Di Balik Pulau Padang, Wisata Bahari Eksotis Bersejarah di Batam - WisataHits
wisatahits

Di Balik Pulau Padang, Wisata Bahari Eksotis Bersejarah di Batam

Harga tiket: Gratis, Jam operasional: 08.00-23.00 WIB, Alamat: Sekanak Raya, Belakang Padang, Kota Batam, Kepulauan Riau; Kasus: Cek lokasi

Dibalik Pulau Padang bukanlah sebuah pulau di kawasan Padang. Tepatnya pulau yang dijadikan objek wisata ini terletak di kota Batam, di Kepulauan Riau. Pulau ini terhitung dekat dengan pusat kota. Masyarakat di sekitar tempat wisata ini masih terikat erat dengan adat dan budaya melayu. Memang, wilayah pulau ini berbatasan dengan Negara Singapura.

Selain itu, untuk menuju tempat wisata ini, Anda hanya perlu menggunakan perahu kayu untuk menyebrang dari Pulau Batam. Penyeberangan ini begitu cepat hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit. Bentang alam pulau ini juga dikenal sangat indah dan selalu sangat indah. Selama ini pengunjung yang datang ke pulau ini belum bisa dihitung karena minimnya informasi mengenai kunjungan ini.

Oleh karena itu, Pemkot Batam berencana untuk lebih meningkatkan estetika lokasi Pulau di belakang Padang. Pemerintah juga berharap dapat membangun infrastruktur di sekitar pulau tersebut. Kemudian meningkatkan transportasi laut agar tempat wisata ini lebih dikenal oleh wisatawan. Dengan berkembangnya destinasi wisata ini akan berdampak baik bagi masyarakat sekitar.

Atraksi pulau di belakang Padang

Objek Wisata Pulau Padang BackKredit gambar: Google Maps Hasan Imam Mukut

1. Memiliki sejarah jejak Rupiah

Di belakang Pulau Padang merupakan salah satu pulau terjauh sebagai jalur pelayaran internasional di Selat Malaka. Destinasi wisata ini merupakan kawasan perbatasan antara Indonesia, Malaysia dan Singapura. Menurut tokoh masyarakat di sana, pulau kecil ini dulunya merupakan cikal bakal lahirnya pulau besar bernama Pulau Batam.

Dulu, masyarakat sekitar masih sangat bergantung pada Malaysia untuk hidupnya. Apalagi masyarakat juga sudah terbiasa menjual hasil kebun dan hasil lautnya di Singapura. Penduduk pulau ini juga terdiri dari berbagai suku bangsa yang hidup rukun. Percampuran etnis ini menyebabkan masyarakat pulau ini mengalami tahapan mata uang yang berbeda mulai dari Dolar Singapura dan Kepulauan Riau hingga Rupee.

Setelah sekian lama, dari mata uang Kepri yaitu rupiah, masyarakat mulai terbiasa menggunakan mata uang rupiah asli Indonesia. Namun, banyak nelayan pantai masih menggunakan uang dolar untuk membeli dan menjual. Nelayan yang masih menggunakan dolar Singapura adalah nelayan yang tinggal di daerah terpencil karena kurangnya informasi.

2. Bisa melihat Singapura

Anda bisa melihat wilayah Negara Singapura dengan melihat ke seberang pulau. Anda dapat menikmati angin yang cukup kencang dengan ombak pantai yang besar sambil melihat ke seberang pulau. Singapura bisa dilihat begitu dekat. Hal inilah yang membuat banyak orang di Pulau Belakang Padang menerima pekerjaan di wilayah Singapura dan sebaliknya.

Di antara perairan yang berbatasan dengan kedua negara tersebut, banyak kapal tanker minyak yang terapung di laut.Berbagai bangunan menjulang di seberangnya hanya bisa dilihat dengan mata lemah. Selain kapal tanker, juga terdapat kapal peti kemas di perairan Kota Batam. Mungkin kapal sedang menunggu bongkar muat barang yang akan dilakukan di pelabuhan.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pulau Balik BatamKredit Gambar: Instagram Waode Irlina

Alamat pulau bersejarah ini sendiri berada di kawasan Derriere Padang, Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau. Tempat wisata ini hanyalah sebuah pulau kecil dimana tidak ada akses langsung selain menggunakan jalur air untuk menuju pulau ini. Untuk sampai ke pulau tujuan, Anda harus terlebih dahulu berada di Kota Batam kemudian melanjutkan perjalanan menggunakan perahu kecil dan perahu pemenggal kepala.

Anda hanya perlu menyeberang menggunakan perahu selama 15 menit hingga 20 menit. Anda bahkan dapat menumpang perahu di mana Anda dapat menyeberangi lautan secara gratis ke pulau tujuan Anda. Akan lebih baik jika Anda berlibur ke tempat wisata ini bersama rombongan keluarga atau teman sehingga Anda bisa menyewa beberapa fasilitas sekaligus dan lebih hemat.

Perkiraan biaya perjalanan ke pulau

Biaya untuk pulau di belakang PadangKredit gambar: Twitter Risnaldi Putra Syafrizal

Untuk tiket masuk wisata Pulau Belakang Padang hampir tidak dipungut biaya alias gratis. Namun, pada saat acara liburan, biaya jelas dikeluarkan karena kebutuhan makan, sewa akomodasi, dll.

