Pulau di belakang Padang Batam, pulau cantik berjuluk penawar nafsu - WisataHits
wisatahits

Pulau di belakang Padang Batam, pulau cantik berjuluk penawar nafsu

Atraksi, Aktivitas, Lokasi & Biaya perjalanan Pulau di belakang Padang salah satu pulau terindah di Batam, Kepulauan Riau, yang patut dikunjungi. Pulau dengan pemandangan yang indah, pantai pasir putih, hutan mangrove dan wisata sejarah.

Biaya kunjungan: -, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Sekanak Raya, Kec. Di belakang Padang, kota Batam, Kepulauan Riau; Kasus: Cek lokasi

Dibalik Padang terdapat pulau wisata yang cukup terkenal di kawasan Kota Batam. Jauh sebelum Batam menjadi kecamatan untuk pulau-pulau kecil yang sekarang mengelilinginya, administrasi kecamatan dipusatkan di pulau ini. Namun karena wilayah yang kurang luas, pusat pemerintahan akhirnya dipindahkan ke Batam.

Meski luasnya tidak begitu besar, Behind Panjang dihuni oleh enam desa dengan 55 pulau kecil. Desa-desa tersebut adalah Sekanak Raya, Pulau Terong, Tanjung Sari, Pecong, Pemping dan Kasu. Pintu keluar ini mengarah ke belakang Padang sendiri, menuju Pulau Geranting.

Mayoritas penduduk pulau indah ini adalah orang-orang dari suku Melayu dan Padang. Namun sebagian besar penduduknya adalah pendatang dari luar Melayu dan Padang. Etnis minoritas yang juga tinggal di pulau itu adalah orang Jawa. Beberapa bahkan berasal dari Cina.

Atraksi pulau di belakang Padang

Objek Wisata Pulau Padang BackKredit gambar: Google Maps Endro Sulistyanto

1. Kafe Ameng

Daya tarik utama di balik pariwisata Padang adalah Ameng Cafe. Banyak wisatawan yang berkunjung ke pulau ini hanya untuk mencicipi rasa Ameng yang merupakan kopi khas masyarakat Melayu. Biasanya toko-toko di sekitar pulau akan ramai di pagi hari, tepat sebelum waktu sarapan.

Sambil menikmati secangkir kopi ameng, pengunjung akan dimanjakan dengan indahnya pemandangan pantai yang membentang. Minimnya informasi tentang pariwisata di pulau ini membuat Behind Padang tidak begitu dikenal masyarakat luar. Inilah sebabnya mengapa pulau ini masih indah sampai sekarang.

2. Rumah warga khas Melayu

Penduduk asli Melayu membuat sebagian besar penduduk yang menempati wilayah pulau. Sebagian besar rumah penduduk di sini adalah rumah panggung dari kayu dan dibuat berdiri kokoh di atas laut, bertujuan untuk tetap mempertahankan tradisi kuno.

Pengunjung bisa menjadikan rumah-rumah penduduk sebagai tempat mengabadikan momen saat menjelajahi pulau ini. Bawalah kamera untuk membantu Anda mengambil gambar. Dinamika kehidupan melayu pasti akan terasa saat menikmati keindahan rumah-rumah penduduk Balik Padang.

3. Bepergian dengan becak

Mungkin pengunjung yang tinggal di perkotaan akan kesulitan mencari transportasi dengan becak. Kendaraan tradisional ini, karena tergerak oleh kemajuan teknologi dan perkembangan zaman. Akibatnya, akan sangat sulit menemukan becak di kota-kota metropolitan seperti Jakarta.

Sangat berbeda dengan pulau ini. Becak akan sangat mudah ditemukan di pulau ini. Pengunjung bisa menyewa becak untuk berkeliling kawasan pulau. Akan sangat seru dalam suasana sejuk di sore hari. Berkeliling pulau yang mempesona ini menggunakan becak akan memberikan perasaan yang berbeda.

