantai CacalanKredit gambar: Google Maps Dini Nurhidayati

Belajar melukis merupakan salah satu kegiatan rutin pokdarwis Pantai Cacalan. Kegiatan ini sendiri bisa dilakukan oleh anak-anak maupun orang dewasa. Jika Anda tertarik dengan kegiatan melukis, Anda bisa mencoba kegiatan ini. Anak-anak juga bisa mencobanya untuk menambah kreativitas.

4. Berkuda

Jika Anda suka menunggang kuda, Anda bisa melakukannya di pantai yang indah ini. Sewa kuda tersedia, harga sewa tergantung pemilik kuda. Tentu saja, akan menyenangkan untuk mengarungi ombak.

5. Ambil gambar

Dengan banyaknya spot foto di kawasan ini, Anda tidak boleh melewatkan berfoto. Selain keindahan pantainya yang bisa dijadikan sebagai background foto, terdapat juga spot foto buatan yang akan membuat foto Anda semakin menarik.

Penginapan murah dekat pantai

Akomodasi Dekat Pantai CacalanKredit gambar: Google Maps TONY WONG MUNCAR

1. Merasa di rumah

Sesuai dengan namanya, pemilik hostel ini sangat ramah sehingga pengunjung betah. Dengan harga yang cukup terjangkau, hostel ini juga sangat nyaman. Tidak hanya itu, hostel ini juga memiliki desain yang artistik.

2. Homestay Nita Banyuwangi

Hostel ini sangat dekat dengan lokasi pantai Cacalan, hanya 9 menit. Dengan bangunan yang sederhana, kamar yang ditawarkan sangat nyaman dan bersih. Fasilitas yang tersedia juga lengkap. Selain itu, harga sewa per malamnya pun sangat terjangkau sehingga bisa menjadi rekomendasi untuk menginap.

3. Homestay Indah Nusantara

Hostel ini hanya berjarak 17 menit berjalan kaki ke pantai. Kamar yang ditawarkan sangat bersih dan nyaman. Fasilitasnya juga sangat memadai. Pemilik homestay juga akan melayani dengan ramah membuat pengunjung betah bermalam. Hostel ini juga menawarkan harga per malam yang terjangkau.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas di kawasan pantai CacalanKredit gambar: Google Maps Kresna Duta

Pantai Cacalan sudah memiliki fasilitas yang memadai bagi pengunjung. Tersedia tempat parkir untuk kendaraan pribadi, sepeda motor dan mobil. Ada juga mushola untuk beribadah, serta warung makan yang menyajikan aneka menu seafood, toilet, flushing shower, serta kabin untuk ganti baju juga ada.

Selain itu, ada juga arena permainan anak, ayunan kayu untuk spot foto, serta gazebo untuk istirahat. Ada juga banyak kegiatan menarik seperti latihan melukis, festival, dll. untuk menarik lebih banyak pengunjung. Pantai ini juga memiliki taman dan kolam ikan air tawar dimana pengunjung dapat memberi makan ikan.

Banyak kegiatan menarik yang bisa dilakukan karena juga difasilitasi oleh pengelola. Pengunjung dapat pergi berperahu, menunggang kuda dan berbagai kegiatan lainnya. Dilengkapi dengan berbagai fasilitas sehingga jumlah pengunjung semakin meningkat sejak sebelum pantai ini dikelola dan dikembangkan.

Pantai Cacalan kini bisa menjadi salah satu destinasi wisata keluarga Banyuwangi. Tempatnya ramah anak dan ada banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan, sehingga cocok untuk liburan. Dengan berbagai aktivitas yang ada, pengunjung yang datang akan mendapatkan pengalaman baru sehingga liburan tidak membosankan.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button