Pantai Karang Paranje, pantai pasir hitam yang mirip dengan Tanah Lot Bali di Garut - WisataHits
wisatahits

Pantai Karang Paranje, pantai pasir hitam yang mirip dengan Tanah Lot Bali di Garut

Pantai Karang Paranje, pantai pasir hitam yang mirip dengan Tanah Lot Bali di Garut

Pantai Karang Paranje adalah pantai pasir hitam yang eksotis di Garut. Pantai ini sekilas mirip dengan Tanah Lot Bali karena memiliki karang di pantainya.

Harga tiket: Rp5.000 Jam operasional: 24 jam, Alamat: Karyasari, Kec. Cibalong, Kab. Garut, Jawa Barat; Kasus: Verifikasi lokasi

Kabupaten Garut memiliki beberapa pantai yang menarik untuk dikunjungi. Saking menariknya, pantai ini selalu ramai dikunjungi wisatawan. Namun, diantara pantai-pantai menarik tersebut ada satu pantai yang belum banyak dijelajahi oleh wisatawan. Pantai tersebut adalah Pantai Karang Paranje.

Yang pernah ke sini bilang pantai ini mirip dengan Tanah Lot di Bali. Kemiripan ini tercipta karena pantai ini memiliki batu karang yang di atasnya berdiri sebuah gazebo yang dari kejauhan tampak seperti pura. Pantai Karang Paranje Garut sendiri merupakan pantai berpasir hitam dengan deretan karang di tepiannya.

Selain memiliki pemandangan yang indah, pantai ini juga menyimpan beberapa legenda yang menarik. Nama Paranje Coral sendiri bisa diartikan sebagai sangkar karang. Masyarakat setempat percaya bahwa karang di pantai ini merupakan kandang atau tempat berkembang biak hewan yang tidak terlihat.

Atraksi yang ditawarkan Pantai Karang Paranje

Atraksi Pantai Karang ParanjeFoto: Google Maps/Asep Harpani

Di antara pantai-pantai populer di Garut, Pantai Karang Paranje tidak seramai pantai lainnya. Memang pantai ini memiliki daya tarik wisata yang tidak kalah menarik dengan pantai-pantai lain di kabupaten ini. Hal menarik apa saja yang bisa wisatawan temukan di pantai Garut ini?

✦ Pasir hitam berkilau

Pantai pasir hitam Karang Paranje bukan sembarang pasir. Pasirnya terlihat berkilauan saat terkena sinar matahari. Kilau ini berasal dari kandungan besi pasir. Beberapa tahun lalu, pasir besi di pantai indah ini sempat ditambang oleh perusahaan asing.

Namun, banyak penduduk setempat yang tidak setuju dengan hal ini. Kontroversi tersebut mengakibatkan konflik antara mereka yang setuju dan mereka yang tidak setuju. Menurut sejarah, konflik ini memakan korban. Akhirnya pihak yang menentang penambangan menang dan penambangan pasir besi tidak jadi dilakukan. Sejauh ini pantainya masih terlihat alami dan asri.

✦ Laut biru dengan ombak besar

Ketika wisatawan mengunjungi pantai yang indah ini, mereka akan menemukan lautan biru yang sangat luas. Karena pantai ini menghadap Samudera Hindia, maka tak heran jika ombak lautnya cukup besar. Saat air pasang, ombaknya sangat indah saat menabrak karang.

Meski wisata pantai ini memiliki beberapa karang di tepi pantainya, namun tebing-tebing tersebut tidak menghalangi wisatawan untuk memandang ke laut lepas. Perpaduan birunya air laut dan putihnya ombak di pantai ini sungguh indah dan memanjakan mata. Keindahan ini akan semakin megah saat senja.

✦ 7 batu

Pantai ini memiliki 7 batu besar. Semua batuan ini terletak berjejer sehingga tampak menyatu jika dilihat dari kejauhan. Salah satu bebatuan ini indah dan hijau dengan tumbuh-tumbuhan. Di samping rerimbunan tanaman ini, terdapat sebuah gazebo.

✦ Cerita rakyat penuh misteri

Di balik keberadaan tujuh karang di atas, terdapat cerita rakyat yang penuh misteri. Masyarakat setempat percaya bahwa Nyi Roro Kidul memelihara ternaknya di karang atau menggunakannya sebagai kandang ternak. Oleh karena itu, warga percaya bahwa mereka harus berperilaku sopan dan baik hati di atas atau di sekitar bebatuan tersebut.

Sumber lain mengatakan batu itu pernah menjadi tempat persembunyian seorang putri dengan ayam jantan kesayangannya. Sang putri bersembunyi di batu ini karena raja ingin menikahinya. Namun, sang putri tidak menginginkan perjodohan. Setelah semalaman bersembunyi, gadis ini ditemukan bersama kandang ayam di pagi hari.

✦ Tradisi Ngala Lauk

Hal menarik lainnya dari pantai Karang Paranje adalah tradisi Ngala Lauk, yaitu tradisi menangkap ikan saat musim kemarau yang dilakukan oleh sebagian warga setempat. Namun, warga di luar daerah juga bisa mengikuti tradisi ini. Ada beberapa aturan unik yang harus diikuti untuk mengikuti tradisi ini.

