Pulau Kelapa, sebuah pulau indah dengan biota laut yang luar biasa di Kepulauan Seribu - WisataHits
wisatahits

Pulau Kelapa, sebuah pulau indah dengan biota laut yang luar biasa di Kepulauan Seribu

Pulau Kelapa, sebuah pulau indah dengan biota laut yang luar biasa di Kepulauan Seribu
Biaya kunjungan: Mulai Rp 5.000 Jam operasional: 08.00-17.00 WIB, Alamat: Kabupaten Kepulauan Seribu Utara, Kab. Pemerintah Kepulauan Seribu, DKI Jakarta; Kasus: Verifikasi lokasi

Pulau Kelapa menjadi salah satu destinasi wisata bahari favorit jika berkunjung ke Kepulauan Seribu, Jakarta. Siapa tahu pulau-pulau ini, keindahan alam yang mempesona dengan banyaknya pulau yang masih asri dan jauh dari polusi membuat siapapun yang melihatnya ingin kesana.

Termasuk Anda, bukan? Masih banyak pulau lain yang tak kalah bagus untuk dikunjungi di Kepulauan Seribu. Artikel ini akan membahas salah satu pulau yaitu Pulau Kelapa. Kepulauan Seribu merupakan tempat wisata di Jakarta yang terkenal dengan hiruk pikuk perkotaannya.

Ternyata masih memiliki keindahan alam seperti pulau seribu, ada banyak pantai yang bisa kamu temukan di tempat ini. Sehingga saat liburan atau akhir pekan tiba, tempat ini selalu ramai dikunjungi wisatawan, baik lokal maupun mancanegara.

Atraksi Pulau Kelapa

Atraksi Pulau KelapaKredit gambar: Google Maps Ilham Penta

Bisa dikatakan Pulau Kelapa tidak ada duanya, banyak wisatawan yang berkunjung ke tempat ini hanya untuk menikmati pesona alamnya yang indah. Sebuah tempat yang memiliki nuansa berbeda dengan berbagai aktivitas menarik yang bisa dilakukan.

1. Pesona keindahan yang tiada tara

Salah satu daya tarik pulau ini adalah memiliki pesona keindahan alam yang tiada duanya. Penduduk lokal di sekitar pulau ini juga sangat ramah terhadap para pengunjung yang datang. Mereka menyambut baik turis lokal maupun mancanegara.

Pulau ini juga memiliki pasir yang masih bersih dan berwarna biru, sehingga setiap orang yang melihatnya pasti akan senang. Khususnya bagi warga Jakarta yang ingin refreshing, pulau ini sangat ideal untuk dikunjungi, karena mudah dijangkau dan biayanya juga relatif murah.

2. Memiliki budaya yang unik

Destinasi bahari ini memang sedikit berbeda dengan beberapa pulau lain di Kepulauan Seribu. Tempat wisata ini terletak di sebuah pulau yang secara geografis terletak di sebelah utara pulau Jawa yang jika dilihat dari bentuknya termasuk dalam kawasan perkampungan di pulau Kelapa. Tentunya letak pulau ini memungkinkan adanya perpaduan budaya di pulau tersebut.

Pulau yang dianggap berpenduduk lebih banyak dari pulau-pulau lain ini rata-rata dihuni oleh orang Makassar atau Bugis. Secara budaya, kedua suku ini memang berbeda, jadi jika Anda mengunjungi pulau ini, Anda akan merasa seperti dibawa ke tempat lain yang jauh.

3. Diisi dengan biota laut

Seperti yang kita ketahui, banyak pulau di Kepulauan Seribu yang memang indah dan memiliki pesona alam yang berbeda-beda. Jika di pulau ini saja anda akan dimanjakan selain pasir dan lautnya yang masih biru, anda juga akan bisa melihat banyak biota laut di bawah air.

Hal ini menandakan bahwa Pulau Kelapa masih sangat asri dan airnya masih bersih untuk melihat biota laut di sana. Tidak hanya itu, Anda juga bisa melihat bebatuan yang indah, rumput laut yang bermekaran, dan hutan bakau yang tumbuh di pantai.

3. Pulau Penangkaran Penyu

Daya tarik lain pulau ini dan sedikit berbeda dengan pulau lain di Kepulauan Seribu, pulau ini merupakan tempat penangkaran atau penangkaran penyu. Ini semua dijalankan oleh pemerintah daerah yang mempekerjakan orang-orang di sekitar pulau.

Jadi jika Anda mengunjungi pulau ini dan melepaskan penyu, Anda bisa mencobanya. karena momen ini sangat langka, kalian juga akan bisa mengetahui lebih jauh tentang hewan mirip kura-kura ini. Karena ada guide yang akan menjelaskan tentang penyu.

Alamat dan rute menuju lokasi

Rute menuju Pulau KelapaKredit gambar: Google Maps sri r

Pulau Kelapa terletak di Kepulauan Seribu bagian utara, di Kabupaten Kepulauan Seribu, DKI Jakarta. Jadi, jika Anda berencana untuk berlibur di pulau ini, Anda tidak akan kesulitan dalam hal akomodasi, karena tersedia banyak kendaraan untuk mengantarkan Anda ke tempat wisata yang indah ini.

