Ciater Tandon, sebuah danau buatan dengan suasana sejuk dan asri di selatan Tangerang - WisataHits
wisatahits

Ciater Tandon, sebuah danau buatan dengan suasana sejuk dan asri di selatan Tangerang

Ciater Tandon, sebuah danau buatan dengan suasana sejuk dan asri di selatan Tangerang

Tandon Ciater memiliki daya tarik pinggir jalan yang menawan dan taman yang asri di tengah padat dan ramainya kota Tangerang Selatan. Apalagi kawasan danau ini juga bebas untuk dikunjungi.

Harga tiket: Rp3.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Jl. Widya Kencana Ciater, Buaran, Kec. Serpong, Kota Tangerang Selatan, Banten; Kasus: Verifikasi lokasi

Tangerang Selatan merupakan daerah yang memiliki banyak tempat wisata. Bagi wisatawan yang ingin menikmati wisata hemat, mengunjungi Telaga Ciater adalah pilihan yang tepat. Waduk Ciater ini merupakan waduk atau danau buatan yang diresmikan pada tahun 2016 di Tangerang Sud. Awalnya, danau buatan ini dirancang hanya sebagai penampung air hujan dan pencegah banjir.

Namun, seiring berjalannya waktu, minat masyarakat untuk mengunjunginya cukup tinggi. Maka dari itu, waduk ini dijadikan sebagai tempat wisata. Kawasan waduk menarik ini memiliki luas sekitar 7 hektar. Dengan demikian, kawasan di sekitar danau cantik ini tidak akan terasa ramai meski dikunjungi banyak orang.

Danau yang indah ini juga dilengkapi dengan banyak fasilitas untuk mendukung kegiatan hiburan dan rekreasi. Ketika wabah covid melanda dalam beberapa tahun terakhir, danau ditutup untuk sementara waktu. Namun, kini waduk bening dan tamannya bisa dikunjungi dengan bebas. Untuk memasuki kawasan danau ini, wisatawan tidak akan dikenakan biaya masuk.

Daya Tarik Tandon Ciater

Objek Wisata Waduk CiaterKredit gambar: Google Maps Faizin

Tandon Ciater memiliki pesona yang cukup indah untuk tempat bebas turis. Maka tak heran jika kawasan danau ini hampir setiap hari dikunjungi oleh banyak warga setempat. Kebanyakan dari mereka datang ke sini bersama keluarga atau teman. Namun ada juga yang datang ke sini sendirian. Lantas apa saja daya tarik dari danau buatan ini?

✦ Suasana asri dan sejuk

Salah satu daya tarik utama danau buatan ini adalah kawasan riparian yang asri dan sejuk. Di sekitar danau terdapat taman yang cukup menarik. Selain itu, di luar danau juga terdapat pohon-pohon besar. Sehingga, suasana asri dan segar sangat kental di kawasan sekitar danau nan indah ini.

Jadi, jangan heran jika banyak orang yang suka datang ke sini untuk menikmati suasana yang asri dan sejuk. Telaga cantik ini menjadi alternatif wisata yang menyenangkan di tengah kota yang penuh dengan pusat perbelanjaan modern dan tempat rekreasi. Hal ini diperkuat dengan tidak adanya harga tiket masuk ke kawasan danau yang indah tersebut.

✦ Cocok untuk perjalanan keluarga

Waduk Ciater sangat cocok untuk wisata keluarga. Di sini wisatawan bersama keluarga bisa melakukan berbagai aktivitas bersama. Tempatnya yang luas memungkinkan rombongan keluarga menggelar tikar dan piknik dengan leluasa. Selain itu, fasilitas rekreasinya juga cocok untuk anak-anak dan orang tua.

✦ Cocok untuk kegiatan olahraga dan rekreasi

Daya tarik lain dari waduk yang megah ini adalah cocok untuk kegiatan olah raga dan rekreasi. Udara yang segar, suasana yang sejuk dan pemandangan yang indah membuat kegiatan olah raga dan rekreasi semakin menyenangkan untuk dilakukan. Selain itu, beberapa fasilitas di kawasan wisata ini juga mendukung kegiatan olahraga dan rekreasi.

Alamat, lokasi rute dan tiket masuk

Alamat Kota TandonKredit gambar: Google Maps Idam Demus

Tandon Ciater terletak di tengah kota dan mudah dijangkau oleh masyarakat. Faktor inilah yang membuat wisata telaga ini ramai dikunjungi hampir setiap hari. Waduk buatan tepatnya di dekat Jl. Widya Kencana Ciater, Buaran, Serpong, Tangsel, Banten. Wisatawan bisa mencapai kawasan wisata indah ini dengan kendaraan pribadi maupun transportasi online.

Jika wisatawan berangkat dari Supermall Karawaci, jarak dari mall ke danau cantik ini sekitar 25 km melalui jalan tol Kunciran – Serpong atau sekitar 32 menit dengan mobil. Jika Anda melewati Jl. Raya Serpong, maka jaraknya akan semakin dekat. Namun, kemacetan lalu lintas masih dapat menyebabkan wisatawan membutuhkan waktu setengah jam untuk tiba.

