Pulau Bokori, Destinasi Bahari Eksotis di Sulawesi Tenggara - WisataHits
wisatahits

Pulau Bokori, Destinasi Bahari Eksotis di Sulawesi Tenggara

Pulau Bokori di Sulawesi Tenggara adalah destinasi bahari kecantikan perlu diperhatikan. Hosting yang mudah dan murah sangat berharga MENJADI Keunggulan lain dari Pulau Bokori.

Biaya perjalanan : Mulai dari Rp20.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Tapulaga, Kec. Soropia, Kab. Konawe, Sulawesi Tenggara; Kasus: Cek lokasi

Sulawesi Tenggara menyimpan sebuah pulau dengan keindahan eksotis yang bisa dinikmati oleh masyarakat umum. Meski tidak setenar Bali, pesona pulau ini tak kalah indahnya dengan Bali. Untuk itulah pemerintah terus melakukan pembenahan agar pulau ini bisa dinikmati keindahannya.

Pulau Bokori tidak salah jika sudah menjadi surganya Sulawesi Tenggara. Tak jarang wisatawan asing bisa menghabiskan banyak waktu di pulau cantik ini untuk berlibur. Selain itu, biaya yang dikeluarkan untuk berlibur juga tidak terlalu besar. Dengan demikian, liburan di Bokori bisa dijadikan alternatif lain selain pulau Bali.

Untuk menuju pulau yang cukup terpencil ini, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan agar tidak salah tempat, waktu, dan akomodasi di pulau terkenal di kawasan Kendari ini.

Liburan di pulau eksotis Bokori

Liburan Pulau BokoriKredit gambar: Google Maps Rhega Farianda

Pulau Bokori merupakan salah satu pulau yang sering dijadikan tempat liburan oleh banyak wisatawan baik dalam maupun luar negeri. Semua orang setuju bahwa pulau ini memiliki keindahan dan sisi eksotis yang tidak boleh ditanyakan lagi.

Pesona pulau ini tidak kalah dengan pulau Bali yang menawarkan pesona surga dunia di Sulawesi Tenggara. Pengalaman liburan di sana bisa membuat wisatawan melupakan beban berat yang ada di pundak dan kepala mereka sepanjang waktu akibat pekerjaan.

Pulau Bokori sebenarnya termasuk dalam Wilayah Perkotaan Kabupaten Konawe. Namun, orang lebih mengenalnya sebagai turis nusantara di Kendari. Jadi jangan sampai salah dalam menentukan lokasi agar tidak bingung saat sampai di lokasi wisata. Cobalah pelajari lokasi di sana sebelum membeli tiket untuk wisatawan luar pulau.

Meski pulau ini terletak di ibu kota, wisatawan akan bisa merasakan udara laut yang terbawa angin laut yang berhembus sepanjang hari. Pemerintah Sulawesi Tenggara sendiri terus dan terus mengembangkan sisi wisata daerahnya. Terutama di pulau Bokori ini.

Pulau Bokori harus lebih menarik pesonanya untuk menarik lebih banyak wisatawan untuk berkunjung. Pasalnya, banyaknya wisatawan yang akan datang akan mendongkrak perekonomian masyarakat setempat.

Pulau Bokori merupakan pulau kecil yang menjadi tempat wisata. Padahal pulau Sulawesi Tenggara merupakan kawasan perkampungan bagi Suku Bajo yang berprofesi sebagai nelayan. Pada pertengahan tahun 1980-an, puluhan suku Bajo mulai bermukim dan menetap di kawasan pesisir Pulau Bokori.

Juga, pengembara laut mulai perlahan-lahan dipindahkan ke Soropia. Mayoritas mata pencaharian masyarakat Bajo adalah sebagai nelayan. Pulau Bokori telah menjadi tempat wisata sejak awal tahun 90-an.

