Tips aman berkendara ke destinasi outdoor - WisataHits
Jawa Barat

Tips aman berkendara ke destinasi outdoor

Medan jalan yang berkelok-kelok membutuhkan bantuan kendaraan yang mumpuni.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Salah satu tempat obat Alam terbuka yang menjadi pilihan warga Jakarta adalah kawasan Puncak, Bogor. Puncak berjarak sekitar 90 km dan memakan waktu sekitar dua jam perjalanan dari ibu kota.

Medan jalan yang cukup ekstrim, berkelok-kelok, tanjakan terjal dan jalan sempit membutuhkan bantuan kendaraan yang mumpuni dan keterampilan berkendara yang handal.

Produsen ban asal Korea Selatan Hankook Tire menawarkan beberapa tips berkendara yang aman bagi para pengemudi yang ingin melakukan perjalanan ke destinasi outdoor.

Berikut empat tips yang bisa Anda lakukan sebelum merambah wisata outdoor, dikutip dari siaran pers yang diperoleh:


Periksa kendaraan sebelum keberangkatan

Menurut Kementerian Perhubungan (Kemenhub), 9 persen kecelakaan disebabkan faktor teknis kendaraan. Pengemudi disarankan untuk memeriksa mesin kendaraan, kondisi air radiator, dan tekanan ban. Tekanan ban yang ideal adalah sekitar 32 hingga 35 psi (per inci persegi).

Waktu untuk memompa ban mobil sebaiknya dilakukan pada saat ban dalam keadaan dingin. Ketika ini terjadi saat ban panas, tekanan udara meningkat dan terjadi pemuaian, menyebabkan ban kehilangan udara.

Periksa juga apakah ada benda atau batu kecil yang menempel di ban agar kendaraan tidak selip saat melaju.

National Sales Manager Passenger Car Radial PT Hankook Tire Sales Indonesia Apriyanto Yuwono mengingatkan ban merupakan komponen penting saat melakukan perjalanan. Ban bertindak sebagai penggerak, membawa beban dan membantu stabilitas saat melintasi medan yang berbeda.

“Ban kempes atau bocor merupakan salah satu pemicu kecelakaan yang sering terjadi di Indonesia. Jadi pastikan Anda memilih ban yang tepat dan memeriksa kendaraan secara menyeluruh sebelum berkendara,” kata Apriyanto.


Tentukan beban kendaraan

Untuk kendaraan jenis MPV atau SUV disarankan maksimal membawa 8 orang termasuk pengemudi dengan berat maksimal 3.500 kg. Kombinasi kode angka dan huruf dapat dilihat pada ban yang menunjukkan indeks beban per ban mobil.

Kendaraan yang kelebihan beban sering mengakibatkan ban meledak dan rem blong karena tekanan yang bekerja pada ban lebih besar, sehingga menimbulkan gesekan yang melebihi kapasitas ban.


Buat perkiraan jarak yang akan ditempuh

Mengetahui jarak tempuh, Anda bisa mempersiapkan kebutuhan bahan bakar, kondisi ban, tool kit dan perlengkapan darurat lainnya. Ban secara khusus membutuhkan karakteristik ban dengan desain tapak yang lebih kasar dan lebih elastis agar berkendara lebih aman dan nyaman melewati berbagai jenis medan. Ban harus memiliki kemampuan pengereman yang baik di kondisi jalan basah maupun kering.


tetap fokus

Menurut Departemen Perhubungan, 61 persen kecelakaan disebabkan oleh faktor manusia. Oleh karena itu, hindari penggunaan ponsel, multitasking, dan aktivitas lainnya.

Selain itu, hindari rasa kantuk dalam berkendara dan istirahat yang cukup, serta hindari konsumsi obat-obatan yang dapat menyebabkan lemas saat berkendara.

Sumber: antara

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button