Aik Nyet Sesaot, pemandian alam keindahan alam yang mempesona di Lombok Barat - WisataHits
wisatahits

Aik Nyet Sesaot, pemandian alam keindahan alam yang mempesona di Lombok Barat

Aik Nyet Sesaot, pemandian alam keindahan alam yang mempesona di Lombok Barat

Wisata Aik Nyet Sesaot merupakan wisata berenang alami di Lombok yang cocok untuk relaksasi. Wisata alam ini memiliki daya tarik tersendiri.

Harga tiket: Rp5.000 Jam operasional: 07.00-17.00 WITA, Alamat: Sesaot, Kec. Narmada, Kab. Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat; Kasus: Verifikasi lokasi

Aik Nyet Sesaot merupakan destinasi wisata alam yang terletak di desa Sesaot, kecamatan Narmada, Lombok Barat. Tempat wisata ini menawarkan pemandangan alam yang asri dan menyejukkan serta kolam alami yang terbentuk di antara dinding bebatuan alami yang menambah kesan alami dan menawan.

Air untuk pemandian alam ini berasal dari mata air yang mengalir langsung dari pegunungan sehingga airnya sangat segar dan jernih. Tamasya berenang alami ini adalah tempat yang tepat untuk melepas lelah dan bersantai setelah mengunjungi Pulau Lombok. Selain itu, pantai cantik ini juga cocok untuk tempat piknik keluarga.

Meski belum terlalu populer, wisata alam ini memiliki daya tarik yang mampu memikat hati wisatawan yang berkunjung ke Lombok. Artikel ini akan membahas keindahan dan daya tarik pemandian alam ini secara lebih detail, sehingga wisatawan dapat mempertimbangkan untuk mengunjungi tempat di Lombok ini.

Atraksi Aik Nyet Sesaot

Atraksi Aik Nyet SesaotKredit Gambar: Google Maps Nurliya NR

Tempat wisata yang megah ini memiliki banyak atraksi yang akan memanjakan wisatawan. Meski wisata alam di Lombok ini belum terlalu dikenal masyarakat luas, namun wisata alam di Lombok ini tidak bisa diremehkan. Berikut adalah beberapa objek wisata unggulan dalam wisata pemandian alam di Lombok ini.

✦ Air segar dan jernih

Air untuk pemandian alam Aik Nyet Sesaot berasal dari mata air yang mengalir langsung dari pegunungan sehingga airnya sangat segar dan jernih. Wisatawan dapat berenang atau mandi di kolam alami yang disediakan dan merasakan sensasi menyegarkan yang diberikan oleh air.

Tak hanya pemandiannya, aliran sungai di Sesaot pun memiliki warna yang segar dan sejuk. Aliran sungai ini memiliki arus yang aman sehingga cocok jika ingin berenang di sungai. Air yang mengalir di sungai tidak mengering meski di musim kemarau.

✦ Keindahan alam yang menenangkan

Aik Nyet Sesaot dikelilingi pemandangan alam yang asri dan menyejukkan, dengan pepohonan hijau dan dinding tebing batu alam yang menambah nuansa alami dan menawan. Wisatawan dapat menikmati keindahan lingkungan alam, bersantai dan melepas penat dari aktivitas sehari-hari.

Wisata renang alami ini berada di tengah kawasan hutan lindung Sesaot yang masih rimbun dan terjaga keindahannya. Selain menikmati aneka pepohonan rindang, wisatawan yang datang berkunjung juga bisa melihat aneka burung yang bertengger dan beterbangan dari pohon ke pohon.

✦ Tempat piknik yang ideal

Selain berenang dan menikmati keindahan alam, mandi di alam yang indah ini juga menjadi tempat piknik yang ideal. Wisatawan dapat membawa perbekalan dan menikmati suasana alam yang tenang sambil bersantai bersama keluarga dan teman. Tentu pengalaman yang tak terlupakan.

Selain untuk bersantai, tempat ini juga sering digunakan oleh para mountain bikers yang menyukai tantangan dan memacu adrenalin. Jalur menuju pemandian alam ini memiliki beberapa tanjakan meski sudah diaspal, sehingga cocok sebagai jalur sepeda yang menantang adrenalin.

Alamat, lokasi rute dan tiket masuk

Alamat Aik Nyet SesaotKredit Gambar: Google Maps syahril kelana

Aik Nyet Sesaot terletak di Dusun Aik Nyet, Desa Sesaot, Kec. Narmada, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat. Lokasinya mudah diakses dari pusat kota Mataram dan hanya membutuhkan waktu sekitar 46 menit perjalanan. Ini menjadikannya pilihan tujuan wisata yang populer bagi wisatawan.

