Pulau Derawan Berau - Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Biaya Perjalanan - WisataHits
wisatahits

Pulau Derawan Berau – Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Biaya Perjalanan

Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Biaya Perjalanan – Pulau Derawan salah satu andalan wisata bahari di Berau, Kalimantan Timur. Pulau-pulau dengan keindahan alam yang memukau, terutama taman bawah lautnya.

Biaya kunjungan: Mulai dari Rp50.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Pulau Derawan Berau, Kec. Derawan, Kab. Berau, Kalimantan Timur; Kasus: Cek lokasi

Pulau Derawan Berau merupakan destinasi wisata yang diincar wisatawan. Pulau ini menjadi basis wisata utama bagi wisatawan di Kabupaten Berau karena lokasinya yang tidak jauh dari Dermaga Tanjung Batu. Pulau ini sangat populer dengan taman bawah lautnya yang memikat wisatawan yang lewat, terutama wisatawan asing.

Keindahan pesona alam yang ditawarkan pulau ini memang tiada duanya. Karena pesonanya yang memukau semua orang, pulau ini dinobatkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 2005. Pulau ini terkenal dengan banyak penginapan yang mengapung di atas air. Pondok Pelampung ditawarkan dengan harga sedang hingga rendah, sehingga banyak wisatawan yang tertarik.

Menariknya, jika Anda memilih untuk menginap di pondok terapung, Anda akan didekati oleh sekelompok penyu yang biasanya mencari makan pada pagi hari sekitar pukul 06:00 di tepi pantai. Pondok di mana Anda tinggal. Pulau Derawan sangat cocok bagi pecinta pemandangan bawah laut karena air laut di sini sebening kaca. Pulau cantik ini tidak pernah sepi dari wisatawan.

Atraksi Kepulauan Derawan

Atraksi Kepulauan DerawanKredit gambar: Google Maps Simon S

Pulau ini memiliki pesona tersendiri, sehingga tidak kalah menariknya dengan objek wisata bahari lainnya. Karena banyaknya keunggulan Pulau Derawan, UNESCO menjadikan pulau ini sebagai objek wisata bahari kelas dunia. Wisatawan lokal maupun mancanegara tidak pernah gagal memasukkan pulau ini ke dalam daftar tempat wisata bahari yang wajib dikunjungi.

1. Taman bawah laut kelas dunia

Pulau ini terkenal dengan taman bawah lautnya yang indah. Terumbu karang yang menakjubkan, ikan yang tak terhitung jumlahnya, padang lamun yang subur, hutan bakau yang terawat dengan baik. Ada 870 jenis ikan berupa kuda laut kerdil, 460 jenis karang, bahkan pari manta raksasa yang pasti akan membuat Anda takjub.

2. Memiliki konsep perjalanan yang berbeda

Yang membuat wisatawan terkagum-kagum dengan pulau ini adalah keindahan lanskap wisata yang ditata sedemikian rupa dengan konsep yang berbeda dari tempat wisata bahari lainnya. Di mana situs wisata bahari lainnya menawarkan akomodasi yang terletak di tebing di tepi laut, situs wisata ini menawarkan akomodasi yang mengapung di atas perairan laut.

3. Wisata bahari yang tidak merogoh kocek terlalu dalam

Berbeda dengan wisata bahari lainnya yang membutuhkan budget besar, berwisata ke pulau ini cocok bagi Anda yang memiliki budget terbatas. Dengan budget minimalis, Anda akan mendapatkan pesona alam yang sangat memanjakan mata.

Di sini Anda akan memiliki pengalaman yang tak terlupakan sepanjang kisah hidup Anda. Bahkan jika itu di luar Jawa, Anda tidak akan kecewa setelah kembali dari sini.

Alamat dan rute menuju lokasi Pulau Derawan

Alamat Pulau DerawanKredit gambar: Google Maps Irma Vania Rahma

Pulau Derawan adalah pulau yang indah dengan sejuta pesona wisata bahari. Berada di luar Pulau Jawa, tepatnya di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Meski lokasinya jauh dan di luar pulau Jawa, Anda tidak perlu khawatir karena Anda tetap bisa menikmati pengalaman yang berkesan dan istimewa di pulau ini. Anda bisa sampai ke pulau ini melalui jalur darat atau udara.