Padahal, untuk menuju pulau eksotis ini, Anda hanya perlu menyeberang dari Marina Ancol atau pelabuhan Kaliadem. Kemudian dari tempat penginapan atau tempat tinggal Anda, Anda bisa menyewa mobil dengan memilih harga yang murah namun tetap berkualitas.

Namun untuk memudahkan anda, anda bisa menggunakan jasa open travel, karena saat ini sudah banyak sekali yang menyediakan jasa liburan di pulau ini. Nanti tinggal bayar dan dapat paket seperti penginapan, penyeberangan, penginapan dan makan.

Namun untuk menuju pulau ini, Anda harus mengetahui waktu kedatangan kapal penyeberangan agar tidak ketinggalan. Biasanya untuk Pulau Kelapa kapal akan memiliki waktu boarding pada pukul 07:30 WIB-08:00 WIB dan setelah puas berlibur, anda bisa pulang dengan kapal yang berangkat pada pukul 17:00 WIB.

Perkiraan biaya perjalanan ke pulau

Sedangkan untuk biaya atau tiket masuk ke pulau ini per orang hanya perlu membayar biaya yang sangat murah. Karena tidak ada harga yang ditetapkan untuk setiap pulau, bagaimana dengan penduduk setempat.

Namun untuk menuju pulau ini harus menyeberang dengan perahu dan harga sewanya cukup mahal. Harga tiket masuknya hanya Rp 5.000, tapi untuk sewa perahu Rp 200.000 (hari dalam seminggu) dan Rp 250.000 (akhir pekan).

Harga tiket masuk Pulau Kelapa bisa berubah sewaktu-waktu dan tergantung dari jenis kapal yang akan Anda tumpangi. Harga ini juga berlaku untuk wisatawan lokal maupun mancanegara.

Aktivitas Seru Di Pulau Kelapa

Aktivitas seru di Pulau KelapaKredit gambar: Google Maps Upang Tan

Pulau yang memiliki luas 13 hektar ini menawarkan panorama alam yang terlihat jelas hingga ke dasar laut, airnya yang biru jernih dan pasir putihnya yang lembut membuat warna warni terumbu karang menjadi pemandangan langka yang jarang terlihat.

1. Snorkeling dan Menyelam

Jika Anda sedang mencari referensi untuk berlibur, tentu pulau eksotik ini menjadi pilihannya. Dengan tema wisata bahari, resor ini menjadi pilihan yang tepat. Karena pulau ini mampu membiarkan Anda menikmati wisata bahari seperti snorkeling dan diving.

Ada banyak tempat unik dan menarik untuk menikmati wahana air ini, selain menguji adrenalin, Anda juga bisa berkeliling Pulau Kelapa. Tidak hanya itu, Anda juga bisa mengunjungi pulau terdekat lainnya seperti Pulau Putri, Pulau Lumba-Lumba dan lain-lain.

2. Tur Pulau

Bahasa lain untuk island hopping adalah island hopping, di sini kamu bisa berkeliling pulau sambil melihat aktivitas seru yang ada di sekitar. Anda juga bisa mengelilingi pulau menggunakan perahu tradisional milik nelayan.

Beberapa jalur island hopping yang bisa dikunjungi adalah Pulau Bulat, Pulau Bira Besar dan Pulau Perak. Tentunya mengunjungi pulau-pulau kecil tak berpenghuni seperti ini akan membuat liburan Anda jauh lebih sulit.

3. Nikmati masakan khas

Kegiatan lain yang bisa kamu lakukan dan tidak boleh dilewatkan adalah wisata kuliner, ada banyak kuliner khas Jakarta yang bisa dicicipi. Seperti puk cue, sambal branyut, kue maco, sengkulun dan bom atom. Makanan terkenal di Pulau Kelapa ini juga relatif murah.

Bagi Anda yang menyukai seafood, Anda juga bisa mengunjungi warung seafood terkenal di Pak Harun. Jangan lupa untuk makan di sini jika Anda datang ke pulau ini.

Fasilitas yang tersedia

Memasang Pulau KelapaKredit gambar: Google Maps Arif Prakoso

Sebagai pulau dengan jumlah penduduk yang besar, pulau ini tentunya dilengkapi dengan fasilitas yang memadai. Oleh karena itu, pulau ini juga cocok sebagai destinasi wisata keluarga.

Terdapat beberapa fasilitas penunjang wisata di Pulau Kelapa seperti ATM, kios souvenir, sarana musala berupa mushola, area selfie, warung makan, area Wi-Fi, dan tempat persewaan peralatan diving.

Demikian ulasan menarik tentang Pulau Kelapa yang menawan di gugusan Kepulauan Seribu. Berkunjung bersama rombongan keluarga atau teman tentunya memberikan keseruan tersendiri. Selamat berlibur!

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button