Pulau Rupat Bengkalis - Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Biaya Perjalanan - WisataHits
wisatahits

Pulau Rupat Bengkalis – Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Biaya Perjalanan

Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi, dan Biaya Pulau Rupat salah satu pulau terluar indonesia yang menawan terletak di Benggala. Surga maritim tersembunyi melayani ppemandangan alam dan eksotisme laut menjadi kekuatan menarik terutama untuk wisatawan.

Biaya kunjungan: Mulai dari Rp100.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Daerah. Bengkalis, Riau; Kasus: Cek lokasi

Selain Papua dan Bali, Provinsi Riau juga memiliki pesona keindahan alam yang tak kalah menarik untuk dijadikan destinasi wisata. Pulau Rupat Bengkalis merupakan salah satu daerah yang menjadi pusat pemerintahan Kabupaten Bengkalis. Ini memiliki luas sekitar 1.500 kilometer persegi.

Tempat ini memiliki banyak pesona tersembunyi yang masih asri dan alami. Mulai dari hutan, hamparan pasir putih dan juga pantai-pantai kecil yang masih alami. Di sana, sebagian masyarakat yang tinggal dan menetap memiliki pekerjaan sebagai nelayan.

Jika Anda sedang merencanakan liburan, tidak ada salahnya memasukkan Pulau Rupat ke dalam salah satu daftar yang wajib dikunjungi. Tentunya akan banyak keindahan, keunikan dan hal menarik yang bisa Anda temukan dan nikmati di liburan Anda.

Atraksi Pulau Rupat

Atraksi Pulau RupatKredit gambar: Google Maps Taufik Asmara (bangfiko)

1. Pesona Alam

Pesona alam pulau ini sudah tidak diragukan lagi, keindahannya masih terjaga dan alami. Pemandangan di sekitarnya memberikan suasana yang damai dan tenang, cocok untuk Anda yang mencari tempat untuk menyendiri. Saat malam tiba, langit menampakkan keindahannya melalui cahaya bintang dan bulan yang dengan indah membelah keindahan laut.

2. Pemandangan Laut

Hamparan laut yang luas dengan garis pantai yang menawan dan panjang memberikan kesan yang tiada duanya. Warnanya cantik dengan gradien hijau di tepi yang dicat sempurna. Bebatuan kecil yang ditumbuhi pepohonan terlihat seperti pulau-pulau yang membelah lautan, tentunya ini menjadi ciri khas yang berbeda, perahu nelayan juga menghiasi keindahannya.

3. Pasir putih

Seperti tempat wisata bahari lainnya, Pulau Rupat juga memamerkan keindahan pasir putihnya yang bersih dan luas. Teksturnya lembut, sehingga nyaman digunakan sebagai tempat untuk jalan-jalan atau melakukan aktivitas lainnya. Bila Anda datang bersama anak-anak, kondisi ini bisa dijadikan cara bermain bersama seperti membangun Kastil pasir.

4. Pohon hijau

Objek wisata milik Pulau RupatKredit gambar: Google Maps sunan

Di sekitar tepi pantai terdapat hutan yang memberikan sentuhan asri dan segar bagi mata. Keberadaannya juga bisa dijadikan sebagai tempat berteduh atau bersantai sejenak sambil menikmati gambaran luas air laut yang jernih dan indah. Tempat ini umumnya digunakan oleh warga sebagai tempat berjualan atau untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

5. Destinasi pantai

Tahukah Anda bahwa ada destinasi pantai yang juga dekat dan bisa dijelajahi sekaligus. Keberadaannya juga cukup terkenal, seperti pantai Rhu, Ketapang dan Medang. Tentunya semua keindahan dan hal menarik tersaji ketika Anda memutuskan untuk mengunjungi dan menikmati setiap sudutnya tanpa melewatkan satu titik pun.

