Padang Mangateh, Wisata Peternakan Sapi Gaya Selandia Baru di Tanah Minang - WisataHits
wisatahits

Padang Mangateh, Wisata Peternakan Sapi Gaya Selandia Baru di Tanah Minang

Harga tiket: Gratis, Jam operasional: 07.45-16.00 WIB, Alamat: Jl.Padang Atas, Mungo, Kec. Luka, Kab. Lima Puluh Kota, Sumatera Barat; Kasus: Cek lokasi

Padang Mangath yang terletak di Sumatera Barat dibuka pada tahun 1916 oleh pemerintah Belanda untuk digunakan sebagai peternakan kuda. Kemudian, pada tahun 1936, peternakan ini menambahkan sapi sebagai ternak. Setelah beroperasi beberapa waktu pada tahun 1950, Wakil Presiden Moh. Hatta menjadikan peternakan ini milik pemerintah pusat dan mengelolanya dengan baik.

Padang rumput yang berada di ketinggian 700 hingga 900 meter di atas permukaan laut dengan suhu berkisar antara 18 hingga 28 derajat Celcius ini berhasil menjadi salah satu peternakan terbesar di Asia Selatan. Kemudian karena keindahan alam dan keindahan alam yang mengelilinginya, peternakan ini dibuka untuk umum dan dijadikan tempat wisata oleh pemerintah.

Namun karena masih banyak wisatawan yang tidak mengikuti aturan dengan membuang sampah dan memberikan makanan yang tidak jelas kepada ternak, yang seringkali membuat hewan sakit. Hal ini membuat Padang Mangateh tidak dibuka untuk umum namun kemudian dibuka kembali namun harus melakukan registrasi terlebih dahulu sebelum bisa masuk ke sini.

Atraksi Padang Mangath

Mangath PadangKredit Gambar: Facebook Jelajahi Indonesia

Ada beberapa objek wisata yang menjadikan sabana sebagai tempat wisata. Berikut adalah beberapa tempat wisata padang rumput yang terletak di Sumatera Barat ini.

1. Gunung dan Bukit

Daya tarik pertama Padang Mangath adalah pegunungan dan perbukitan yang bisa dilihat dari padang rumput ini. Dengan area padang rumput yang luas, wisatawan dapat menikmati keindahan pegunungan dan perbukitan di sekitarnya dari mana saja. Sangat cocok untuk bersantai dan menghilangkan stres.

Banyak orang datang ke peternakan ini untuk berburu foto yang bagus. Selain itu, dengan latar belakang pegunungan dan perbukitan yang terlihat dari dalam farmhouse, beberapa pasangan menjadikan tempat ini sebagai tempat foto prewedding mereka.

2. Hutan sekitar

Karena terletak di kaki gunung, tempat wisata ini sangat segar dan sejuk. Bagi Anda yang merasa pusing karena hiruk pikuk kota dan kebisingan kendaraan yang berlalu-lalang sepanjang waktu, berlibur di tempat ini adalah rekomendasi yang tepat.

Dengan banyaknya pepohonan hijau di sekitar padang rumput ini, alam ini sangat indah untuk dipandang. Santai memandangi hijaunya dedaunan dan rerumputan hijau di ladang ini adalah obat alami paling mujarab untuk relaksasi.

3. Padang rumput

Daya Tarik Padang MangatahKredit Gambar: Facebook Anak Minang

Daya tarik Padang Mangath selanjutnya adalah padang rumputnya. Banyak turis membandingkan padang rumput ini dengan padang rumput di Pulau Utara negara bagian Selandia Baru. Memang, keindahan padang rumput ini dinilai cukup untuk disandingkan dengan padang rumput Selandia Baru.

Memiliki area yang sangat luas dan banyak rerumputan hijau di sepanjang padang rumput ini membuat keindahannya cukup untuk diapresiasi. Selain itu, sapi yang ditemukan di sekitar padang rumput membuat wisatawan bisa sedikit bercanda dengan hewan-hewan ini.

4. Hewan ternak

Daya tarik terakhir dari padang rumput ini adalah ternak. Ada sekitar 1200 ekor sapi yang dipelihara di padang rumput ini. Wisatawan bisa belajar cara beternak sapi yang baik dan bagus langsung dari ahlinya saat berlibur di Padang Mangateh.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Padang MangathKredit gambar: Facebook Ponggong Sialangan

Berjarak 136 kilometer dari kota Padang yang merupakan ibu kota Sumatera Barat, dapat diakses dengan kendaraan bermotor selama 3 jam 30 menit melalui Jl, Lintas Sumatera. Lokasi tepatnya berada di Jl. Padang Atas, Kabupaten Lima Puluh Kota, Provinsi Sumatera Barat.

Untuk rute menuju Padang Mangateh bisa dimulai dari Kota Padang menuju Loeboek Aloeng melalui Jl, Lintas Sumatera Barat, Padang Bukittinggi. Setelah itu, ambil jalur menuju Kayutanam. Lanjutkan jalan ini sampai menemukan Ampera Anak Bundo lalu belok kanan ke Jl.Pua River Kingdom.

Dari Jl Raya Sungai pua terus sampai perempatan lalu belok kanan di Jl Raya Canduang masuk Jl Raya Batusangkar lalu masuk Jl Sumatera Barat. Setelah itu belok kanan ke Jl.Singa Harau lalu belok kiri ke Jl.Khatib Salomon. Setelah itu belok kanan di pertigaan menuju Jl. Moh Yamin dan belok kanan menuju Jl. Padang Atas terus jalan hingga menemukan lokasi lapangan.

