Pulau Hoga Wakatobi, destinasi wisata bahari yang sangat indah dan menawan - WisataHits
wisatahits

Pulau Hoga Wakatobi, destinasi wisata bahari yang sangat indah dan menawan

Biaya kunjungan: Mulai dari Rp150.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Ambeua Raya, Kec. Kaledupa, Kab. Wakatobi, Sulawesi Tenggara; Kasus: Cek lokasi

Pulau Hoga merupakan bagian dari gugusan Kepulauan Wakatobi yang memiliki keindahan bawah laut kelas dunia. Wisatawan yang berkunjung ke pulau ini tidak hanya penduduk lokal, tetapi juga orang asing, terutama dari Amerika dan Eropa. Biasanya banyak turis datang dari bulan Maret hingga September.

Pulau cantik ini memang cukup terpencil, namun memiliki keindahan yang tidak kalah dengan pulau-pulau terkenal lainnya di dunia. Dengan alamnya yang tropis, pulau yang merupakan bagian dari Kabupaten Wakatobi ini menawarkan ketenangan bagi pengunjungnya. Keindahannya selalu terjaga dengan baik karena tidak banyak tangan manusia yang merusak keindahannya.

Keindahan bawah laut Pulau Hoga juga sayang untuk dilewatkan. Anda akan dengan mudah menemukan berbagai jenis terumbu karang dan biota laut. Oleh karena itu, pulau ini menjadi tujuan para pecinta snorkeling dan diving. Pulau berpasir putih ini juga menikmati sinar matahari yang hangat, menjadikannya tempat yang tepat untuk bersantai di bawah sinar matahari.

Atraksi Pulau Hoga

Atraksi Pulau HogaKredit gambar: Instagram.com @devioctaviani87

1. Lanskap

Pulau Hoga memiliki pemandangan alam yang sangat indah. Dengan pasir putih yang halus, laut yang biru juga bersih dan jernih. Dari pantai saja, wisatawan bisa melihat terumbu karang karena sinar matahari bisa menembus ke dasar perairan dangkal. Pantai ini juga menjorok lima hingga sepuluh meter ke laut, yang menambah keindahannya.

Jika Anda datang pada bulan Oktober hingga pertengahan September, kondisi alam di pulau ini sangat bersahabat. Jarang hujan, tapi juga teduh. Langit biru yang cerah juga akan menambah keindahan alamnya. Jika Anda menyelam Anda juga akan dapat melihat keindahan matahari terbenam serta bintang-bintang yang terlihat jelas di langit malam.

Beberapa bulan banyak telur akan datang ke Pulau Hoga untuk bertelur. Jika wisatawan beruntung, berkunjung ke pulau ini mungkin juga berkesempatan melihat hewan langka ini saat bertelur dalam jarak yang cukup dekat. Wisatawan jelas tidak boleh mengganggu hewan langka ini karena dilindungi, tetapi melihat penyu dari dekat menjadi daya tarik tersendiri.

2. Keindahan Bawah Laut

Daya tarik yang menjadi alasan banyak turis bahkan datang dari luar negeri adalah karena keindahan bawah lautnya. Ada 29 titik penyelaman yang tersebar di seluruh perairan Wakatobi, termasuk di sekitar perairan Pulau Hoga. Bahkan pengunjung tidak perlu menyelam terlalu dalam untuk melihat terumbu karang di perairan dangkal.

Pulau eksotis ini memiliki 750 karang khusus di antara sekitar 850 karang di dunia, sehingga sangat beragam. Berbagai jenis ikan dan kuda laut kecil juga hidup di sana. Sekitar 83 jenis ikan cantik dan berwarna-warni siap menemani wisatawan menyelam ke laut jernih Kepulauan Wakatobi.

3. Bangunan tradisional

Selain pesona keindahan alamnya, Pulau Hoga juga menawarkan bangunan tradisional yang khas. Banyak wisatawan yang menjadikannya sebagai tempat fotografi karena keunikannya. Keunikan bangunan tradisional ini juga menarik banyak wisatawan asing yang ingin melihatnya secara langsung. Selain itu, penduduk setempat biasanya menawarkan berbagai layanan wisata kepada wisatawan ini.

Alamat dan rute menuju lokasi pulau

Itinerary ke Pulau HogaKredit gambar: Twitter.com @mapalacadascom

Pulau Hoga terletak di kepulauan Wakatobi. Kenyamanan perjalanan yang perlu Anda lakukan untuk sampai ke pulau ini tergantung dari mana Anda memulai. Jika anda datang dari Jakarta, anda dapat terbang menuju bandara Haluoleo di kota Kendari, kemudian perjalanan dilanjutkan ke kota Bau-bau, kemudian menuju pulau Wangi-wangi menggunakan speed boat.

Perjalanan ini akan memakan waktu 4 jam sebelum mencapai tujuan akhir Anda yaitu Kabupaten Wakatobi di Sulawesi Tenggara. Dari Wakatobi, Anda bisa langsung menuju pulau cantik ini. Anda bisa menyewa speedboat di Dermaga Wanci, Kabupaten Wakatobi. Hanya untuk waktu tempuh perjalanan, memakan waktu sekitar 2 jam perjalanan.

Perkiraan biaya perjalanan ke pulau

Biaya untuk Pulau HogaKredit gambar: Google Maps (Zakariya Arif)

Tidak ada tiket masuk ke Pulau Hoga Wakatobi. Sedangkan untuk biayanya sendiri tergantung dari mana Anda berangkat. Jika Anda datang dari Makassar, Anda bisa menggunakan PO bus seharga Rp100.000 hingga Rp350.000 untuk mencapai kota Kendari. Kemudian menuju ke Pulau Wakatobi dengan tiket mulai dari Rp 67.000 hingga Rp 200.000.