Pertama Anda perlu membuat rencana sebelum pergi berlibur dengan menghitung pengeluaran di tempat wisata ini. Biayanya sekitar dua juta rupee untuk perjalanan terorganisir ke pulau ini. Harga sudah termasuk makan, transportasi dan sewa akomodasi. Hal ini terlihat dari harga penginapan yang berkisar satu juta rupiah.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di pulau belakang Padang

Aktivitas di pulau belakang PadangKredit gambar: Twitter kakalu indonesia

1. Berenang

Berenang adalah hal yang wajib Anda lakukan di tempat wisata ini. Karena pulau ini memiliki laut yang cukup luas dengan air yang jernih untuk Anda berenang. Namun, Anda harus lebih waspada karena laut di sekitar pulau tidak hanya digunakan untuk lokasi wisata. Laut ini juga digunakan untuk proses perdagangan internasional, sehingga banyak kapal yang hilir mudik untuk melakukan kegiatan perdagangan.

2. Kunjungi pulau di belakang Padang

Anda bisa mengelilingi pulau ini sepanjang hari dari pagi hingga malam. Anda cukup datang di pagi hari menggunakan angkutan umum yang menyediakan layanan 24 jam. Sebagian besar wisatawan yang melakukan aktivitas di sekitar pulau adalah untuk melihat Singapura lebih dekat daripada wilayah negaranya sendiri.

Selain itu, Anda juga akan menemukan kompleks pemakaman Cina selama perjalanan Anda di sekitar pulau. Namun, kebanyakan orang berjalan-jalan di malam hari karena mereka dapat melihat negara yang sangat indah dengan lampu berkelap-kelip. Jarak antara Indonesia dan Singapura bahkan sama dengan jarak antara Surabaya dan Madura yang hanya dipisahkan oleh Selat Madura.

3. Menikmati pasir putih dan Pantai Solomon

Anda bisa mengunjungi Pantai Sulaiman di pulau ini yang pantainya sangat tenang, cocok untuk anda yang ingin rehat sejenak dari aktivitas kantor. Di pantai ini terdapat beberapa kafe dimana Anda bisa menikmati panorama alam sambil mencicipi nikmatnya kopi ameng pulau ini. Ini bisa membuat liburan Anda semakin sempurna, apalagi jika Anda datang ke pantai ini pada sore hari.

Anda bisa menikmati lembutnya pasir putih yang bisa Anda mainkan di sekitar pantai. Hamparan pasir putihnya dilengkapi dengan banyaknya pohon kelapa yang berdiri tegak untuk pemandangan yang sempurna. Anda bisa berfoto dengan tema keindahan estetika laut dan pulau-pulau. Anda juga bisa menikmati air kelapa segar yang dijual langsung dari pohonnya.

Penginapan murah di sekitar pulau

Akomodasi di sekitar pulau di belakang PadangKredit Gambar: Google Maps Nagoya Mansion Hotel and Residence

1. Nagoya Mansion Hotel and Residence

Nagoya Mansion Hotel and Residence merupakan salah satu hotel pulau di belakang Padang dengan harga sewa yang relatif murah. Lokasi hotel ini juga berada di kawasan yang strategis. Apalagi hotel ini juga memiliki desain interior yang cukup menarik dan menawan. Fasilitas umum yang disediakan adalah pemanas air dan lemari es yang dapat digunakan wisatawan dengan nyaman.

Selain itu, hotel Nagoya ini juga memiliki fasilitas pelayanan yang baik bagi pengunjung. Staf yang bekerja di hotel ini sangat ramah, yang membuat wisatawan lebih betah untuk berlama-lama berlibur di tempat wisata. Beragam menu yang ditawarkan di Hotel Nagoya juga terkenal dengan cita rasanya yang lezat di kalangan wisatawan.

2. Redboorz Baloi Batam

Penginapan kedua yang tak kalah menarik adalah Redboorz Baloi Batam. Hostel ini memiliki harga sewa sekitar satu juta rupiah untuk setiap malamnya. Hostel ini menawarkan fasilitas yang cukup lengkap untuk para wisatawan. Banyak turis yang merekomendasikan hostel ini. Selain fasilitasnya, hostel ini juga terkenal dengan pelayanannya yang ramah.

3. KTM Resort Batam

Bagi Anda yang menyukai liburan dengan fasilitas akomodasi yang mewah, sebaiknya memilih KTM Resort Batam ini. Hostel ini merupakan hotel dengan fasilitas lengkap dan mewah yang hadir di kota Batam. Bahkan ada taman hiburan yang menarik di dekat hostel ini, yaitu Mega Wisata Octarina Batam. Lokasi resort ini berada di pinggir Selat Singapura, 21 kilometer dari Batam resort.

Fasilitas yang tersedia di area pulau

Fasilitas di kawasan Pulau Belakang PadangKredit gambar: Google Maps Thecute Wild

Berbagai fasilitas lengkap tersedia di tempat wisata di belakang pulau Padang ini. Fasilitas berupa masjid dan vihara dapat digunakan dengan nyaman oleh wisatawan untuk berwisata. Di area pulau terdapat fasilitas becak atau becak untuk berkeliling pulau.

Apalagi ada juga warung yang menawarkan berbagai jenis makanan mulai dari masakan khas melayu, kopi spesial, hingga menu makanan umum di pulau ini.

Berikut adalah beberapa informasi yang dijelaskan secara rinci tentang lokasi wisata Pulau Belakang Padang. Jadi, ketika Anda berkunjung ke Kepulauan Riau, Anda juga pasti akan mengunjungi kota Batam yang memiliki berbagai tempat wisata menarik seperti pulau ini.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also
Close
Back to top button