Pulau Hoga, Wisata Bahari Eksotis Kaya Pesona di Wakatobi - WisataHits
wisatahits

Pulau Hoga, Wisata Bahari Eksotis Kaya Pesona di Wakatobi

Biaya kunjungan: Mulai dari Rp150.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Ambeua Raya, Kec. Kaledupa, Kab. Wakatobi, Sulawesi Tenggara; Kasus: Cek lokasi

Pulau Hoga di Wakatobi adalah rumah bagi begitu banyak keindahan bawah laut. Karena pulau ini terletak di antara kepulauan Tukang Besi, sudah terkenal dengan keanekaragaman terumbu karangnya. Pengunjung akan dibawa ke surga dunia yang terletak di Sulawesi Tenggara. Hamparan pasir putih juga membuat pulau ini begitu istimewa di kalangan wisatawan.

Hal ini juga diperjelas karena pulau ini tidak hanya dikunjungi oleh wisatawan lokal. Namun oleh wisatawan asing yang juga memiliki ketertarikan yang besar terhadap keindahan pulau tersebut.

Atraksi Pulau Hoga

Atraksi Pulau HogaKredit Gambar: Google Maps Hiu Besar Merah Muda

Pulau cantik ini secara geografis terletak di sebelah timur Kaledupa, Kabupaten Wakatobi, Provinsi Sulawesi Tenggara. Memiliki kekayaan bawah laut yang begitu indah, membuat pulau ini menjadi incaran banyak wisatawan.

1. Terumbu karang yang menakjubkan

Sebagai tempat yang berhasil menarik banyak wisatawan, keindahan pulau ini tentu saja tak terbantahkan. Karena terumbu karang yang hidup disana sangat beragam.

Dari terumbu karang kecil hingga yang menjulang tinggi, pengunjung bisa menemukannya di sini. Selain itu, Pulau Hoga juga memiliki banyak jenis ikan yang hidup di antara terumbu karang.

Pengunjung bisa langsung melihat terumbu karang yang indah. Ini bisa dilakukan dengan berenang, tetapi juga dengan menyelam.

2. Pasir putih yang indah

Karena terletak di antara gugusan pulau di Indonesia bagian timur, pulau ini selalu indah. Warga dan pemerintah daerah juga terus menjaga ekosistem agar tetap lestari.

Terbukti dengan pasir putih yang mengarah ke arah pantai. Butiran pasir putih adalah tanda bahwa daerah sekitarnya sedang dijaga kebersihannya.

Vegetasi yang hidup di sekitar pantai juga membantu menyaring kotoran. Sedangkan pasir di daerah ini telah melewati beberapa saringan.

3. Memiliki banyak jenis ikan

Daya tarik lain yang dimiliki Pulau Hoga adalah keanekaragaman jenis ikan yang hidup di sana. Ikan ini dapat hidup dengan nyaman karena didukung oleh kondisi sekitarnya.

Terumbu karang yang menjadi rumah bagi ikan telah berhasil menarik berbagai jenis ikan untuk tinggal di sana. Juga karena ikan di daerah ini tidak diburu secara membabi buta.

Peran masyarakat yang sadar akan pentingnya keanekaragaman hayati harus dicontoh. Karena bisa membuat pengunjung lebih betah untuk berlama-lama menginap di pulau ini.

4. Melambaikan telapak tangan

Objek wisata milik Pulau HogaKredit gambar: Google Maps Andrika P.

Daerah sekitar pulau memiliki suasana yang menawan dengan pepohonan kelapa yang mengelilingi pulau. Itu bisa membuat siapa pun merasa nyaman saat berada di bawahnya.

Pengunjung tidak akan bosan di pulau ini. Karena pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan pohon kelapa yang melambai.

Suara deburan ombak dan lambaian pohon kelapa akan membuat semua orang betah. Lebih dari itu, pengunjung juga bisa memanfaatkan pohon kelapa sebagai tempat berteduh dari terik matahari.

