Pulau Penyengat Tanjungpinang, pulau indah penuh nilai sejarah - WisataHits
wisatahits

Pulau Penyengat Tanjungpinang, pulau indah penuh nilai sejarah

Biaya kunjungan: Mulai dari Rp 700.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Stinger, Kec. Kota Tanjungpinang, Kota Tanjung Pinang, Kepulauan Riau; Kasus: Cek lokasi

Pulau Penyengat adalah tujuan wisata yang sangat populer bagi masyarakat Indonesia. Karena pulau ini memiliki keindahan yang bervariasi yang tidak dimiliki oleh tempat wisata lainnya. Oleh karena itu, tidak heran jika siapapun yang melihatnya bisa langsung terkesima dan terpesona dengan keindahan Pulau Tanjungpinang yang indah ini.

Banyak sekali hal menarik yang hanya bisa dirasakan saat Anda berkunjung ke sana. Tentu banyak wisatawan yang menikmati liburan di sana. Tidak hanya turis dari dalam negeri, tapi juga dari luar negeri. Oleh karena itu sangat mungkin Anda akan mendapatkan teman atau kenalan baru selama liburan di tempat ini.

Selain teman baru, tentunya kamu juga akan mendapatkan pengalaman baru dan berkesan seumur hidup. Oleh karena itu, segera kunjungi pulau ini agar waktu liburan tidak terbuang percuma. Namun, alangkah baiknya untuk menelusuri berbagai hal yang ada hubungannya dengan Pulau Penyengat sebelum memutuskan untuk berkunjung.

Atraksi Pulau Menyengat

Atraksi Pulau PedasKredit gambar: Facebook.com @bintanresorts

1. Punya cerita sejarah

Selain nama pulau yang unik, pulau ini juga memiliki cerita sejarah yang cukup unik. Dahulu, menurut cerita, ketika Pulau Penyengat didatangi banyak pelaut untuk mengambil air untuk bekal selama pelayaran, karena sumur-sumur di sana menghasilkan air minum.

Saat itu, ada pelaut yang berani melanggar pantangan yang telah ditentukan. Karena itu, segerombolan hewan mirip lebah tiba-tiba menyengat pelaut. Hewan tersebut akhirnya mendapat julukan hewan penggigit, dan kemudian tempat ini mendapat nama Pulau Menyengat.

Namun, pada masa kerajaan Riau, pulau itu disebut sengat Indrasakti. Bahkan, pulau ini pernah dijadikan sebagai mahar Sultan Mahmud yang diberikan kepada istrinya yang cantik jelita bernama Engku Putri.

2. Banyak spot foto menarik

Pulau ini memiliki panorama yang sangat indah karena terdapat berbagai jenis bangunan bersejarah. Oleh karena itu, banyak sekali tempat yang bagus dan bisa dijadikan spot foto. Foto-fotonya akan sangat menarik karena didasarkan pada bangunan bersejarah yang unik dipadukan dengan pemandangan alam yang eksotis.

3. Populasi padat

Jika sebagian besar pulau-pulau yang dijadikan tujuan wisata tidak terlalu padat penduduk atau bahkan sama sekali tidak berpenghuni. Oleh karena itu berbeda dengan pulau eksotis ini karena tergolong memiliki penduduk yang cukup padat. Selama kunjungan Anda, Anda juga akan melihat berbagai jenis kegiatan sehari-hari.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pulau PenyengatKredit gambar: Google Maps (Zenith Halalan)

Pulau Penyengat terletak di Tanjungpinang, ibu kota provinsi Kepulauan Riau. Jarak dari pulau ke kota Batam sendiri sekitar 35 kilometer dan dari kota Tanjungpinang hanya 3 kilometer. Rute yang ditempuh dengan naik perahu pom-pong dari Tanjungpinang akan memakan waktu sekitar 15 menit.

Jika anda naik kendaraan pribadi seperti mobil atau motor, anda bisa mengambil jalan Tanjungpinang. Anda bisa langsung menuju Dermaga Penyengat di Kota Batam. Tiba di Telaga Punggur, kemudian naik feri ke tujuan Anda.

Namun, jika Anda bepergian dari kota Jakarta, terbanglah dari Bandara Soekarno Hatta. Setelah itu, Anda akan tiba di Bandara Fisabilillah di Tanjungpinang. Kemudian lanjutkan saja perjalanan dengan taksi untuk sampai ke pelabuhan Sri Bintan Pura. Kemudian yang harus Anda lakukan adalah menyeberang ke tujuan Anda menggunakan perahu pom-pong.

Perkiraan biaya perjalanan ke pulau

Biaya ke Pulau PenyengatKredit gambar: Goidul.com

Biaya yang pasti akan dikeluarkan oleh pengunjung adalah sewa perahu pompong Rs 7.000 untuk satu orang. Kemudian, jika sampai di pulau tersebut, Anda melanjutkan perjalanan dengan menyewa becak bermotor, maka Anda harus merogoh kocek sebesar 30 ribu rupiah. Di sisi lain, tidak ada tiket masuk yang harus dibayar untuk memasuki kawasan pulau ini.