Pulau Bokori memiliki kumpulan pulau-pulau kecil yang mirip dengan pulau Hawaii. Wisatawan juga akan disuguhkan pemandangan pohon kelapa yang berjejer di atas hamparan pasir putih. Apalagi air lautnya lebih biru dengan ombak yang tenang dan tidak begitu besar. Kecantikan yang menyegarkan.

Di pinggir laut, vila-vila kayu kecil menambah pesona pulau. Semua keindahan ini belum tentu ditemukan di tempat lain karena masyarakat Pulau Bokori sangat menjaga keindahan alamnya.

Aktivitas Menarik yang Dapat Dilakukan di Pulau Bokori

Aktivitas di Pulau BokoriKredit gambar: Google Maps Imam MubaRock

Bagi yang belum pernah menginjakkan kaki di Pulau Bokori pasti bertanya-tanya tentang kegiatan yang bisa dilakukan di sana selama liburan. Karena selama liburan, Anda pasti ingin menghabiskan waktu dengan berbagai aktivitas yang menyenangkan dan bisa melepaskan kepenatan kerja.

Kegiatan yang bisa dilakukan di sana bisa dilakukan secara gratis atau berbayar. Dan itu bisa dilakukan sepanjang hari. Pilih kegiatan yang sesuai dengan hobi Anda dan yang paling Anda sukai.

Hal pertama yang harus dilakukan di sana adalah melihat matahari terbenam. Banyak wisatawan yang mencari foto sunset disini untuk mendapatkan foto siluet yang sedang populer saat ini. Warna oranye langit Bokori memberikan warna pantai yang indah.

Kegiatan selanjutnya adalah hammock berjenjang. Kegiatan ini paling seru jika dilakukan bersama teman dan keluarga. Bagi yang mengalami vertigo, Anda bisa memilih hammock yang paling rendah. Duduk di hammock di pinggir pantai bersama teman atau keluarga memberikan pengalaman baru berlibur.

Aktivitas selanjutnya adalah short sea diving atau snorkeling. Kegiatan ini akan membuat wisatawan merasakan air laut yang bersih, jernih dan segar. Wisatawan dapat melihat ikan warna-warni dan terumbu karang dari dekat yang masih terjaga keasliannya.

Bagi yang senang dengan aktivitas yang memacu adrenalin, bisa mencoba banana boat. Ada juga persewaan di pantai. Menikmati pantai di atas kapal berkecepatan tinggi akan menimbulkan tangisan yang seharusnya melepaskan semua beban pikiran yang tertahan.

Aktivitas terakhir di Pulau Bokori yang bisa dilakukan adalah menyaksikan hamparan rerumputan yang sangat luas dan indah. Ada rerumputan yang dijadikan spot foto instagramable yang diburu wisatawan. Selain itu, udara di sekitar padang rumput yang sejuk membuat orang bisa bertahan hidup dalam waktu yang lama.

Akomodasi di pulau indah Sulawesi Tenggara

Akomodasi di Pulau BokoriKredit gambar: Google Maps Fatasya Nurmadianty

Bagi wisatawan yang ingin berlibur ke pulau tersebut, bisa mempertimbangkan cara-cara berikut ini. Cara pertama melalui jalur laut, di Desa Bajoe terdapat 3 pelabuhan yang saat ini menjadi Dermaga Bokori.

Pemerintah menyediakan dermaga dengan segala perlengkapannya untuk mendukung keselamatan penyeberangan. Wisatawan harus membayar biaya yang cukup terjangkau sekitar 20.000 per orang. Anda hanya perlu menunggu sampai kapal penuh sebelum Anda bisa berangkat.

Bagi yang tidak mau menunggu dan jika sudah memiliki rombongan minimal 3 orang bisa langsung berangkat dengan membayar sekitar 100 ribu. Harga yang sangat terjangkau untuk akomodasi laut hari ini.

