Curug Cinta, Air Terjun Indah Mirip Green Canyon di Bogor - WisataHits
wisatahits

Curug Cinta, Air Terjun Indah Mirip Green Canyon di Bogor

air terjun cinta salah satu tempat wisata alam yang luar biasa Bogor, Jawa Barat yang menarik untuk dijelajahi karena keindahannya. Dikenal dengan nama Mini Green Canyon, air terjun ini menawarkan panorama alam yang sangat indah dan sejuk untuk berbagai aktivitas liburan seru.

Harga tiket: Rp 10.000, Jam operasional: 07.00-17.00 WIB, Alamat: Bantar Karet, Kec. Nanggung, Kota Bogor, Jawa Barat; Kasus: Cek lokasi

Bogor adalah kota yang dikenal sebagai kota hujan. Tak heran karena curah hujan yang cukup tinggi di kota ini. Hal inilah yang mempengaruhi wisata alam di sekitar Kota Bogor khususnya wisata alam berupa air terjun. Contoh air terjun yang sangat indah dan mempesona adalah Curug Cinta.

Perlu Anda ketahui bahwa sebelum namanya menjadi Curug Cinta seperti sekarang ini, air terjun ini dinamai Curug Leuwi Cateng. Namun karena bentuk air terjun ini menyerupai bentuk hati, maka air terjun ini berganti nama menjadi Curug Cinta.

Selain namanya yang unik, ternyata air terjun ini memiliki mitos yang unik dan sudah diakui banyak orang. Hanya sedikit orang yang percaya bahwa jika pengunjung datang ke air terjun ini, konon mereka akan menemukan pendamping di sini. Tentu saja ini khusus untuk mereka yang masih single.

Atraksi Cinta Curug

Atraksi Cinta CurugKredit gambar: Twitter Fahmi Dwi Kurniawan

Banyak yang bilang air terjun ini mirip dengan air terjun Grand Canyon di Amerika Serikat. Hal ini dikarenakan keindahan dan keindahan air terjun ini. Inilah daya tarik yang dimilikinya.

1. Memiliki aliran air yang unik

Daya tarik yang menarik perhatian wisatawan yang datang ke sini adalah keunikan aliran airnya. Seperti diketahui, air terjun ini seolah diapit oleh dua batu yang berukir indah. Namun, batu tersebut sebenarnya bukan ukiran, melainkan karena proses alam.

Abrasi yang diakibatkan oleh aliran air yang telah mengalir selama ratusan tahun membuat bebatuan ini terlihat seperti pahatan. Tak heran banyak yang menyebut air terjun ini mirip dengan yang ada di Arizona, AS. Hal ini membuat wisatawan semakin betah untuk berlama-lama di kawasan air terjun.

2. Airnya selalu jernih dan bersih

Daya tarik Curug Cinta selanjutnya adalah airnya yang masih sangat bersih dan alami. Air yang mengalir melalui air terjun ini memiliki debit yang cukup besar, sehingga banyak yang menjadikan aliran air dari sungai air terjun ini sebagai sumber mata pencaharian seperti PDAM, irigasi lahan dan masih banyak lainnya.

Tak heran jika banyak wisatawan memanfaatkan kejernihan air terjun untuk melakukan berbagai aktivitas seperti berenang, arung jeram, mandi, atau bahkan sekedar bermain air di bawah air terjun. Warga sekitar air terjun percaya bahwa dengan menjaga kebersihan air terjun, mereka akan mendapatkan manfaat dari air terjun.

Tidak hanya itu, air sungai di sini memiliki keunikan yang tidak dimiliki oleh air sungai di tempat lain. Meski airnya berwarna biru, kandungan airnya masih jernih dan tidak terkontaminasi bahan kimia. Apalagi kedalaman yang dimiliki aliran ini sangat dangkal, hanya sekitar 1 meter, dan aliran airnya tenang.

3. Area di sekitar air terjun cukup unik

Atraksi Cinta CurugKredit Gambar: Instagram Leny Marcelina

Batu alam berbentuk Cinta menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung pagi hari. Nama Curug Cinta yang terinspirasi dari bentuk batu karang sangat indah dan mempesona. Biasanya, wisata bertema air terjun ini berlokasi di kawasan dekat hutan hijau atau pegunungan. Namun berbeda dengan air terjun yang satu ini.

