Pulau Maratua Berau - Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Biaya Perjalanan - WisataHits
wisatahits

Pulau Maratua Berau – Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Biaya Perjalanan

Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Biaya Perjalanan – Pulau Maratua salah satu wisata bahari tersembunyi di gugusan Kepulauan Derawan, pesolek. Pulau eksotis yang kaya akan pesona, terutama keindahan bawah lautnya.

Biaya kunjungan: Mulai dari Rp150.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: daerah. Maratua, Kab. Berau, Kalimantan Timur; Kasus: Cek lokasi

Kalimantan tidak hanya menyimpan keindahan hutannya yang merupakan paru-paru bumi, tetapi juga beberapa wilayahnya bisa menjadi pilihan destinasi liburan. Beberapa pulau terdekat memiliki banyak keindahan alam yang bisa dikunjungi, salah satunya adalah Pulau Maratua Berau.

Pulau di bagian terluar Indonesia ini tidak terlalu luas. Namun, panoramanya tak terbantahkan. Pemandangannya mungkin akan mengejutkan siapa saja yang berhenti di situ. Wisatawan yang datang ke sini tidak akan kecewa untuk menjelajahi pulau lebih dalam.

Ada beberapa titik di pulau kecil yang bisa dieksplorasi lebih jauh. Mulai dari pesona wisata bahari yang terbentang hingga objek alam lainnya bisa menjadi pilihan liburan Anda. Akses menuju Pulau Maratua juga tidak terlalu sulit, sehingga memudahkan wisatawan untuk datang.

Tempat Wisata Pulau Maratua Berau

Objek Wisata Pulau Maratua BerauKredit Gambar: Google Maps danief29

1. Keindahan Teluk Harapan

Daerah ini sebenarnya dinamai sebuah desa di pulau itu. Desa ini merupakan ibu kota kabupaten Maratua. Wilayah ini terkenal dengan wisata bawah lautnya yang indah. Pengunjung bisa leluasa menjelajah tidak hanya tepi pulau, tapi juga bawah permukaan laut.

Ada pantai di tepi pemukiman. Inilah pantai Teluk Harapan yang terbentang memanjang dengan keindahan pasir putihnya. Tempat wisata ini tidak memiliki hamparan pasir yang luas menjorok ke dalam, namun panjangnya cukup panjang mengelilingi tempat tersebut.

Pengunjung akan merasa tenang saat berhenti di sini karena banyak tumbuh tumbuhan di sekitar sana. Pepohonan yang ditanam tidak jauh dari bibir pantai membuat pohon-pohon palem beriak saat tertiup angin. Nuansa ini akan membuat wisatawan nyaman, dan tubuh akan rileks.

Di tempat wisata Pulau Maratua ini terdapat dermaga yang terbuat dari kayu yang menjorok ke laut. Dermaga ini seperti jembatan di atas pantai menuju beberapa resort. Resor di sini sebagian besar terletak di atas air, yang menjadikannya tempat yang menarik bagi siapa saja yang berhenti di sana.

Laut di sekitarnya tampak begitu jernih, menunjukkan kejernihan airnya. Pengunjung dapat melihat permukaan bawah dengan mata telanjang. Ada banyak satwa liar seperti ikan yang berenang bebas di sepanjang itu hingga penyu sisik hijau yang lewat.

2. Pesona Danau Unik

Pulau lengkung Maratua memiliki dua buah danau yang bisa dinikmati oleh pengunjung yang berwisata ke sana. Danau yang terletak di pulau kecil ini memang bisa memikat siapa saja yang tertarik untuk mampir ke sana. Kedua objek wisata ini juga memiliki keunikan yang membedakannya dengan danau di tempat lain.

Salah satu danau yang ada di tempat ini adalah Danau Haji Buang. Objek ini memiliki keunikan yang dapat menarik pengunjung untuk datang. Keunikannya adalah banyak populasi ubur-ubur yang tinggal di sana. Selain ubur-ubur, di tempat ini juga terdapat ikan julung-julung yang cukup langka.