Sebagai jalur kedua menuju Bokori melewati pemukiman suku Bajo di desa Bajo Mekar. Jika Anda memilih rute ini, Anda hanya membutuhkan waktu 10 menit untuk sampai ke sana. Selain itu, nelayan menyediakan perahu siap hantar dan jemput hanya dengan membayar retribusi sebesar 30.000.

Perjalanan dari Kendari ke Labuhan Bajo hanya memakan waktu sekitar 40 menit. Disarankan untuk berhati-hati dalam perjalanan karena jalan aspal masih banyak lubang dan masih perlu diperbaiki sebagai fasilitas wisata yang lebih baik.

Saat menyeberang ke Bokori juga tidak memakan waktu lama, hanya sekitar 5-10 menit saja. Sesampainya di Bokori, wisatawan bisa menyusuri pulau yang indah ini dan merasakan hamparan pasir putih yang luas.

Biaya Liburan Pulau Bokori

Pulau Bokori SegarKredit gambar: Google Maps Gasa Bahar Putra

Jika ingin ke sana, tidak perlu memikirkan biaya masuk pulau. Pemerintah setempat telah menghapus biaya masuk ke Pulau Bokori. Wisatawan hanya membayar untuk bermalam di resor pantai.

Harga sewa akomodasi juga bervariasi. Semua sesuai dengan fasilitas dan lokasi akomodasi yang dipilih. Semakin bagus view lokasi dan semakin lengkap fasilitasnya maka harga sewanya akan semakin tinggi. Sesuaikan saja dengan dana yang sudah siap. Jangan sombong di jalan keluar.

Tips Mudah Berlibur di Pulau Bokori

Tips untuk Pulau BokoriKredit gambar: Google Maps Rynaldo T

Ketika Anda pergi berlibur ke Bokori Anda harus berada di waktu yang tepat. Jangan mengambil waktu tetapi pada waktu yang salah hanya akan menyakiti Anda. Agar tidak sia-sia, ada baiknya memperhatikan tips liburan berikut ini.

Hal pertama yang harus dipikirkan adalah cuaca. Sebelum datang ke Bokori, sebaiknya perhatikan cuaca saat ini. Pilih cuaca cerah kemudian pergi siang hari. Ini membantu untuk mendapatkan matahari terbenam. Tapi pertimbangkan dulu durasi perjalanannya.

Tips selanjutnya adalah membawa teman atau rombongan. Jika ingin berlibur ke Pulau Bokori dengan sedikit uang, sebaiknya wisatawan berlibur bersama teman atau rombongan. Selain biayanya lebih murah, berlibur bersama teman tentunya memberikan suasana yang lebih menyenangkan.

Kemudian pilih vila. Telah dikatakan bahwa fasilitas pendukung pulau ini adalah akomodasi yang terletak di sepanjang pantai. Agar Anda selalu mendapatkan cottage dengan fasilitas yang baik, Anda harus menghubungi pihak villa terlebih dahulu. Cari referensi vila di sekitar pulau.

Tips terakhir dan tidak kalah pentingnya adalah memilih waktu yang tepat untuk pergi berlibur. Bagi wisatawan yang tinggal jauh dari Sulawesi sebaiknya mengambil waktu liburan agar tidak terlalu lelah selama perjalanan. Semua ini diperlukan untuk liburan yang menyenangkan dan memuaskan.

Sayang sekali jika liburan ke Bokori dalam waktu yang sangat singkat. Habiskan setidaknya 2 hingga 3 hari di sana agar Anda tidak terlalu lelah di jalan. Sebaiknya gunakan waktu liburan yang cukup lama agar benar-benar bisa berlibur dengan tenang dan tidak diganggu oleh pekerjaan.

Indonesia memiliki banyak pulau yang keindahannya belum terpancar. Salah satunya adalah Pulau Bokori. Meski letaknya cukup jauh dari pusat pemerintahan negara, hal ini tidak menghalangi keindahannya untuk dijamah oleh orang luar. Menghabiskan waktu di sana akan membuat pikiran Anda segar.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also
Close
Back to top button