6. Panorama matahari terbenam dan matahari terbit

Bagi Anda yang menyukai alam laut yang eksotis, tentunya pesona sunset dan sunrise kini menjadi bagian dari setiap rencana liburan yang telah disusun. Di Pulau Rupat Bengkalis, semuanya bisa Anda dapatkan, bahkan dengan kesan yang lebih menarik. Gambar laut yang menawan dengan gradasi warna yang harmonis dipadukan dengan cahaya senja dan fajar yang biasa, tentu saja merupakan kombinasi yang cerdas untuk dilihat dan ditangkap.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pulau Rupat

Alamat Pulau RupatKredit gambar: Google Maps sunan

Alamat destinasi ini terletak di salah satu pulau terbesar yang menjadi bagian dari pusat pemerintahan dan pemerintahan Kabupaten Bengkalis, Riau. Letaknya persis bersebelahan dengan 2 negara terdekat dengan Indonesia yaitu Singapura dan Malaysia. Sedangkan garis pantainya berbatasan dengan Selat Malaka.

Akses yang bisa digunakan untuk mencapai tempat ini adalah dengan menggunakan perahu atau perahu sewaan. Ini karena satu-satunya jalur yang menghubungkannya adalah lautan. Biasanya angkutan laut akan berlabuh di Wisama Mutiara. Namun, hal ini juga tidak menutup kemungkinan untuk melewati pulau Aceh Beting.

Hal terpenting yang perlu dipersiapkan sebelum memulai perjalanan adalah tubuh yang sehat, perbekalan dan uang yang cukup karena sulitnya mencari ATM di sana. Perlu diketahui juga bahwa jadwal keberangkatan feri adalah setiap hari dari pukul 08:00 hingga 09:00. Sedangkan untuk keberangkatan kedua sekitar pukul 15.00 WIB.

Keberangkatan dimulai dari kawasan Tanjung Medang menuju Dumai. Dengan jarak tempuh sekitar satu jam lagi melalui jalur laut, biaya yang perlu disiapkan dan dibayarkan per orang sekitar Rp 100.000.

Biaya Perjalanan ke Pulau Rupat Bengkalis

Biaya Perjalanan ke Pulau Rupat BengkalisKredit gambar: Google Maps Imron Iim

Jika Anda sedang merencanakan liburan di Pulau Rupat, coba perkirakan biayanya. Mulai dari biaya transportasi, makan, hingga akomodasi jika diperlukan. Desain bisa dimulai dengan kebutuhan perjalanan. Yang pertama adalah biaya tol di Dumai dengan besaran yang telah ditentukan.

Kemudian dilanjutkan transportasi menuju Pelabuhan Sri Tanjung dengan tiket yang harus dibayar Rp 10.000 per orang saat menaiki kapal. Setelah itu perjalanan menuju Tanjung Medang dan Batu dengan perkiraan budget Rp 105.000 untuk harga tiket kendaraan yang dikenakan per orang.

Untuk besaran anggaran konsumsi dan juga akomodasi diperkirakan sekitar Rp 500.000 per orang. Merupakan gambaran rinci yang dapat dijadikan acuan atau benchmark, akan lebih baik jika dilebih-lebihkan, untuk meminimalisir kebocoran biaya di tempat.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pulau Rupat

Kegiatan menarik di Pulau RupatKredit gambar: Google Maps Anggi Agung Pramudya

1. Naik ke kapal

Akses ke jalan utama yang berbentuk laut lepas memberikan setiap pengunjung perasaan mengarungi lautan dengan bantuan perahu. Tentunya bagi Anda yang belum pernah mencoba alat transportasi ini akan menjadi hal yang tak terlupakan untuk dikenang dan diceritakan sebagai pengalaman yang tak terlupakan. Oleh karena itu salah satu kegiatan menarik yang bisa dilakukan di sana.

2. Abadikan momen dengan selfie

Berlibur di pulau dengan keindahan alam seperti Maladewa tentu sangat disayangkan jika tidak sempat mengabadikannya dengan foto. Ditambah lagi, kebutuhan akan update timeline media sosial menjadi alasan yang pasti. Lanskap dan panorama yang terwakili dengan sempurna adalah tempat terbaik untuk bidikan yang memukau semua mata.