Kawasan air terjun ini terletak di kawasan perkebunan dan juga di persawahan milik warga sekitar. Tepatnya terletak di atas batu. Batuan mengapit sungai membentuk air terjun. Bebatuan yang berbatasan dengan sungai ditumbuhi semak belukar dan tumbuhan liar. Bahkan di semak-semak tersebut terdapat pipa-pipa milik warga sekitar.

Pipa tersebut digunakan untuk mengairi persawahan di sekitar air terjun. Memang sejak dulu dan sebelum terkenal seperti sekarang ini, aliran air di sini hanya digunakan untuk mengairi kebun atau persawahan warga sekitar. Meski kini ramai pengunjung, fungsi aliran sungai tetap terjaga dan tidak mengurangi keindahan air terjun ini.

Alamat dan Petunjuk Menuju Lokasi Curug Cinta

Alamat Curug CintaKredit Gambar: Instagram Adolfina Patrice

Air terjun eksotis ini terletak di provinsi Jawa Barat, di Kabupaten Bogor. Secara spesifik tempat ini berada di kecamatan Nanggung dan berada di sebuah desa kecil yang asri dan sejuk bernama Desa Bantar Karet. Lokasinya sangat strategis dan bagi anda yang bukan berasal dari wilayah Bogor, anda dapat dengan mudah menemukan tempat wisata ini.

Jika Anda berangkat dari Jakarta, Anda bisa langsung menuju Kota Bogor melalui Tol Jagorawi. Kemudian Anda keluar dari tol bernama Sentul City.

Setelah meninggalkan Sentul City, Anda harus belok kiri ke sebuah tempat bernama Jungle Land. Sebelum memasuki gerbang Jungle Land, belok kanan di jalan yang sepi di desa, lalu Anda akan menemukan pertigaan di sana. Kemudian belok kiri dan lurus terus, Anda akan sampai di air terjun dalam waktu sekitar 30 menit.

Harga tiket masuk Curug Love Bogor

Harga tiket Love BogorKredit Gambar: Instagram Leny Marcelina

Untuk dapat memasuki kawasan Curug Cinta, Anda akan dikenakan tiket masuk serta biaya parkir kendaraan. Tiket masuk ke lokasi air terjun sendiri sangat terjangkau untuk semua orang yaitu hanya sekitar Rp 10.000 untuk satu orang. Untuk masalah tarif parkir kendaraan roda dua dikenakan biaya sebesar Rp 5.000.

Sedangkan untuk biaya parkir kendaraan roda empat akan dikenakan tarif sebesar Rp 10.000 untuk satu kendaraan. Biayanya sangat murah mengingat tempat parkir tempat ini sangat luas dan nyaman. Juga, parkir di sini sangat aman, karena petugas yang menjaga tempat parkir memiliki staf yang cukup untuk menjaga kendaraan.

Tempat wisata yang banyak pengunjungnya pasti memiliki jam buka, jam buka ini bertujuan untuk mengontrol jumlah wisatawan yang kemungkinan akan datang. Jam buka Curug Love adalah antara pukul 07:00 hingga 17:00 dan akan dibuka setiap hari. Disarankan datang pada pagi hari untuk merasakan kesejukan air terjun.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Curug Love

Kegiatan Cinta CurugKredit Gambar: Instagram Mariam

1. Berenang di air terjun

Tidak enak rasanya jika mengunjungi air terjun tapi tidak merasakan kesejukan dan keasyikan airnya. Apalagi jika air terjun yang Anda kunjungi memiliki karakter yang unik, seperti halnya air terjun yang menawan ini. Air terjun ini memiliki keunikan yaitu warna airnya yang biru, namun tetap bersih dan segar.

Pihak pengelola sengaja menyediakan tempat untuk berenang atau mandi bagi pengunjung yang ingin merasakan kesejukan air. Bermain air di sini sambil menikmati keindahan alam sekitar menjadi kegiatan utama yang diinginkan setiap wisatawan karena selain menyegarkan juga menyenangkan.

