Pantai Pahawang, Lampung, pesona keanekaragaman hayati yang tersembunyi di Pesawaran - WisataHits
wisatahits

Pantai Pahawang, Lampung, pesona keanekaragaman hayati yang tersembunyi di Pesawaran

Pantai Pahawang, Lampung, pesona keanekaragaman hayati yang tersembunyi di Pesawaran

Pantai Pahawang Lampung memiliki pesona keindahan terumbu karang yang istimewa. Pantas saja pantai eksotis ini disebut lukisan surga!

Harga tiket: Rp30.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: kecamatan Punduh Pidada, Kab. Pesawaran, Lampung; Kasus: Verifikasi lokasi

Baru-baru ini Lampung mendadak viral karena infrastrukturnya dikritik habis-habisan. Sejak itu, orang hanya menunjuk kejadian itu. Namun dibalik kontroversi tersebut, provinsi yang terletak di luar pulau Jawa ini memiliki keindahan bahari yang luar biasa. Salah satu pantai yang terkenal di provinsi ini adalah Pantai Pahawang, Lampung

Terletak di kecamatan Punduh Pidada, pantai pasir putih ini merupakan rumah bagi berbagai biota laut yang sangat indah dan layak untuk dikunjungi. Untuk itu jangan ragu untuk datang ke pantai yang memiliki warna air laut biru kehijauan ini.

Tak hanya pasir putih dan air laut berwarna biru kehijauan, pantai favorit warga Lampung ini ternyata masih menyimpan segudang objek wisata yang wajib dikunjungi. Di bawah ini adalah informasi terlengkap wisata bahari yang berada di kawasan provinsi Lampung ini.

Atraksi yang ditawarkan Pantai Pahawang Lampung

Daya Tarik Pantai Pahawang LampungFoto: Google Maps/Dev

Menjadi kebanggaan Pantai Lampung bukan tanpa alasan. Pantai indah ini sebenarnya memiliki sejumlah daya tarik yang menjadikannya tujuan wisata bahari yang populer. Berikut adalah beberapa daya tarik dari pantai ini:

✦ Keindahan pasir putih

Keindahan pasir putih Pantai Pahawang Lampung memang sudah tidak bisa diragukan lagi. Warna pasirnya yang putih berpadu dengan keindahan alam sekitarnya yang memadukan warna air laut dan perbukitan seolah lukisan langit. Belum lagi sensasi keindahannya saat senja. Pancaran sinar matahari di ufuk dengan guratan warna senja terlihat begitu indah di pelupuk mata.

Dengan keindahan lukisan alam tersebut, pantai istimewa ini bisa menjadi tempat yang tepat untuk beristirahat dan melepas penat dari keseharian. Sekedar duduk di pinggir pantai sambil menikmati keindahan pemandangan atau berjalan-jalan sebentar di pantai adalah hal yang bisa menenangkan pikiran.

✦ Pesona alam utuh

Pantai Pahawang di Lampung menawarkan pemandangan alam yang super spektakuler. Hal ini terlihat dari air lautnya yang masih jernih bahkan cenderung berwarna biru kehijauan. Kontras dengan warna pantainya, hamparan pasir putih bersih berpadu dengan rindangnya pepohonan hijau membuat suasana alam semakin memukau.

Di sisi lain, pantai surga ini terdiri dari beberapa pulau kecil yang bisa dikunjungi. Tak kalah pentingnya, pulau-pulau kecil ini juga menawarkan keindahan pemandangan alam yang super estetik dan menakjubkan. Melihat pemandangan yang indah, suasana damai dan tenang mudah menyeruak dalam jiwa.

✦ Keanekaragaman hayati yang tersembunyi

Tak hanya keindahan alamnya yang begitu mempesona, Pantai Pahawang di Lampung juga terkenal dengan keanekaragaman dan kekayaan biota lautnya. Bentuk terumbu karang yang indah ditambah dengan berbagai jenis ikan tropis menjadikannya surga bagi penggemar snorkeling dan diving.

Terumbu karang pantai eksotis ini sudah lama dikelola langsung oleh dinas kelautan milik pemerintah. Bersama warga setempat, pantai cantik di Lampung ini sudah digarap sejak tahun 2010, sehingga tak heran jika pemandangan bawah lautnya begitu menakjubkan.

Alamat dan rute menuju pantai

Alamat Pantai Pahawang, LampungFoto: Google Maps/Trianto Leksono

Pantai Pahawang Lampung terletak di Kecamatan Punduh Pidada, Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung Selatan. Untuk sampai ke pantai utama, dibutuhkan sekitar 34 kilometer arah barat daya dari kota Bandar Lampung, ibu kota provinsi Lampung. Perjalanan ini akan memakan waktu sekitar 2 jam.