Setidaknya, Anda perlu menyiapkan dana sekitar 700.000 hingga 1 juta rupiah sebelum Anda berniat berlibur ke Pulau Penyengat. Jumlah ini cukup untuk biaya perjalanan, makan, menginap dan membeli oleh-oleh. Jika ingin lebih hemat, gunakan saja paket liburan yang menawarkan promo besar-besaran.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pulau Penyengat

Hal yang Dapat Dilakukan di Pulau PenyengatKredit gambar: Google Maps (saluran Widyodikti)

1. Berkeliling dengan sepeda

Anda bisa menjelajahi kawasan pulau dengan mengendarai sepeda yang bisa disewa dengan harga terjangkau. Tentu saja, kedengarannya sangat mengasyikkan karena Anda akan melihat pemandangan di sekitarnya dengan angin sepoi-sepoi.

2. Kunjungan Religi ke Masjid Agung Sultan Riau

Bahkan, di Pulau Penyengat terdapat sebuah masjid terkenal yang dijadikan sebagai wisata religi bagi para wisatawan. Sebelumnya, masjid ini dibangun dari kayu, namun Raja Abdurrahman merenovasi masjid dengan beton pada tahun 1872.

Saat memasuki masjid ini, wisatawan diwajibkan memakai pakaian yang sopan dan bersih. Wanita diharuskan memakai kain panjang atau syal untuk menutupi rambut mereka. Wisatawan juga tidak diperbolehkan mengambil foto di dalam masjid agar aktivitas ibadah tidak terganggu.

3. Tur Sastra

Pulau Penyengat sendiri sudah populer sebagai pulau literasi. Hal ini karena banyak ulama telah menetap di sana dan menciptakan karya di sana. Salah satu ulama yang paling terkenal adalah Raja Ali Haji yang menyandang gelar pahlawan nasional di bidang sastra berupa 12 Gurindam yang sangat terkenal.

4. Berburu Masakan Melayu

Setelah lelah mencoba berbagai aktivitas di sana, inilah saat yang tepat untuk mencoba semua masakan melayu. Ada berbagai menu masakan khas Melayu yang bisa Anda temukan dengan mudah di pulau ini. Menu yang banyak dicari wisatawan antara lain ayam kecap, asinan kuning, pacri nanas, daging rebus dengan kurma, dan nasi bumbu.

Apalagi ada juga minuman menyegarkan bernama Dohot yang sangat khas Melayu. Minuman ini sangat efektif mencegah panas dalam. Beragam makanan dan minuman pasti bisa memanjakan lidah Anda selama perjalanan.

Akomodasi murah terdekat

Akomodasi terdekat di Pulau PenyengatKredit gambar: Agoda.com

1. Penginapan Sultan

Sultan’s Inn terletak tidak jauh dari balai kota dan masjid agung. Ada 3 tipe kamar yang ditawarkan dengan fasilitas lengkap. Fasilitas yang dimaksud misalnya seperti kamar mandi pribadi, single bed, AC dan lain-lain. Harga untuk satu malam di hostel ini sekitar 200.000 rupiah.

Karena jumlah kamar yang disediakan relatif sedikit, para tamu harus memesan terlebih dahulu. Suasana hostel ini juga sangat cozy. Dengan demikian, dijamin semua tamu akan betah selama menghabiskan waktu di sana.

2. Hotel Sanchaya

Hotel Sanchaya tepat di sebelah lapangan golf yang sangat bagus. Hotel ini bahkan memiliki pantai pribadi. Pengunjung bisa menikmati keseruan berbagai aktivitas yang bisa dilakukan di pantai. Fasilitas disana juga beragam seperti wifi, parkir, spa, kolam renang dan lain-lain.

3. Hotel Nite & Day

Akomodasi terdekat lainnya adalah Nite & Day Hotel. Fasilitas yang bisa Anda nikmati di sini juga cukup lengkap. Misalnya seperti parkir, wifi, sarapan, mandi dan lain-lain. selain itu hotel ini dinilai sangat bersih dan rapi. Dengan demikian, kenyamanan pengunjung selama menginap di sini sangat terjamin.

Fasilitas yang tersedia di Pulau Penyengat

Fasilitas Pulau PenyengatKredit gambar: Google Maps (Waldi Isra)

Karena Pulau Penyengat tergolong padat penduduk dan memiliki banyak nilai sejarah, maka fasilitas yang disediakan tentunya lengkap dan memadai. Fasilitas terpenting tentunya adalah adanya berbagai destinasi wisata yang sangat menarik seperti Istana Kantor, Benteng Kursi, Gedung Bubuk Mesiu dan masih banyak lagi yang lainnya.

Ada juga warung dan toko yang menjual jajanan dan oleh-oleh untuk dibawa pulang. Oleh karena itu, Anda tidak perlu khawatir membawa terlalu banyak jajanan dari rumah. Ada banyak toilet dan kamar mandi sehingga mudah ditemukan di mana saja. Umumnya, toilet dan kamar mandi yang disediakan akan memberikan biaya masuk.

Bahkan, ada tempat persewaan pakaian adat melayu. Ada berbagai pilihan warna seperti kuning, merah dan hijau. Pakaian adat tersebut memiliki nama, yaitu Kebaya Labuh. Jika Anda menyewa selama 15 menit, harga yang harus dibayar hanya 25.000 rupee.

Itulah beberapa hal tentang Pulau Penyengat di Tanjungpinang yang merupakan salah satu tempat wisata favorit banyak orang. Ajak teman atau kerabat agar liburan semakin seru dan menyenangkan.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button