2. Body rafting

Bagi anda yang suka dan senang melakukan olahraga yang memacu adrenalin, salah satu kegiatan Curug Love yang sangat cocok untuk memenuhi keinginan anda yaitu Body Rafting. Ide rangkaian ini sangat cocok karena menggunakan aliran air di air terjun yang tidak terlalu besar dan juga tidak terlalu kecil.

Tour ini dilakukan dengan menaiki ban karet kemudian menyusuri sungai mengikuti arus dan tempat keseruannya adalah medan yang memacu adrenalin. Jika Anda memiliki minat dan keberanian yang cukup, ide wisata ini sangat cocok untuk dicoba. Keamanan yang diberikan saat mencoba kunjungan ini maksimal untuk melayani pengunjung.

3. Jelajahi alam

Kegiatan menarik di Curug CintaKredit gambar: Facebook Basuki Rahmat

Panitia pengelola pariwisata menghadirkan tawaran berupa wisata penjelajahan alam bagi para wisatawan petualang. Dengan inisiasi ide wisata yang ditawarkan kepada Anda, pasti dapat menambah wawasan dan pengalaman Anda dalam hal penjelajahan alam dan petualangan.

Anda pasti akan mendapatkan pengalaman yang mendebarkan dan mendebarkan. Di sini Anda juga akan mendapatkan pengalaman berbeda yang tidak akan pernah terlupakan. Karena nantinya, ketika Anda melakukan petualangan, Anda dapat menemukan keindahan alam yang menakjubkan dan juga dapat menemukan berbagai jenis hewan yang menemani petualangan Anda.

4. Kunjungan ke hutan pinus

Selain keindahan air terjun, Anda juga akan disuguhkan dengan keindahan alam di sekitar air terjun. Di sekitar lokasi air terjun banyak terdapat pohon pinus yang tinggi dan lebat. Saat Anda memasuki hutan pinus, Anda akan menemukan banyak spot foto yang Instagramable.

Pesona eksotis pinus dan masuknya sinar matahari yang terbelah oleh dedaunan lebat semakin menarik pengunjung yang datang. Tentunya hal ini akan semakin menambah nilai keindahan sebuah foto.

Hutan pinus sengaja dibuat untuk mencegah banjir atau tanah longsor yang terkadang meneror penduduk. Selain itu, Anda juga bisa bersantai di hutan pinus sambil menikmati jajanan yang dibeli dari pedagang di sekitar lokasi.

Ditemani semilir angin yang sejuk dan kicauan burung tentunya akan membuat anda semakin betah disini. Selain itu, kamu juga bisa membawa bahan-bahan untuk piknik ke sini bersama keluarga atau orang-orang tersayang. Atau bisa juga dengan menyewa tenda yang sudah disiapkan oleh pengelola.

Fasilitas yang tersedia di Curug Love Bogor

Fasilitas di Curug CintaKredit gambar: Google Maps Yermia Tangguh

Fasilitas yang tersedia di Curug Cinta cukup lengkap. Hal tersebut tentunya bertujuan agar wisatawan merasa nyaman dan betah untuk berlama-lama di sini. Fasilitas yang sudah disediakan pengelola antara lain kamar mandi, warung makan, persewaan tenda, pelampung, ban arung jeram dan juga ada fasilitas non deposit.

Tentu saja, jika Anda ingin memanfaatkan fasilitas tertentu, seperti lokasi sewa properti, Anda memerlukan biaya sewa sendiri. Dengan fasilitas yang ditawarkan tadi, tak heran jika tempat ini menjadi sangat ramai, apalagi saat liburan tiba. Wisatawan datang berbondong-bondong untuk memanfaatkan liburan mereka dengan sebaik-baiknya.

Inilah gambaran keindahan yang ditawarkan oleh sebuah objek wisata bernama Curug Cinta di Bogor. Destinasi wisata yang sayang untuk dilewatkan selama berada di Bogor. Selain harga tiket wisata yang ditawarkan cukup murah, suasana di sekitar destinasi wisata sangat tenang dan juga damai. Suasana seperti inilah yang kebanyakan orang berusaha untuk melepaskan penat dan penat.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button