Jika sudah sampai di Wakatobi, Anda bisa menyewa speedboat untuk menuju pulau tersebut. Tarifnya sekitar Rp150.000. Jika Anda tidak ingin bermalam, lebih baik kembali sebelum gelap. Namun, jika ingin bermalam, ada banyak penginapan dengan harga rata-rata Rp 150.000 per malam.

Aktivitas Seru yang Dapat Dilakukan di Pulau Hoga

Aktivitas di Pulau HogaKredit gambar: Google Maps (Juli Gunawan)

Berada di Pulau Hoga, Anda bisa melakukan berbagai aktivitas yang menyenangkan. Liburan Anda pasti tidak akan membosankan jika mengunjungi pulau ini. Tidak hanya wisatawan lokal tetapi juga wisatawan asing banyak menghabiskan waktu melakukan berbagai aktivitas di salah satu pulau yang ada di kawasan Taman Nasional Wakatobi.

1. Snorkeling atau menyelam

Kegiatan ini jangan sampai terlewatkan. Keindahan dasar laut menjadi daya tarik yang sangat besar bagi pulau ini, sehingga menjadi tempat yang wajib dikunjungi oleh para pecinta snorkeling atau diving. Selain itu, di kawasan pulau ini juga tersedia persewaan peralatan untuk olahraga air ini. Anda tidak perlu repot membawa perlengkapan dari rumah.

Ada banyak spot menyelam yang menarik untuk dicoba. Anda dapat menggunakan jasa pemandu untuk membantu Anda menemukan tempat yang tepat. Dengan kegiatan ini Anda akan dapat melihat sendiri ratusan jenis terumbu karang dan ekosistemnya yang masih terjaga keindahannya. Jangan lupa untuk membawa kamera anti air agar bisa berfoto saat menyelam.

2. Berenang

Jika Anda tidak ingin menyelam, Anda juga bisa berenang di perairan dangkal atau di tepi pantai. Ombak di perairan Pulau Hoga sangat tenang, jadi anda bisa berenang dengan aman, hati-hati saja jika ada kapal yang lewat. Apalagi air lautnya sangat jernih sehingga Anda bisa melihat terumbu karang yang menawan tanpa harus menyelam terlalu dalam.

3. Jelajahi pulau

Aktivitas lain yang tak kalah seru dari aktivitas bahari adalah penemuan pulau. Tidak hanya keindahan pantai dan lautnya, pulau ini juga memiliki hutan yang masih alami. Banyak semak dan pohon tumbuh di sana. Anda dapat berjalan dan berjalan-jalan di sana. Namun jika Anda tidak mengetahui rutenya, ada baiknya Anda menggunakan jasa pemandu.

4. Bersantai

Anda bisa bersantai di area pulau ini. Suasana asri dan khas pantai menjadi tempat istirahat dari aktivitas sehari-hari kota. Pulau ini tidak bising dan jauh dari polusi udara. Anda bisa menenangkan pikiran dan mengistirahatkan tubuh sambil merasakan segarnya udara. Ditambah dengan suara deburan ombak di pantai, rasanya semakin nyaman.

Akomodasi murah terdekat

Akomodasi di dekat Pulau HogaKredit gambar: Agoda.com

1. Hoga Homestay

Hostel ini terletak di pulau Hoga. Dengan harga yang cukup terjangkau, Anda akan ditampung dalam bentuk rumah panggung kayu. Daerah sekitar sangat indah dengan pepohonan. Fasilitas hostel ini berupa restoran. Selain itu, ada fasilitas lain seperti teras, area merokok dan bebas rokok, layanan binatu, dll.

2. Penyelam Wakatobi

Hostel ini juga terletak di pulau yang termasuk dalam kawasan Taman Nasional Wakatobi. Fasilitas yang disediakan oleh hostel ini cukup memadai. Anda mendapatkan Wi-Fi berkecepatan tinggi gratis, sarapan, layanan binatu, kamar bebas rokok, dan transportasi bandara.

3. Hoga Dive Inn

Terletak di Kaledupa, hostel ini menawarkan fasilitas berupa AC, WiFi, dan juga restoran. Anda juga bisa menyelam atau snorkeling di hostel ini. Ini adalah akomodasi yang sangat direkomendasikan, jadi pesanlah kamar terlebih dahulu karena seringkali penuh.

Fasilitas yang tersedia di Pulau Hoga Wakatobi

Fasilitas di Pulau HogaKredit gambar: Google Maps (Andrika P.)

Pulau Hoga memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Kebutuhan Anda seperti restoran, persewaan alat snorkeling atau diving, serta akomodasi sudah ada di sekitar pulau. Dengan fasilitas tersebut, pengunjung dapat berlibur dengan nyaman.

Jika Anda memiliki uang jajan lebih, Anda juga bisa meminta jasa wisata kepada penduduk setempat yang bisa Anda coba. Penduduk setempat akan membantu Anda menemukan tempat untuk bersantai dan berpetualang di sudut-sudut pulau ini.

Sudah banyak homestay di sekitar pulau milik penduduk lokal yang dikelola oleh Operation Wallacea. Pengelolaan ini bertujuan untuk memberdayakan masyarakat dan meningkatkan perekonomian. Asrama berupa rumah panggung kayu yang memberikan suasana khas pantai, namun sayang air tawar dan listrik terbatas.

Pulau Hoga merupakan pulau yang sayang untuk dilewatkan jika Anda berada di Wakatobi. Memiliki keindahan bawah laut yang sangat indah, pulau ini juga menawarkan berbagai aktivitas yang sangat seru dan menyenangkan. Berada di pulau ini, Anda bisa menyegarkan pikiran dari hiruk pikuk kota dan menemukan pengalaman baru liburan Anda.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button