5. Keindahan Senja Sore

Seperti kebanyakan pantai, Pulau Hoga juga merekam keindahan sore hari. Pengunjung akan dibuat takjub dengan senja yang menyapa Anda.

Bagaimana tidak, dengan letak pulau yang bagus. Pulau ini mampu memberikan pemandangan sunset yang tak terhalang.

Pengunjung tidak perlu khawatir jika matahari akan tertutup rintangan seperti pulau-pulau lainnya. Karena pantai pulau ini membentang sepanjang jalan.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pulau HogaKredit Gambar: Google Maps Zakariya Arif

Untuk menuju Pulau Hoga, pengunjung harus menempuh perjalanan melalui udara menuju Sulawesi Utara. Kemudian, pengunjung dapat melanjutkan perjalanan melalui jalur laut atau udara menuju Bandara Wakatobi di Sulawesi Tenggara.

Begitu sampai di Wakatobi, pengunjung bisa menyewa perahu dari warga sekitar untuk berwisata ke Pulau Kaledupa. Setelah itu, pengunjung dapat kembali ke kapal lain di area pulau.

Jarak Kaledupa dan Hoga relatif jauh. Namun pengunjung tidak perlu khawatir, karena pemandangan yang disajikan di sepanjang perjalanan sangat indah. Setibanya di Pulau Hoga, pengunjung dapat melakukan reservasi akomodasi. Atau bawa perlengkapan milik pengunjung Anda sendiri untuk menginap.

Untuk bisa menikmati semua keindahan yang ada di Pulau Hago, pengunjung tidak perlu membayar. Pengunjung hanya perlu merogoh kocek untuk penginapan dan penginapan.

Biaya perjalanan berbeda untuk setiap orang. Hal ini bisa terjadi karena beberapa bulan lagi Pulau Hago Wakatobi akan ramai dikunjungi wisatawan.

Oleh karena itu, pengunjung harus mengetahui tanggal yang baik untuk datang. Idealnya, Januari hingga April adalah waktu luang yang bisa dimanfaatkan pengunjung untuk berkunjung.

Sedangkan pada bulan-bulan di luar, biasanya wisatawan berbondong-bondong datang. Entah itu hanya untuk berlibur, atau untuk aktivitas bawah laut.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di pulau Hoga Pulau

Aktivitas di Pulau HogaKredit gambar: Instagram

1. Berenang di laut

Sebagai salah satu pulau yang kaya dengan biota laut terindah di dunia. Tentunya akan sangat disayangkan jika pengunjung tidak memanfaatkan fasilitas tersebut.

Pengunjung bisa berenang di lepas pantai atau di area sekitar pantai untuk menghindari ombak yang tinggi. Pengunjung juga bisa menyewa pelampung dari warga sekitar.

Airnya yang jernih dan garis pantai yang panjang membuat pengunjung betah untuk berenang. Juga karena ombak di daerah ini tidak terlalu tinggi.

2. Menyelam dan snorkeling

Karena terumbu karang di Pulau Hoga sangat indah. Pastikan pengunjung dapat menikmatinya secara langsung.

Pengunjung dapat membawa peralatan snorkeling sendiri. Atau Anda dapat menyewa peralatan dari balai konservasi laut di pulau yang indah ini.

Keindahan terumbu karang pulau ini tentu sayang untuk dilewatkan. Karena kapan lagi pengunjung bisa melihat kekayaan bawah laut secara langsung jika tidak di pulau ini.

3. Nikmati kelapa muda

Kegiatan menarik di Pulau HogaKredit Gambar: Instagram Siti Maryam

Karena pohon kelapa di kawasan ini bisa tumbuh bebas dan tersebar luas. Dengan demikian, masyarakat setempat juga memanfaatkannya sebagai sumber pendapatan.

Pengunjung bisa menikmati kesegaran kepala air muda langsung dari pohonnya. Warga akan memilihnya khusus untuk pengunjung.