3. Bermain pasir

Aktivitas menarik lainnya yang bisa dilakukan di Pulau Rupat adalah bermain pasir dengan berbagai aktivitas yang menyenangkan. Anda bisa berbaring di sana sambil menikmati hamparan air laut yang luas dan keindahannya atau konstruksinya Kastil pasir dengan anak-anak. Teksturnya yang halus dan bersih juga cocok sebagai tempat jalan-jalan yang tenang di tepi pantai.

4. Malam di tenda

Hamparan lahan yang luas memberikan ruang bagi Anda yang ingin bermalam di tepi pantai dengan mendirikan tenda dan menyalakan api unggun. Menikmati malam memanggang ikan pasti akan menjadi pelengkap yang tepat. Anda bisa membawa semua perlengkapan yang dibutuhkan dari rumah atau menyewanya dari rental terdekat di lokasi, tentunya kemudian membutuhkan budget tambahan.

5. Kunjungi beberapa pantai kecil

Keberadaan beberapa pantai kecil di dekat lokasi tentu memungkinkan Anda untuk menjelajahinya juga. Tidak ada salahnya mengunjunginya di tempat yang sama. Daftar wisata bahari meliputi pantai Rhu, Ketapang dan Medang. Tentunya waktu liburan Anda akan semakin lengkap dengan menambahkan daftar kunjungan ke tempat-tempat tersebut.

Akomodasi murah di sekitar Pulau Rupat

Akomodasi murah di sekitar Pulau RupatKredit gambar: Google Maps Van Arya Yuza

1. Hotel Grand Zuri Duri

Bagi Anda yang menginginkan perasaan menginap seperti di negara tetangga, Grand Zuri Dur Hotel adalah pilihan yang tepat. Fasilitas yang disediakan juga cukup lengkap dengan tingkat kebersihan dan perawatan yang baik oleh pengelola. Bagi Anda yang membawa kendaraan pribadi, tempat parkirnya luas dan bisa menampungnya dengan baik. Harga untuk satu malam mulai dari Rp 330.000,-

2. Rumah Nila

Lokasinya sangat strategis dengan jarak yang tidak terlalu jauh dari beberapa titik di kawasan tersebut. penting, seperti juga beberapa bandara internasional terdekat. Hotel Ero Ersada menawarkan berbagai fasilitas pendukung dengan kualitas pelayanan yang ramah. Satu kamar tidur terdiri dari dua tempat tidur ratu, yang cocok untuk 4 orang dewasa. Untuk menginap, dikenakan biaya Rp 100.000 per kamar, satu malam.

3. Keluarga angkat Ibu Puja

Homestay Bunda Puja menawarkan kamar dengan fasilitas seluas 10 meter persegi dengan tempat tidur single untuk orang dewasa. Namun ada juga kamar untuk 2 orang tentunya dengan harga yang berbeda yaitu sekitar Rp 123.384 per malam. Sedangkan tipe pertama dipatok dengan harga Rp 101.610,- saja.

Fasilitas yang tersedia di Pulau Rupat Bengkalis

Fasilitas Pulau Rupat BengkalisKredit gambar: Google Maps Sri Sulastri Purnama Sari

Sebagai bagian dari kawasan ekonomi khusus, Pulau Rupat telah dilengkapi dengan beberapa fasilitas penunjang yang diberikan kepada pengunjung. Perahu, restoran, akomodasi dan beberapa fasilitas umum lainnya, termasuk toilet dan tempat ibadah, bersih. Infrastruktur dibangun dengan baik dan dikelola secara optimal oleh manajemen.

Demikian uraian singkat tentang keindahan dan berbagai hal menarik yang bisa Anda temukan di Pulau Rupat, Bengkalis. Tentu saja, hal terpenting sebelum Anda melakukan perjalanan adalah menganggarkan segala bentuk kebutuhan. Dengan demikian, nantinya tidak akan terjadi kebocoran pengeluaran yang berujung pada kekurangan uang.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button