Menyambut Hari Pembersihan Dunia, Avoskin membersihkan 300 kg sampah - WisataHits
Jawa Barat

Menyambut Hari Pembersihan Dunia, Avoskin membersihkan 300 kg sampah

jakarta – Menyambut Hari Pembersihan Dunia 2022, Avoskin bermitra dengan Greeneration Foundation membersihkan sampah dari Sungai Cipaganti di Kota Bandung pada Sabtu (9/10). Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian River Clean Up Love Avoskin, seri Love Earth yang dibuat oleh Avoskin.

Seperti diketahui, data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) 2020 menyebutkan 80% sampah laut berasal dari daratan. Dari 364,5 ton sampah per hari, 2/3 berasal dari Jawa dan Sumatera yang dibuang ke laut melalui sungai.

Salah satunya adalah Sungai Cipaganti yang kini tercemar sampah dan sampah. Padahal, sungai ini memiliki fungsi sebagai saluran drainase, sumber air sekaligus sebagai daya tarik wisata bagi masyarakat kota Bandung.

Assistant Brand Director & Sustainability Staff Avoskin Vemditha Kriswidjaya Sodiq mengungkapkan bahwa dengan adanya kegiatan ini, Avoskin ingin meningkatkan kesadaran seluruh pemangku kepentingan untuk membantu menyelesaikan permasalahan sampah lingkungan.

“Dalam kegiatan ini kami bekerjasama dengan Greeneration Foundation, anggota Rubi dan pelanggan karena kami ingin kami tidak hanya terlibat langsung, tetapi juga mengajak semua pihak untuk lebih aktif. dengan sengaja dan memiliki semangat yang sama dengan Avoskin untuk membantu menyelesaikan permasalahan sampah lingkungan. Diharapkan kerjasama ini dapat optimal dan berdampak luas bagi masyarakat sekitar,” ujarnya dalam keterangan tertulis.

adv

Foto: dok. avoskin

Sementara itu, Vanessa Letizia, direktur eksekutif Greeneration Foundation, menjelaskan produksi sampah rumah tangga meningkat tajam selama pandemi. Sampah ini kemudian mencemari sungai. Oleh karena itu, melalui kegiatan ini, pihaknya sekaligus ingin mengedukasi masyarakat tentang pengelolaan sampah.

“Selama pandemi, produksi sampah rumah tangga meningkat pesat dan kita bisa melihat dampaknya pada sungai-sungai di sekitar kita. Untuk itulah kami hadir bersama Avoskin, berinisiatif mengedukasi masyarakat secara langsung dengan melakukan kegiatan River Clean Up. Oleh karena itu, “Kami sangat mengapresiasi dukungan Avoskin atas terselenggaranya kegiatan ini untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan isu-isu arus dalam dinamika bertepatan dengan World Clean Up Day 2022,” ungkapnya.

Selain Greeneration Foundation, Avoskin juga mengundang Komunitas Cinta Alam Indonesia (CAI) dalam kegiatan Pembersihan Sungai ini. Sekretaris Komunitas CAI Rima mengapresiasi kerjasama ini.

adv

Foto: dok. avoskin

“Kita perlu banyak kerjasama seperti ini karena masalah sampah di sungai ini tidak hanya milik segelintir orang. Bagi kami, bersama tim Avoskin, teman-teman Avoskin, anggota Rubi dan Yayasan Greeneration sangat perlu melakukan perwujudan lingkungan yang lebih baik. Terima kasih banyak atas undangannya dan kami berharap dapat terus bekerja sama di masa mendatang. Bersiaplah!” katanya.

Pembersihan Sungai Cipaganti berhasil mengumpulkan sampah sebanyak 314,9 kg, terdiri dari sampah organik 88 kg, sampah anorganik berupa plastik yang didominasi PP, multilayer pack dan kain 139,4 kg serta sampah sisa 87,5 kg.

Sementara sampah organik dan anorganik tidak begitu saja dibuang ke TPA, melainkan dipilah dan didaur ulang oleh rekan Yayasan Greeneration yaitu Yayasan Bening Saguling. Sementara itu, limbah sisa dikirim langsung ke TPA untuk dibuang.

adv

Foto: dok. avoskin

Kegiatan ini diikuti oleh 60 peserta, diantaranya 10 perwakilan dari tim Avoskin, 20 teman Avoskin, 15 perwakilan dari Greeneration Foundation dan 15 perwakilan dari komunitas CAI. Kegiatan membersihkan sungai ini tentunya akan meninggalkan kesan yang kuat bagi para peserta yang menghabiskan liburannya dengan melakukan kegiatan yang berdampak positif bagi lingkungan dan masyarakat.

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang kegiatan CSR Avoskin lainnya, kunjungi halaman Instagram Avoskin di @avoskinbeauty.
(iklan/iklan)

Source: news.detik.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button