Dengan pesonanya yang relatif masih asli, danau ini sering disamakan dengan Danau Ubur-ubur Pulau Kakaban. Meski akses menuju ke sana tidak terlalu mudah, masih ada beberapa wisatawan yang datang ke sana karena ingin melihat langsung pemandangan alam yang indah.

Selain danau, kawasan yang berbatasan dengan Filipina selatan ini juga memiliki danau lain yang tak kalah eksotis. Adalah Danau Tanah Bamban yang berisi air payau serta Danau Haji Buang. Bentang alamnya menawarkan panorama yang tak kalah indah untuk diapresiasi.

3. Menikmati segarnya air Gua Haji Mangku

Objek wisata milik pulau Maratua BerauKredit gambar: Google Maps Miftahul Khair

Tempat kecil dengan berbagai keindahan ini memiliki gua di dalamnya. Terletak beberapa puluh meter dari pantai utara pulau. Tempat wisata yang tergolong baru ini cukup mudah dijangkau bagi pengunjung yang ingin mampir. Berbagai hal bisa didapatkan oleh siapa saja yang datang berkunjung ke tempat ini.

Gua ini berada di tengah hutan jadi tentunya banyak pepohonan yang tumbuh disekitarnya. Di pinggir goa terdapat kolam yang airnya jernih berwarna biru cerah. Airnya payau begitu juga dengan danau-danau yang mengelilinginya.

Waktu yang disarankan untuk mengunjunginya adalah pada siang hari. Karena pada saat itu sinar matahari dapat menerangi tempat untuk menembusnya. Itu membuat air lebih biru dan kondusif untuk mencicipi. Untuk sampai ke sana, pengunjung harus mengikuti beberapa jalur.

Keberangkatan pengunjung berjalan kaki menuju hutan di sekitar goa. Jalurnya memiliki karang yang tajam, jadi Anda harus berhati-hati saat melintasinya. Perjalanan memakan waktu sekitar 10 menit untuk sampai ke sana. Anda akan kagum dengan pesonanya yang gila.

4. Titik pelacakan bawah air

Seperti yang diketahui bahwa ada banyak tempat untuk menikmati keindahan laut di dalam dan di sekitar pulau. Banyak titik di sekitarnya yang cocok sebagai lokasi menyelam. Bagi para pecinta diving tentu hal ini menjadi sesuatu yang sangat menarik.

Alamat dan rute menuju lokasi Pulau Maratua

Alamat Pulau MaratuaKredit gambar: Google Maps Yolanda Prisillia Wirawan

Destinasi wisata ini merupakan salah satu dari 94 pulau paling terpencil di Indonesia. Lokasinya cukup strategis karena berbatasan dengan lebih dari satu negara. Dari utara ke timur laut pulau kecil itu, persis di seberang wilayah selatan Filipina. Sedangkan di sebelah barat laut berbatasan dengan Malaysia.

Terletak di Laut Sulawesi, tetapi merupakan bagian dari provinsi Kalimantan Timur. Itulah yang membuatnya unik. Pulau yang berpenduduk sekitar 3.600 jiwa ini terletak di sisi selatan kota Tarakan. Tempat ini merupakan bagian dari Kepulauan Derawan di Kabupaten Berau.

Untuk menuju ke sana, pengunjung dapat mengambil jalur laut atau udara. Pada tahun 2017, sebuah bandara didirikan di lokasi ini. Dengan adanya tempat ini tentunya semakin memudahkan setiap orang yang ingin menghabiskan liburannya disana. Sebelumnya, pengunjung harus menempuh jalur air untuk sampai ke sana.

Untuk menuju Pulau Maratua melalui jalur laut, wisatawan dapat menggunakan speed boat dari pelabuhan wisata khusus di Tanjung Redep. Waktu tempuh kurang lebih 3 jam.

