Pulau Penyengat, pulau kecil nan eksotis penuh sejarah di Tanjungpinang - WisataHits
wisatahits

Pulau Penyengat, pulau kecil nan eksotis penuh sejarah di Tanjungpinang

Harga tiket: Rp 7.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Stinger, Kec. Kota Tanjungpinang, Kota Tanjung Pinang, Kepulauan Riau; Kasus: Cek lokasi

Pulau Penyengat adalah salah satu Kepulauan Tanjungpinang di Kepulauan Riau. Keberadaan tempat tersebut menampilkan berbagai peninggalan sejarah yang berharga. Seperti Masjid Agung Sultan Riau yang dibuat dari putih telur, makam raja-raja, makam pahlawan Raja Ali Haji, dll. Semua ini dijaga, dipelihara dengan baik oleh pengelola objek wisata.

Banyak wisatawan yang datang ke pulau Tanjungpinang yang indah untuk dijadikan sebagai tempat belajar sejarah peninggalan tersebut. Maka tak heran jika destinasi wisata ini menjadi salah satu destinasi favorit para sejarawan dan wisatawan lainnya. Peninggalan sejarahnya memiliki sesuatu yang membuat pengunjung penasaran.

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke tempat ini, fasilitas dan akses menuju pulau ini sangat mudah karena tersedia. Di sana Anda bisa menikmati berbagai fasilitas yang ditawarkan, saat berada di Pulau Penyengat. Semua fasilitas yang tersedia sangat nyaman, bersih dan tentunya dapat memenuhi kebutuhan wisatawan yang datang.

Atraksi Pulau Menyengat

Atraksi Pulau PedasKredit Gambar: Instagram maskursav photoart

Pengunjung yang datang dari kalangan sejarawan dan masyarakat dari berbagai daerah hingga mancanegara. Tentu saja pulau ini menjadi tempat favorit para sejarawan. Wisatawan yang datang mengenal berbagai macam peninggalan sejarah.

1. Bangunan bersejarah Masjid Agung Sultan Riau

Pulau Penyengat terkenal dengan salah satu peninggalan sejarahnya yaitu bangunan Masjid Agung Sultan Riau. Tempat ini dibangun pada tahun 1803 oleh Sultan Mahmud, kemudian direnovasi pada tahun 1832 oleh Raja Abdurrahman. Bangunan ini memiliki 4 pilar beton.

Berdasarkan cerita Masjid Agung Sultan Riau dibuat dengan menggunakan campuran putih telur, pasir, kapur dan tanah liat. Dengan keunikan cara pembuatan masjid ini dan sejarah pembangunannya, tempat ini merupakan salah satu bangunan bersejarah dan daya tarik dari pulau yang indah ini.

2. Masakan Melayu Pulau Penyengat

Objek wisata pulau ini menawarkan menu masakan khas yang sangat enak dan nikmat. Makanannya terdiri dari nasi yang diberi bumbu khas, dengan lauk berupa daging rebus dengan campuran kurma, dan dilengkapi dengan acar kuning, pacri nanas dan ayam manis.

Minuman khas yang menyertai makanan ini disebut minuman dohot. Minuman ini disajikan untuk mendinginkan tenggorokan agar tidak menimbulkan rasa terbakar di tenggorokan. Tentunya makanan dan minuman khas tempat wisata ini sangat menggoda pengunjung dan menjadi salah satu daya tarik utama pulau ini.

3. Pakaian Adat Tanjungpinang

Selain terkenal dengan kulinernya yang lezat, tempat wisata ini juga memamerkan pakaian adatnya yang sangat indah dan cantik. Dengan kombinasi warna yaitu merah, kuning dan hijau, seolah menambah keindahan outfit tersebut. Maka tak heran jika busana bisa menjadi salah satu daya tarik destinasi pulau ini.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pulau PenyengatKredit gambar: Google Maps Witjaksono Thomas

Pulau Penyengat Tanjungpinang merupakan salah satu destinasi wisata yang selalu dikunjungi ramah oleh wisatawan, maupun sejarawan dari berbagai daerah atau negara. Lokasinya sekitar 15 menit atau 2 km dari pusat kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau. Akses menuju lokasi pulau sangat mudah karena tersedia transportasi air atau yang dikenal dengan pompong.

Rute menuju lokasi Jakarta di Tanjungpinang dapat ditempuh melalui jalur udara dari Bandara Soekarno Hatta menuju Bandara Raja Haji Fisabillah dengan waktu tempuh kurang lebih 1,5 jam. Sedangkan dari Batam menuju Tanjungpinang, Anda bisa naik perahu dari Telaga Punggur menuju Sri Bintan Pura yang jaraknya sekitar 1 jam perjalanan.

Perkiraan biaya perjalanan ke pulau

Biaya Perjalanan ke Pulau PenyengatKredit gambar: Instagram Feddri Bonco

Bagi Anda yang ingin memasuki destinasi wisata ini, Anda akan dikenakan biaya untuk menyeberangi Pulau Penyengat Tanjungpinang. Anda hanya akan dikenakan biaya transportasi menuju destinasi wisata di pulau tersebut. Harga perjalanan ditentukan oleh jumlah yang disepakati antara pemilik kapal dan pengunjung.

Jadi bagi anda yang ingin menyewa bisa bernegosiasi terlebih dahulu. Jadi, pengunjung selalu bisa berwisata atau pergi berlibur sesuai budget Anda.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pulau Penyengat

Hal yang Dapat Dilakukan di Pulau PenyengatKredit Gambar: Instagram Lily Khanna

1. Jelajahi Masjid Agung Sultan Riau

Wisata bahari ini memiliki bangunan peninggalan sejarah salah satunya Masjid Agung Sultan Riau. Bangunan ini didirikan pada tahun 1803 oleh Sultan Mahmud, kemudian direnovasi pada tahun 1832 oleh Raja Abdurrahman. Saat berada di masjid ini, Anda bisa menjelajah atau berkeliling melihat isi di dalamnya.