Kedua rute tersebut dapat dicapai baik dari Balikpapan maupun Samarinda. Jika ingin berangkat dari Balikpapan, Anda bisa naik pesawat dan mendarat di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman.

Sementara itu, jika Anda ingin berangkat dari Samarinda, Anda bisa naik pesawat dan mendarat di Bandara Temindung Samarinda. Waktu tempuh dari Bandara Soetta kurang lebih 2 jam. Melalui jalur darat, dari Balikpapan atau Samarinda, Anda dapat memesan perjalanan ke Kabupaten Berau (Tanjung Redeb).

Waktu tempuh perjalanan darat kurang lebih 12-15 jam. Kondisi jalan darat menuju Kabupaten Berau sudah baik. Disarankan untuk membawa makanan dan minuman sendiri agar tidak merasa lapar dan haus selama perjalanan.

Dengan pesawat, Anda bisa terbang ke Bandara Kalimarau (Kabupaten Berau). Anda dapat memilih maskapai yang berbeda seperti Sriwijaya Air, Garuda Indonesia, Wings Air, Batik Air, dll. tergantung pada anggaran Anda. Dari Bandara Kalimarau, Anda dapat memesan perjalanan ke Tanjung Batu dan kemudian menyeberangi Pulau Derawan dengan speedboat.

Perjalanan pesawat Anda memakan waktu sekitar 8 jam waktu perjalanan. Dari bandara Balikpapan atau Samarinda ke bandara Kalimarau, memakan waktu 1 jam. Kemudian perjalanan dari Bandara Kalimarau ke Tanjung Batu memakan waktu sekitar 2,5-3,5 jam. Kemudian, menyeberang pulau dari dermaga Tanjung Batu ke dermaga pulau memakan waktu sekitar 30-45 menit.

Biaya Perjalanan ke Pulau Derawan Berau

Biaya Perjalanan ke Pulau Derawan BerauKredit gambar: Google Maps Gaichi Tourism

Biaya maskapai berbeda-beda sesuai ketentuan masing-masing maskapai. Jika Anda menggunakan jalur darat menuju Kabupaten Berau, maka biaya perjalanan dari Balikpapan atau Samarinda yang Anda butuhkan sekitar Rp 300.000 – Rp 350.000 per orang.

Kemudian jika menggunakan jalur udara, biaya perjalanan dari bandara Kalimarau ke Tanjung Batu sekitar Rp 75.000. Biaya penyeberangan ke pulau dari dermaga Tanjung Batu menggunakan speedboat berisi 4-5 orang sekitar Rp 100.000 sekali jalan.

Sedangkan biaya sewa speed boat berisi rombongan hingga 20 orang untuk menuju dermaga di pulau ini sekitar Rp 3.900.000. Biaya tiket pesawat Jakarta-Berau sekitar Rp 1 juta – Rp 2 juta. Untuk akomodasi/ Pondok di pulau dengan biaya sekitar Rp 100.000 – Rp 600.000 per malam.

Untuk biayanya homestay adalah sekitar Rp 150.000 per malam. Biaya sewa alat snorkeling Rp 50.000 per hari. Biaya makan sekitar Rp 20.000 hingga Rp 50.000 per hari. Biaya sewa sepeda adalah Rp 10.000 per orang.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pulau Derawan

Aktivitas menarik di Pulau DerawanKredit gambar: Google Maps Hansen

1. Rasakan suasana bawah laut saat menyelam

Bagi Anda yang menyukai snorkeling dan diving, pulau ini menawarkan nuansa bawah laut yang mempesona. Banyak penyelam kelas dunia memilih pulau ini untuk menekuni hobinya. Ada beberapa titik penyelaman paling terkenal di pulau ini seperti Old Piezk, Shark Point, Snapper Point, Coral Point, Coral Garden, Blue Triggel Wall dan Tuturuga Point.

2. Berkeliling pulau dengan perahu

Jika Anda tidak ingin menyelam, Anda juga dapat melakukan perjalanan dengan perahu ke Kepulauan Derawan. Menariknya, Anda bisa berinteraksi langsung dengan memberi makan ikan dari atas perahu. Ikan-ikan tersebut akan saling melompat untuk memperebutkan makanan yang Anda berikan. Pengalaman menyenangkan ini tentunya akan membebaskan Anda dari berbagai beban dan penat yang Anda rasakan.