Pengunjung juga bisa mengambilnya secara langsung. Dengan catatan pengunjung mendapat izin dari pemiliknya.

4. Memancing di laut

Untuk memancing di Pulau Hoga, pengunjung harus mendapatkan izin terlebih dahulu. Hal ini dilakukan untuk mencegah ikan-ikan yang tinggal di sekitarnya tidak ditangkap secara berlebihan.

Pengunjung dapat membawa peralatan memancing sendiri. Kemudian bergabunglah dengan kapal dan nikmati aktivitas memancing di lepas pantai.

Pengunjung juga bisa memancing di area sekitar pantai. Berdiri di atas pembatas bangunan juga bisa menjadi hal yang istimewa.

Akomodasi termurah yang paling dekat dengan pulau

Akomodasi di dekat Pulau HogaKredit gambar: Google Maps Fitria Purnamasari

1. Kompleks Naya Matohara

Hostel ini memiliki banyak fasilitas untuk kesenangan pengunjung. Salah satunya adalah sarapan, Wi-Fi dan parkir gratis, serta kamar ber-AC. Selain itu, hostel ini juga terhubung dengan banyak jalan-jalan wisata. Mulai dari Gua Air Konthalame, Pantai Cemara dan juga Pantai Molii Sahatu.

Pengunjung akan diuntungkan dengan fasilitas lain berupa perahu yang siap mengantar pengunjung berkeliling pulau dengan pemandu. Selain itu, tersedia juga antar jemput bandara.

2. Hotel Mangrove Inn

Juga, ada hotel yang sangat dekat dengan Pulau Hoga. Hotel ini memiliki banyak fasilitas seperti kamar yang nyaman, Wi-Fi dan sarapan gratis, serta layanan pelanggan 24 jam. Hotel ini juga memiliki fasilitas lain berupa shuttle bus. Pengunjung dapat menghubungi pihak hotel untuk fasilitas ini.

Selain itu, pengunjung juga akan dimanjakan dengan pemandangan dari seluruh penjuru hotel. Pasalnya, hutan mangrove di area sekitar hotel mampu membuat pengunjung betah berlama-lama.

3. Hotel Wakatobi Patuno

Terletak di dekat dermaga, hotel ini tentu saja bisa menjadi pilihan istirahat bagi pengunjung. Karena pengunjung tidak perlu mencari hotel lain yang letaknya jauh dari Pulau Hoga. Memiliki banyak fasilitas seperti kamar ber-AC yang nyaman, antar jemput gratis bagi pengunjung yang telah melakukan reservasi, serta sarapan gratis. Hotel ini sering dijadikan sebagai tempat peristirahatan para pengunjung.

Pemandangan di sekitar hotel juga tidak main-main. Menghadap pantai, pengunjung tentunya bisa lebih menikmati waktu istirahat.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas di area Pulau HogaKredit gambar: Twitter perjalanan indonesia

Sebagai salah satu tempat wisata yang menjadi tujuan banyak wisatawan lokal maupun mancanegara. Tentu saja, Pulau Hoga memiliki banyak fasilitas bagi pengunjung.

Fasilitas seperti toilet umum, ban sebagai pelampung untuk berenang, perlengkapan menyelam dan perahu penumpang tersedia di sini. Pengunjung juga bisa menginap di homestay jika ingin berlama-lama di pulau ini.

Fasilitas lain yang bisa digunakan pengunjung adalah tempat ibadah yang tersebar di beberapa lokasi di pulau ini. Pengunjung bisa bertanya kepada warga sekitar jika ingin melakukan kegiatan ibadah.

Ini semua yang ada di Pulau Hoga Wakatobi, dan juga keindahan yang terwakili dengan jelas di surga dunia yang merupakan rumah bagi begitu banyak kehidupan laut ini. Fasilitas yang ada di pulau ini tentunya diperuntukan bagi pengunjung agar lebih nyaman untuk tinggal dan berlama-lama di pulau tersebut.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button