Pertama, ikan yang ditangkap adalah ikan bersirip hijau. Selain itu, kegiatan ini berlangsung pada malam hari hingga dini hari. Aturan terakhir adalah ikan yang didapat tidak bisa dijual. Ikan ini hanya bisa dimakan sendiri atau dibagi dengan orang lain. Dalam tradisi ini, warga biasanya membawa jaring, kayu bakar, dan keranjang.

Alamat, lokasi rute dan tiket masuk

Alamat Pantai Karang ParanjeFoto: Google Maps/Asep Iwan Setiawan

Pantai Karang Paranje terletak di kecamatan Cibaling, Garut, tepatnya di desa Karyasari. Pantai indah ini berada jauh dari pusat kota Garut, yakni sekitar 90 km atau tiga setengah jam perjalanan. Namun akses jalan menuju pantai ini cukup baik. Dengan demikian, perjalanan wisatawan ke pantai ini nyaman dan cepat.

Beberapa rute bisa ditempuh untuk sampai ke pantai indah ini. Jika wisatawan berangkat dari kota Garut harus melewati Cileunyi, Garut, Cikajang, Pameungpeuk dan Karang Paranje, Jawa Barat. Jika Anda datang dari Bandung, rutenya adalah Bandung, Pangalengan, Cisewu, Rancabuaya dan Karang Paranje.

Liburan di pantai Karang Paranje merupakan liburan yang murah meriah. Harga tiket masuk pantai ini hanya Rp 5.000 per orang dan biaya parkir kendaraan berkisar Rp 5.000 hingga Rp 10.000. Destinasi bahari ini buka setiap hari dari pagi hingga sore hari. Dengan demikian, wisatawan bebas mengunjunginya kapan saja.

Aktivitas seru yang bisa dilakukan

Aktivitas seru di pantai Paranje KarangFoto: Google Maps/Johan Andreas

Selain menawarkan panorama yang indah, Pantai Karang Paranje juga menawarkan aktivitas yang menarik untuk dilakukan. Kegiatan-kegiatan tersebut dijamin akan membuat liburan Anda semakin berkesan. Namun, perlu diingat bahwa wisatawan tidak disarankan untuk berenang atau mandi di pantai ini karena ombaknya yang besar. Jadi apa yang bisa kita lakukan di sini?

1. Bermain air di karang Paranje

Meski ombak laut di Pantai Karang Paranje terlalu berbahaya untuk berenang, wisatawan tetap bisa bermain air di pantai cantik ini. Kegiatan bermain air ini sebaiknya dilakukan di tempat yang aman, seperti di dekat karang. Dengan demikian, wisatawan terlindungi dari hembusan ombak langsung.

2. Mendaki

Saat air laut surut di Pantai Karang Paranje, wisatawan bisa memanjat ke atas batu karang. Dari sini, pemandangan laut semakin indah. Sambil menikmati panorama, mereka bisa beristirahat di belvedere. Selain menikmati pemandangan, di karang ini mereka juga bisa menikmati deburan ombak yang menghempas karang dan basah kuyup.

3. Perburuan Matahari Terbenam

Bagi wisatawan yang gemar mengejar sunset di pantai, wajib mengunjungi Pantai Karang Paranje pada sore hari. Saat senja, pantai ini semakin indah dengan siluet karang, langit jingga, dan air laut yang memantulkan warna yang sama. Pemandangan ini semakin sempurna dengan adanya burung laut yang terbang.

4. Berburu Foto

Aktivitas lain yang bisa dilakukan di pantai eksotis ini adalah berfoto. Di pantai pasir hitam ini tidak ada spot foto selfie. Namun, spot foto yang natural sudah cukup membuat hasil foto menjadi indah. Contoh spot foto ini adalah di atas batu karang, dasar karang dan lookout di kejauhan, serta laut lepas.

5. Memancing

Wisatawan yang suka memancing harus mencoba memancing di pantai yang indah ini. Salah satu tempat mancing yang paling menjanjikan adalah di karang. Saat memancing, wisatawan bisa bertemu dengan nelayan setempat. Selain itu, banyak juga nelayan lokal yang mencari nafkah dengan menangkap lobster dan ikan.

Fasilitas yang tersedia di area pantai

Fasilitas Pantai Karang ParanjeFoto: Google Maps/Aldi Firman

Saat ini fasilitas wisata di Pantai Karang Paranje masih tergolong sederhana. Hal ini karena pihak pengelola belum bisa menambah fasilitas lain untuk menarik wisatawan.

Saat datang ke sini, wisatawan akan menjumpai fasilitas wisata berupa toilet, tempat parkir, mushola, gazebo, penginapan, warung wisata, dan aula.

Pantai Karang Paranje merupakan pantai yang masih cukup sepi pengunjung. Namun, pantai indah ini justru memiliki pesona yang unik. Salah satunya adalah batu karang di tepi laut yang dilengkapi gazebo. Batu karang inilah yang membuat pantai ini terlihat seperti Tanah Lot di Bali.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button