Alamat dan rute menuju lokasi pulau belakang Padang

Alamat pulau di belakang PadangKredit gambar: Google Maps Endro Sulistyanto

Pulau cantik ini terletak di kecamatan belakang Padang, kota Batam, provinsi Kepulauan Riau. Tidak ada akses langsung yang bisa ditempuh ke pulau ini. Hal ini karena merupakan pulau kecil yang wilayahnya tidak begitu luas, namun memiliki keindahan yang sangat menawan.

Di belakang Padang hanya sebuah pulau kecil. Sudah dipastikan bahwa untuk sampai ke tempat ini, pengunjung hanya bisa menggunakan jalur air. Bagi Anda yang merencanakan liburan ke pulau ini, tidak disarankan membawa kendaraan pribadi. Akan lebih baik untuk pergi sebagai kelompok menggunakan paket perjalanan liburan.

Agar pengunjung bisa berwisata ke pulau tersebut, terlebih dahulu harus menginap di Kota Batam. Sesampainya di Batam, pengunjung bisa naik perahu kecil atau naik perahu pemenggal kepala untuk tujuan pulau ini. Untuk menghemat uang, Anda bisa naik perahu karena tidak akan berbayar atau gratis.

Dari Kota Batam ke pulau ini, memakan waktu sekitar 15-20 menit. Perkiraan waktu ini dapat berubah. Biasanya saat liburan, pulau menawan ini akan dijadikan pilihan liburan. Antisipasi keterlambatan dengan selalu berangkat lebih awal untuk menghindari keramaian pengunjung.

Sebelum menjadikan Back Padang sebagai pilihan tujuan liburan Anda, pastikan untuk membuat rencana terlebih dahulu. Perencanaan tersebut meliputi pemberangkatan awal hingga kepulangan selanjutnya ke tempat asal. Salah satu rencana yang perlu dibuat adalah berapa biayanya.

Tidak ada biaya masuk yang ditetapkan pada saat kunjungan. Biaya keberangkatan juga akan bervariasi tergantung dari mana setiap pengunjung memilih untuk berangkat. Namun, beberapa fasilitas, seperti akomodasi, pasti akan dikenakan biaya sewa. Anda bisa mengeceknya di aplikasi pemesanan tiket online.

Aktivitas seru yang bisa dilakukan di pulau belakang Padang

Aktivitas Seru di Balik Pulau PadangKredit gambar: Google Maps Endro Sulistyanto

1. Perjalanan dengan becak

Pengunjung yang suka menikmati suasana alam bisa berpindah ke belakang Padang menggunakan angkutan tradisional, becak. Jalan di sekitar kawasan pulau termasuk jalan sempit. Hal ini membuat kendaraan roda empat sangat terbatas. Sebagai gantinya, Anda bisa menggunakan becak.

2. Naik kerang

Pancung adalah moda transportasi umum yang digunakan wisatawan untuk bepergian ke pulau dari Kota Batam. Pancung sendiri adalah sampan kayu dengan atap yang tidak terlalu besar. Selain berkeliling menggunakan becak, menunggangi paruh bisa menjadi alternatif.

3. Mengunjungi pantai pasir putih

Dengan merogoh kocek sekitar Rp 40.000,00, pengunjung sudah bisa menikmati indahnya pantai pasir putih Kampung Jawa. Nanti bisa naik ojek atau becak. Laut di perairan Pasir Putih memiliki kedalaman yang dangkal. Ini akan sangat cocok untuk tempat mandi keluarga, terutama untuk anak-anak.

4. Makan masakan Melayu

Kegiatan menarik selanjutnya yang sangat sayang untuk dilewatkan adalah menyantap makanan khas Melayu. Banyak warung, warung, dan rumah makan yang masih mengusung tradisi melayu dengan menjual makanan khasnya. Dengan cara ini, tradisi akan terus dipertahankan dan dapat terus dilestarikan.