Harga tiket masuk objek wisata

Harga Tiket Padang MangateKredit gambar: Google Maps Sutrisno Sutris

Tiket masuk ke Padang Mangateh gratis alias gratis. Asalkan wisatawan sudah memiliki izin berkunjung. Cara mendapatkan surat kunjungan dapat diproses secara online pada website yang telah disediakan, kemudian melakukan pendaftaran kunjungan setelah mencetaknya dan membawa hasil print out tersebut ke alamat penjaga padang penggembalaan.

Nantinya satpam akan konfirmasi ke pihak kantor untuk mendapatkan izin mengizinkan wisatawan masuk. Tidak hanya untuk liburan atau kunjungan, peternakan ini juga menyambut pengunjung yang datang dalam perjalanan bisnis.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Padang Mangate

Kegiatan menarik di Padang MangateKredit gambar: Facebook Reihan Zaharani

Ada beberapa aktivitas yang bisa dilakukan wisatawan saat datang ke padang rumput ini. Dari perjalanan bisnis hingga liburan atau liburan. Berikut beberapa aktivitas menarik yang bisa dilakukan saat liburan di Padang Mangath.

1. Ambil gambar

Banyak orang datang ke tempat wisata ini untuk tujuan berfoto. Apakah Anda mengambil foto sendiri atau dalam kelompok. Pengambilan gambar dengan konsep padang rumput yang hijau dan luas masih sedikit. Itulah yang membuat tempat ini begitu populer untuk hunting foto yang bagus.

Tidak hanya itu, tempat ini juga terkadang dikunjungi oleh wisatawan yang akan menikah. Tujuan mereka datang ke padang rumput ini adalah untuk berfoto sebelum pernikahan.

2. Nikmati lingkungan

Dengan lingkungan alam yang sangat indah, pegunungan, perbukitan, padang rumput dan pepohonan hijau, bersantai dan berlibur di tempat padang rumput ini merupakan pereda stres yang sangat ampuh. Dengan luas lahan yang sangat luas, wisatawan bisa berkeliling sepuasnya, namun tetap memperhatikan kebersihan saat memasuki kawasan wisata ini.

3. Belajar merawat sapi

Hal yang Dapat Dilakukan di Padang MangathKredit gambar: Google Maps Oktari Agustian

Karena banyaknya sapi yang ada di lokasi Padang Mangateh, wisatawan bisa bertemu dengan sapi-sapi yang ada. Wisatawan dapat berfoto bersama sapi-sapi tersebut atau belajar cara merawat sapi kecil hingga besar dengan baik dan benar.

Perlu diingat bahwa sapi di sini tidak boleh diberi makan oleh wisatawan kecuali diizinkan oleh penjaga peternakan. Itu juga diberi makan oleh makanan yang disediakan oleh manajemen peternakan, dan bukan oleh makanan yang dibawa oleh para turis. Karena untuk mencegah terjadinya keracunan ternak atau membuat sapi sakit.

4. Menikmati matahari terbenam

Momen sunset memang menjadi salah satu momen terindah untuk dilihat. Dari padang rumput di Sumatera Barat ini, wisatawan juga bisa menikmati indahnya matahari terbenam. Dengan warna langit yang berubah dari biru menjadi merah menjadi kuningan dan perbukitan hijau di sekitarnya, mata yang menyaksikan sunset akan linglung sejenak.

Fasilitas yang tersedia di Padang Mangate

Fasilitas di Padang MangatehKredit gambar: Facebook Indoflashlight

Ada beberapa fasilitas yang bisa ditemukan saat mengunjungi sabana ala Tanah Minang, Padang Mangatah. Berikut beberapa fasilitas tersebut.

1. Area parkir

Yang pertama adalah area parkir kendaraan untuk wisatawan. Area tersebut berada di padang rumput dan akan dijaga dengan aman oleh security yang sedang bertugas. Dengan demikian, wisatawan tidak perlu khawatir meninggalkan kendaraan bermotornya di tempat parkir.

2. Tempat foto

Kemudian ada spot foto. Spot-spot foto ini memang tidak sengaja didesain untuk menarik pengunjung, namun spot-spot ini adalah alam yang indah dengan beberapa fasilitas tambahan seperti jalan di tengah padang rumput yang menjadikannya tempat yang bagus untuk berfoto.

3. Berjalan

Karena padang rumput ini begitu luas, ada jalan yang bisa digunakan untuk lalu lintas kendaraan bermotor. Namun hanya sedikit kendaraan yang diperbolehkan masuk, biasanya kendaraan pengelola padang rumput diperbolehkan melewati lokasi ini.

4. Belvedere

Selanjutnya adalah tempat duduk tertutup atau gazebo yang bisa digunakan untuk beristirahat. Ada beberapa gazebo yang bisa digunakan untuk beristirahat di area padang rumput ini.

5. Toilet umum

Di sini terdapat toilet umum bagi wisatawan yang ingin buang air kecil atau besar. WC umum dibagi menjadi 2 bagian, yaitu WC umum untuk laki-laki dan WC umum untuk perempuan. Hal ini dilakukan untuk menjaga privasi dan menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Saat Anda mendapatkan izin untuk pergi berlibur ke Padang Mangatah, sebaiknya Anda membawa bekal dari rumah. Ini karena tidak ada warung makan di area padang rumput. Saat tiba di lokasi wisata, selalu patuhi peraturan yang berlaku. Jangan membuang sampah sembarangan, terutama sampah plastik. Jangan memberi makan sapi tanpa sepengetahuan pemerintah setempat.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button