Untuk memudahkan perjalanan Anda, disarankan untuk menggunakan peta atau aplikasi navigasi seperti Google Maps. Dengan bantuan aplikasi ini, rute terbaik dan terdekat ke lokasi pantai utama menjadi lebih mudah ditemukan.

Harga Tiket Masuk Wisata Bahari

Saat memasuki kawasan pantai utama, tentunya akan dikenakan biaya masuk. Namun jangan khawatir karena harga tiket masuk Pantai Pahawang Lampung cukup terjangkau. Hanya dengan biaya Rp 30.000 per orang, pesona keindahan alam sudah bisa dinikmati dengan puas.

Tak hanya biaya masuk ke pantai, harga tiket juga sudah termasuk destinasi wisata Pulau Pahawang yang berada di sekitar pantai. Namun, harga masuk dapat berubah sewaktu-waktu jika kondisi berubah.

Aktivitas seru yang bisa dilakukan

Aktivitas Seru di Pantai Pahawang LampungFoto: Google Maps/Febriansyah

Dengan pesona keindahan alam di sekitar pantai yang sangat asri dan eksotis, tentunya banyak aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pantai Pahawang Lampung. Berikut beberapa aktivitas menarik yang dapat dilakukan di pantai yang menawarkan pemandangan bawah laut yang luar biasa:

1. Snorkeling dan Diving di Pantai Pahawang, Lampung

Karena pemandangan bawah lautnya yang indah, salah satu aktivitas yang menarik untuk dilakukan di Pantai Pahawang, Lampung Selatan adalah snorkeling dan diving. Menjelajahi terumbu karang yang indah dengan berbagai jenis spesies ikan tropis akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan.

Di sisi lain, peralatan snorkeling dan diving bisa dengan mudah didapatkan di kawasan sekitar Pantai Pahawang, Lampung. Umumnya biaya sewa peralatan snorkeling dan diving sekitar Rp 50.000 per set.

2. Navigasi dan perjalanan di pulau-pulau kecil

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Pantai Pahawang Lampung menyuguhkan pemandangan pulau-pulau kecil yang mengelilinginya. Jika Anda ingin melihat pulau indah ini dari dekat, menyewa perahu atau mengikuti tur perahu adalah solusi terbaik. Biasanya perahu kayu yang digunakan berkapasitas 15, 25-35 orang.

Jika ingin menikmatinya sendiri, menyewa private speed boat bisa menjadi solusi. Umumnya biaya sewa speedboat pribadi berkisar antara Rp 600.000 hingga Rp 700.000 dengan waktu tempuh hanya 10-15 menit.

3. Mencicipi makanan laut

Di Pantai Pahawang, Lampung, jangan lewatkan kesempatan mencicipi seafood segar. Pasalnya, pantai istimewa ini juga dilengkapi dengan hidangan seafood segar seperti ikan, udang, kepiting, dan kerang. Dengan bantuan bumbu asli Lampung, perjalanan ke pantai akan semakin lengkap.

Setelah mencicipi seafood super segar ini, menikmati pemandangan alam sambil jalan-jalan di pantai adalah salah satu pemberhentian terbaik. Jika perlu, kegiatan bersepeda juga bisa dilakukan dengan leluasa di sekitar pantai.

Fasilitas yang tersedia di area pantai

Fasilitas di Pantai Pahawang, LampungFoto: Google Maps/Cahyo Aribowo

Layaknya wisata bahari pada umumnya, berbagai fasilitas umum tersedia lengkap di Pantai Pahawang, Lampung. Mulai dari toilet umum hingga tempat ibadah. Berbagai fasilitas lain yang bisa dinikmati adalah persewaan peralatan snorkeling dan diving untuk kapal dan speedboat.

Jika Anda berencana untuk tinggal di area utama, jangan khawatir! Pantai cantik ini juga dilengkapi dengan beberapa jenis penginapan mulai dari hotel hingga homestay. Beberapa warung makan dan restoran di sekitar pantai juga bisa dikunjungi karena menawarkan menu seafood terbaik.

Pantai Pahawang Lampung pada akhirnya merupakan surga tersembunyi yang menawarkan romantisme keindahan bawah laut yang luar biasa. Perpaduan pemandangan alam yang terlihat seperti lukisan alam juga membuat suasana menjadi lebih tenang. Dengan pesona tersebut, pantai istimewa ini menjadi tempat yang ideal untuk menghabiskan liburan dengan cara yang menyenangkan.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button