5. Nikmati Ikon Menarik Singapura

Aktivitas seru di pulau belakang PadangKredit gambar: Google Maps Diah Gita

Di belakang Pulau Padang adalah sebuah bukit Jepang yang terletak di Kampung Baru. Titik yang cukup tinggi ini akan memungkinkan Anda untuk mencapai ikon terkenal Singapura, yaitu Singapore Flyer dan Marina Bay Sands. Untuk memasuki kawasan Bukit Japan, wisatawan perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 7.000.000,00 per orang.

6. Ikuti tradisi Bekarang

Bekarang merupakan kegiatan mengumpulkan berbagai hasil laut di antara karang-karang mangrove. Penduduk menggunakan alat yang mereka buat sendiri. Alat ini biasa digunakan untuk menangkap salak, keong Kepulauan Riau, dan udang. Biasanya sebagian hasil kegiatan Bekarang dijual di pasar, sisanya dikonsumsi.

7. Tiket laut

Lang-lang Laut adalah tempat pertama yang akan menyambut wisatawan setibanya di belakang Padang. Kawasan ini akan menjadi pasar malam jika masuk pada sore hari dan biasanya buka hingga malam hari. Selain itu, di sepanjang Lang-lang Laut terdapat food court yang menjual berbagai kuliner khas Indonesia.

8. Vihara dan masjid

Tidak lengkap rasanya bila Anda berlibur di pulau Batam yang indah, tanpa mengunjungi Vihara Dharma Bakti dan Masjid At-Takwa. Kedua tempat ibadah ini menjadi primadona utama yang wajib dikunjungi. Memiliki bangunan yang indah dan menawan membuat kedua tempat ibadah ini banyak diminati oleh pengunjung.

Penginapan murah di belakang Padang

RedBoorz Baloi BatamKredit gambar: Twitter Rekomendasi RedDoorz

1. RedBoorz Baloi Batam

Baloi Batam merupakan salah satu akomodasi di Pulau Derriere Padang yang bisa Anda pilih. Menawarkan fasilitas yang cukup lengkap, hostel ini memiliki harga sewa mulai dari Rp100.000 per malam. Pelayanan yang ramah membuat banyak pengunjung merekomendasikan Baloi Batam.

2. Nagoya Mansion Hotel and Residence

Hotel ini terletak di lokasi yang strategis dengan interior yang begitu menawan. Fasilitas pilihan yang disediakan antara lain lemari es dan pemanas air. Pelayanan staff hotel yang ramah membuat wisatawan betah berlama-lama disini. Menu masakan yang ditawarkan juga rasanya enak.

3. KTM Resort Batam

Resor ini terletak di tepi Selat Singapura dari Terminal Feri Internasional Sekupang. Berjarak sekitar 21 kilometer dari Resort Batam, terdapat taman hiburan Mega Wisata Octarina Batam. Menawarkan fasilitas yang lengkap dan mewah, resort ini juga banyak direkomendasikan oleh wisatawan.

Fasilitas wisata tersedia di pulau belakang Padang

Fasilitas Pulau Padang BackKredit gambar: Google Maps Endro Sulistyanto

Di balik Pulau Padang, Anda akan menemukan berbagai fasilitas yang bisa dinikmati pengunjung dengan leluasa. Keberangkatan awal hingga tiba di Kota Batam, wisatawan dapat menyewa layanan penjemputan yang disediakan oleh pulau. Biaya yang dikenakan juga relatif murah dan terjangkau.

Tempat ibadah juga mudah ditemukan di Pulau Penawar Rindu, seperti pura dan masjid. Pengunjung yang ingin melihat pemandangan pulau secara detail bisa naik becak atau pemenggalan kepala. Bagi Anda yang tidak menyukai masakan melayu, di area pulau juga terdapat food court di pintu masuk pelabuhan.

Rangkuman informasi tentang Pulau Balik Padang di atas bisa Anda jadikan referensi saat ingin berlibur ke pulau ini dari kota Batam. Liburan keluarga akan semakin menyenangkan dengan memilih Pulau Batam ini sebagai daftar tunggu liburan Anda. Ingatlah untuk mengabadikan setiap momen saat Anda berada di sana, oke?

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button