Jika menggunakan kendaraan pribadi, wisatawan akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp3.000 untuk sepeda motor dan Rp5.000 untuk mobil. Kawasan danau buatan ini buka 24 jam sehari. Namun, wisatawan biasanya hanya ramai pada pukul 06:00 hingga 18:00. Warung makan dan warung permainan juga biasanya hanya buka saat ini.

Kegiatan yang menarik untuk dilakukan

Mengutip Kegiatan Menarik TandonKredit gambar: Google Maps Si Odie

Saat wisatawan berkunjung ke wisata Tangsel yang memesona ini, mereka bisa melakukan berbagai aktivitas. Beberapa aktivitas ini hanya cocok untuk anak-anak dan aktivitas lainnya dapat dilakukan baik oleh orang dewasa maupun anak-anak. Berikut beberapa aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Tandon Ciater.

1. Piknik keluarga

Di danau yang indah ini, wisatawan bisa berpiknik bersama keluarga. Hamparan kawasan danau yang indah ini memungkinkan wisatawan leluasa menikmati piknik bersama keluarga besarnya. Taman dan danau yang indah ini juga memiliki paviliun yang bisa digunakan wisatawan untuk bersantai dan berkumpul kembali dengan keluarga.

2. Berkemah di area waduk Ciater

Kawasan waduk buatan ini juga bisa digunakan untuk berkemah karena memiliki fasilitas bumi perkemahan. Bumi perkemahannya cukup luas dan bisa menampung banyak orang. Selain itu, kawasan ini tampak teduh dengan hamparan rerumputan hijau yang dikelilingi pepohonan. Area perkemahan cocok untuk kegiatan dan organisasi perkemahan sekolah.

3. Olahraga santai di sekitar danau

Olahraga santai di sekitar Danau Tandon Ciater menjadi salah satu aktivitas favorit wisatawan. Sambil jogging, bersepeda atau bermain sepatu roda di sekitar danau, mereka bisa menikmati pemandangan menawan di sekitar danau buatan. Usai latihan, mereka juga bisa menikmati minuman menyegarkan di food court.

4. Mengendarai mobil mainan

Anak-anak bisa berkeliling taman bermain dengan menyewa mobil kecil. Keamanan kendaraan ini terjamin karena ukuran area bermain yang cukup luas sehingga anak-anak yang mengendarainya hampir tidak pernah menabrak anak lain. Selain menyenangkan untuk anak-anak, mainan mobil-mobilan ini juga harganya terjangkau.

5. Naik Kuda

Selain menaiki mobil-mobilan di taman bermain, anak-anak juga bisa menunggang kuda. Beberapa kuda bisa disewa di sekitar Taman Bermain Tandon Ciater. Meski agak sulit, kegiatan menunggang kuda ini selalu aman karena sang empu kuda selalu mendampingi atau membimbing kuda saat ditunggangi anak-anak.

6. Berolahraga di taman

Jika wisatawan merasa malas untuk jogging di sekitar danau, mereka bisa berolahraga di taman. Taman danau yang indah ini dilengkapi dengan banyak peralatan olahraga luar ruangan. Semua wisatawan baik tua maupun muda dapat menggunakan peralatan ini.

7. Ambil gambar

Bagi wisatawan yang baru pertama kali mengunjungi danau buatan yang memesona ini, berfoto adalah kegiatan yang wajib dilakukan. Salah satu spot foto terbaik di kawasan danau ini adalah spot dengan latar belakang bertuliskan Tandon Ciater. Selain itu, mereka juga bisa berfoto di taman dan menunggang kuda.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Instalasi tangki CiaterKredit gambar: Google Maps Muhammad Ulil Al-Bab

Kawasan danau yang segar dan asri ini memiliki fasilitas rekreasi dan olahraga yang cukup lengkap. Dengan demikian, wisatawan yang berolahraga, bersantai atau berkemah di kawasan Tandon Ciater dapat terpenuhi kebutuhannya. Beberapa fasilitas tersebut dapat digunakan secara gratis, namun ada pula yang dikenakan biaya. Fasilitas tersebut adalah:

  • Area parkir;
  • Kamar mandi;
  • Bangunan mirip gazebo;
  • ruang sholat;
  • pujasera atau kantin;
  • warung makan;
  • taman bermain;
  • trek jogging;
  • Area berkemah; Dan
  • Tempat bermain.

Waduk Ciater merupakan danau buatan dan juga tempat wisata murah. Lokasi danau ini berada di tengah kota Tangerang Selatan. Kawasan danau ini memiliki pemandangan alam yang indah dan indah. Selain itu, kawasan danau yang megah ini juga sangat luas dan dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang mendukung kegiatan rekreasi dan olahraga.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button