3. Menikmati matahari terbit dan terbenam di pantai

Dengan luas pulau 44,60 hektar ini, Anda tidak hanya bisa menikmati pemandangan pantai dan pasir putih yang selalu indah, tetapi Anda juga bisa duduk bersantai di tepi pantai sambil menunggu matahari terbit dan terbenam. . Anda tidak akan sendirian karena banyak penduduk Bajau juga menghabiskan waktu luang mereka untuk bersantai dan menikmati indahnya matahari terbit dan terbenam.

4. Bermain dengan wahana air yang ditawarkan

Tidak hanya bisa melakukan aktivitas snorkeling dan diving, Anda juga bisa bermain dengan wahana air yang ditawarkan oleh pengelola pulau ini. Anda dapat merasakan sensasi bermain wahana perahu pisang, kano, perahu layar dan juga permainan air lainnya. Anda akan merasa puas dan senang dengan fasilitas yang ditawarkan wahana air.

5. Cari spot foto yang menarik

Pulau ini memiliki banyak spot foto yang tidak akan membuat Anda berpaling. Setiap sudut memiliki keindahan yang berbeda dari yang lain. Konsep yang diusung oleh l’île aux hits juga sangat menarik sehingga hasil foto Anda sangat cantik dengan nuansa natural yang kental. Banyak dari teman-teman Anda akan penasaran dengan tempat ini setelah melihat foto-foto Anda.

6. Menginap di Water Cottage

Pulau Derawan menawarkan berbagai hal menarik yang mungkin belum pernah Anda temui sebelumnya. Perasaan tinggal Pondok dengan tarif Rp 150.000 – Rp 700.000, ini akan membuat Anda takjub dan gemas karena letaknya yang berada di atas air laut saat Anda membuka pintu kamar Anda.

7. Nikmati masakan unik

Pulau ini menawarkan berbagai sajian kuliner bahari yang unik. Masakan paling terkenal di pulau ini adalah Tehe-tehe, Kima-kima dan Elai. Tehe-tehe adalah nasi ketan yang dibungkus dengan kulit bulu babi. Kima-kima adalah makanan yang terbuat dari kerang dan dikeringkan seperti ikan asin. Kemudian Elai adalah buah khas pulau ini yang bentuk dan dagingnya mirip dengan durian.

Akomodasi murah di sekitar Pulau Derawan

Akomodasi murah di sekitar Pulau DerawanKredit gambar: Google Maps Wini Ismiyani

1. Resor & Restoran Lapauta Derawan

Hostel dengan lokasi di tepi pantai ini memiliki fasilitas yang lengkap. Tarif kamar di sini mulai dari Rp 400.000 per malam.

2. Resor Selam Derawan

Tarif kamar di hostel ini mulai dari Rp 660.000 per malam. Lokasinya sangat menarik karena mengapung di atas air laut.Fasilitas disini sangat lengkap.

3. Memancing Eco-Villa

Hostel ini juga terletak mengambang di atas air dan memiliki nuansa kayu. Anda yang menyukai suasana kamar serba kayu bisa memilih hostel ini.

Fasilitas yang tersedia di Pulau Derawan Berau

Fasilitas Pulau Berau DerawanKredit gambar: Google Maps Brigida Emi Lilia

Pulau ini tidak hanya menawarkan pesona pemandangan alamnya yang mempesona, pengelola pulau ini telah menyediakan fasilitas yang lengkap dan memadai bagi para wisatawan. Anda bisa menyewa kapal cepat dan menyewa PP shuttle dari bandara Kalimarau ke dermaga Tanjung Batu.

Penyewaan peralatan untuk snorkeling, diving, wisata bahari seperti perahu pisang juga tersedia di pulau ini. Ada juga fasilitas lain seperti kamar mandi, toilet, tempat ibadah, parkir kendaraan, dermaga dan juga warung makan.

Bagi Anda yang ingin bermalam, tersedia juga banyak penginapan di sekitar pulau ini. Anda bisa memilih akomodasi yang nyaman disesuaikan dengan budget Anda.

Demikian informasi wisata Pulau Derawan yang bisa Anda jadikan referensi saat liburan tiba. Ada banyak aktivitas menarik yang bisa kamu lakukan di sini. Apalagi di sekitar pulau banyak terdapat hostel dengan fasilitas yang memadai.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button