Untuk menuju ke sana, wisatawan bisa menggunakan kendaraan pribadi. Hal ini dikarenakan belum tersedianya angkutan umum untuk menuju tempat berenang alami ini. Beberapa rute bisa ditempuh wisatawan, diantaranya jika dari Kota Mataram wisatawan menempuh jalan Narmada. Kemudian belok ke Jalan Sesaot di Taman Narmada.

Jika wisatawan berada di perempatan SMAN 1 Narmada, belok kanan ke timur dan ikuti jalan utama menuju Jalan Raya Suranadi Sesaot hingga menemukan gapura “Wisata Taman Sesaot”. Wisatawan bisa mengikuti jalur yang ada hingga menemukan tanda “Aik Nyet”.

Jika berkunjung ke tempat pemandian ini, wisatawan cukup membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000 per orang. Selain itu, jika menggunakan kendaraan pribadi akan dikenakan biaya parkir kendaraan sebesar Rp5.000 per motor dan Rp10.000 per mobil. Tentunya biaya ini tetap sangat terjangkau dan sepadan dengan pengalaman yang didapat.

Kegiatan yang menarik untuk dilakukan

Aik Nyet Sesaot Kegiatan menarikKredit gambar: Google Maps Sam Sunga10

Setelah menemukan atraksi Aik Nyet Sesaot, wisatawan pasti akan mendapatkan ide tentang aktivitas seru dan menarik yang bisa dilakukan. Untuk menikmati waktu luang atau liburan, beberapa aktivitas bisa dilakukan di sirkuit yang terletak di tengah hutan ini.

1. Bersantai dan menikmati keindahan alam

Wisata pemandian alam ini merupakan tempat keindahan alam yang sangat menawan. Ada pemandangan perbukitan dan hutan pinus yang menakjubkan. Udaranya yang segar dan sejuk, serta suara air yang mengalir menambah suasana yang sangat nyaman dan menenangkan.

2. Berenang di Aik Nyet Sesaot

Berenang adalah salah satu kegiatan yang paling banyak dilakukan wisatawan di sini. Airnya yang jernih dan sejuk, serta kedalaman airnya yang dangkal membuat tempat ini sangat cocok untuk berenang. Selain itu, airnya juga dianggap memiliki khasiat untuk pengobatan berbagai penyakit kulit.

3. Waktu luang keluarga

Tempat ini menjadi pilihan yang cocok untuk rekreasi keluarga. Selain berenang, ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan bersama, seperti bermain air, berfoto, atau piknik. Wisatawan juga bisa membawa makanan dan minuman untuk dinikmati di dekat pemandian.

4. Pengalaman peremajaan jasmani dan rohani

Aik Nyet Sesaot tidak hanya menjadi tempat bersantai dan bermain, tetapi juga dapat memberikan pengalaman penyegaran jasmani dan rohani. Kegiatan di alam dan suara air yang mengalir dapat membantu mengurangi stres dan meredakan ketegangan.

Selain itu, wisatawan dapat merasakan energi positif dari lingkungan yang asri dan alami. Hal ini membuat wisata pemandian alam ini menjadi tempat yang sangat cocok untuk melepas penat dan mendapatkan pengalaman yang tak terlupakan.

Fasilitas yang tersedia

Instalasi Aik Nyet SesaotKredit Gambar: Google Maps Hanya Nurman

Wisatawan yang berkunjung ke Aik Nyet Sesaot tidak perlu khawatir dengan fasilitas yang ada. Fasilitas yang tersedia di tempat pemandian ini cukup memadai seperti tempat parkir bagi wisatawan yang membawa kendaraan pribadi dan warung makan yang menjual makanan dan minuman ringan.

Perlu diingat bahwa tempat pemandian ini berada di desa, sehingga fasilitas yang tersedia tentunya tidak selengkap dan semewah yang ada di kota besar. Namun fasilitas yang ada sudah cukup memadai bagi para wisatawan yang akan ke sana. Oleh karena itu, wisatawan harus menyesuaikan diri dengan fasilitas yang ada.

Banyaknya tempat wisata di Indonesia membuat wisatawan memiliki banyak pilihan untuk berlibur. Aik Nyet Sesaot Lombok merupakan salah satu pilihan liburan yang akan memberikan pengalaman mandi sambil menikmati pemandangan alam yang indah. Selain itu, tempat ini kondusif untuk relaksasi dan waktu keluarga.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button