Biaya Perjalanan ke Pulau Maratua Berau

Biaya Perjalanan ke Pulau Maratua BerauKredit gambar: Google Maps Ramdan Hanafi

Berkunjung ke pulau seluas kurang lebih 384 km2 ini tentunya membutuhkan sejumlah biaya. Jika pengunjung ingin menggunakan pesawat, harus menggunakan maskapai Susi Air. Sejak awal sekitar tahun 2020, maskapai ini telah membuka rute penerbangan perintis ke pulau tersebut dengan biaya yang tidak terlalu mahal, yakni sekitar 400-500 ribu rupiah.

Juga, jika Anda ingin menggunakan speedboat, Anda dapat membayar biaya yang lebih murah dari itu. Pengunjung harus berada di Pelabuhan Tanjung Batu untuk menyewa kapal cepat ini ke pulau tujuan. Speed ​​boat berkapasitas sekitar 10 orang ini memiliki tarif sekitar 150 hingga lebih dari 200 ribu rupiah.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pulau Maratua

Kegiatan menarik Pulau MaratuaKredit gambar: Google Maps Tia Julianti

1. Menyusuri keindahan pantai

Banyak hal yang bisa dilakukan saat mengunjungi pulau eksotis ini, salah satunya mampir ke beberapa pantai yang ada di sana. Tempat wisata ini dapat dinikmati secara bebas oleh wisatawan yang mengunjunginya. Keberadaan pulau yang berada di tengah laut membuat pantai ini indah, sehingga sayang untuk dilewatkan.

2. Nikmati laut

Banyak aktivitas yang bisa dilakukan dalam wisata bahari di Pulau Maratua. Beberapa dari mereka bermain air di pantai, berenang di laut sekitar, hingga menyelami keindahan dasar laut yang mengelilinginya. Pengunjung akan menemukan banyak cara untuk menikmati sejuknya air laut di sekitar pulau.

Dasar laut di sekitarnya yang indah dengan terumbu karang menghiasi keindahan panorama alamnya. Berbagai jenis ikan hingga fauna laut lainnya seperti penyu dan ubur-ubur juga dapat ditemukan, yang membuat laut menarik untuk dijelajahi lebih dalam.

3. Ambil foto Ria

Berkunjung ke tempat tersebut tentu tidak akan lengkap jika tidak mengabadikan setiap momen dengan beberapa foto. Banyak titik objek wisata yang cocok untuk latar belakang foto yang diambil.

Akomodasi murah di sekitar Pulau Maratua

Akomodasi murah di sekitar Pulau MaratuaKredit Gambar: Google Maps Handi Eka Sapta

1. Resor Pratasaba

Tempat menginap ini terbilang cukup mewah dengan harga sewa per malam mencapai jutaan rupiah. Instalasi lengkap seperti AC hingga restoran.

2. Borneo Cottage Maratua

Guest house ini tergolong kelas menengah dengan harga di bawah satu juta rupiah. Lokasinya berada di Teluk Harapan dengan fasilitas yang cukup lengkap.

3. Resor Noe Maratua

Hostel kelas atas ini terletak di kawasan Teluk Harapan dengan fasilitas lengkap seperti AC restoran.

Fasilitas yang tersedia di Pulau Maratua Berau

Fasilitas Pulau Maratua BerauKredit gambar: Google Maps uwo

Berbagai fasilitas direncanakan di pulau wisata tersebut. Diantaranya adalah persewaan mobil dan perahu hingga perlengkapan menyelam. Jalan di sana relatif mulus dan tersedia berbagai fasilitas, seperti toilet dan tempat ibadah untuk objek wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Indonesia memiliki banyak pulau yang kurang dikenal. Tak jarang beberapa tempat ini memiliki pesona tersendiri yang patut untuk dikunjungi. Pulau Maratua di Kabupaten Berau yang berada di seberang lautan merupakan salah satu destinasi yang begitu indah.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also
Close
Back to top button