Wisatawan yang datang ke Pulau Penyengat wajib berpakaian sopan. Bagi wanita diharuskan menggunakan kerudung yang dapat menutupi rambut. Bangunan masjid ini memiliki peraturan bagi pengunjung yang isinya tidak diperbolehkan mengambil gambar di dalamnya.

Hal itu dibuat oleh pengelola dengan tujuan agar masyarakat yang beribadah di sana tidak terganggu. Aktivitas menjelajah atau jalan-jalan di sekitar masjid ini juga bisa menjadi salah satu aktivitas menarik yang bisa dilakukan wisatawan di gedung ini. Oleh karena itu, tidak heran jika tempat ini selalu ramai dikunjungi pengunjung yang penasaran dengan peninggalan sejarah.

2. Ambil foto Ria

Aktivitas yang wajib dilakukan saat mengunjungi objek wisata ini adalah berfoto. Di sana Anda bisa mengabadikan momen Anda dengan berfoto di berbagai peninggalan sejarah yang cukup unik dan khas. Tentunya hasil foto-foto tersebut dapat memberikan kesan dan mengingatkan Anda bahwa Anda pernah mengunjungi tempat-tempat wisata tersebut di masa lalu.

Tidak hanya berfoto dengan peninggalan sejarah, tetapi Anda juga bisa mengabadikan momen Anda dengan pemandangan laut lepas dari pulau ini. Latar belakang yang eksotis menambah objek foto yang diambil menjadi lebih bagus dan terlihat menarik.

Jadi sayang sekali jika Anda tidak mengabadikannya, dan tidak memiliki kenangan berharga tentang tempat yang ia kunjungi. Makanya, banyak orang yang menyempatkan diri untuk bertemu untuk foto-foto lucu saat berada di objek wisata Pulau Penyengat.

3. Pelajari peninggalan sejarah

Destinasi wisata yang indah ini terkenal dengan berbagai macam peninggalan sejarah yang berlimpah dan lengkap. Selain untuk berwisata, disini juga bisa dijadikan sebagai tempat pendidikan yang menarik.

Maka tidak heran jika banyak pengunjung atau wisatawan dan sejarawan datang untuk belajar dan berkenalan dengan peninggalan sejarah ini. Ini juga bisa menjadi salah satu kegiatan menarik yang bisa Anda lakukan selama menginap.

Penginapan murah di sekitar pulau

Akomodasi di sekitar Pulau PenyengatKredit gambar: Google Maps Zadin M

1. Sekilas tentang hotel

Lokasi hostel ini menawarkan akomodasi kamar yang cukup luas, mewah, bersih dan tentunya nyaman untuk digunakan. Fasilitas yang ditawarkan beragam, seperti wifi, parkir, AC, resepsionis 24 jam, restoran, serta harga yang cukup terjangkau bagi wisatawan. Tempat ini terletak di wilayah barat Tanjungpinang, di provinsi Kepulauan Riau.

2. Panorama Hotel Tanjungpinang

Tempat penginapan kedua ini bernama Panorama Hotel Tanjungpinang yang letaknya tidak jauh dari tempat penginapan pertama. Lokasi ini juga menawarkan fasilitas yang cukup lengkap, bersih dan nyaman. Jadi bagi Anda yang ingin menginap di sini, Anda bisa menikmatinya dengan lebih menyenangkan.

3. Hotel Futuria

Tempat menginap selanjutnya di sekitar destinasi wisata di pulau ini adalah Hotel Futuria. Lokasi ini menawarkan berbagai fasilitas seperti AC, lift, restoran, resepsionis 24 jam dan masih banyak lagi. Apalagi harga sewa hotel ini cukup terjangkau bagi wisatawan. Sehingga Anda bisa menikmatinya dengan nyaman.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas di Pulau PenyengatKredit gambar: Google Maps Effendi Tokbond

Sebagai salah satu destinasi wisata yang cukup terkenal dan bersejarah di Kepulauan Riau atau tepatnya di sekitar kota Tanjungpinang, keberadaan fasilitas bagi wisatawan tentunya sangat penting dan diperlukan. Oleh karena itu, pihak pengelola dan masyarakat Pulau Penyengat menyediakan berbagai fasilitas yang cukup lengkap dan dapat digunakan oleh pengunjung.

Fasilitas pendukung yang disediakan terdiri dari persewaan perahu dan masih banyak lagi. Semua fasilitas yang tersedia, terjamin keamanan dan kenyamanannya, dan dipelihara oleh pengelola. Sehingga pengunjung tidak perlu khawatir jika sewaktu-waktu terjadi kerusakan. Harga yang ditawarkan cukup terjangkau di kantong.

Fasilitas tambahan, tempat ibadah, tempat makan, sarana transportasi sungai untuk mengantar wisatawan, tempat penginapan yang mudah dikenali di sekitar kawasan tujuan wisata ini. Membuat pengunjung menikmati perjalanan menuju objek wisata tersebut lebih menyenangkan dan berkesan.

Itulah beberapa tempat wisata, fasilitas dan rute menuju Kawasan Wisata Pulau Penyengat Tanjungpinang. Sarana dan prasarana objek wisata ini tentunya sangat lengkap sehingga para wisatawan yang datang dapat berlibur dan menikmati pulau dengan cara yang asyik, seru dan menyenangkan. Tentunya bisa membuat liburan atau liburan Anda menjadi tak terlupakan.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button