Pulau Penyu Jambi - Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Biaya Perjalanan - WisataHits
wisatahits

Pulau Penyu Jambi – Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Biaya Perjalanan

Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Biaya Perjalanan – pulau penyu salah satu pulau kecil tak berpenghuni yang eksotis di Tanjung Jabung Timur, Jambi. Pulau dengan hamparan pasir putih dan laguna yang indah mampu memanjakan mata pengunjung.

Biaya kunjungan: Rp80.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: daerah. Sadu, Kab. Tanjung Jabung Timur, Jambi; Kasus: Cek lokasi

Pulau Penyu Jambi atau yang juga dikenal dengan Pulau Telur merupakan kawasan yang tidak berpenghuni. Dalam arti, tidak ada manusia yang tinggal di sini. Masyarakat yang tinggal di sekitar lokasi hanya menggunakannya untuk mencari kayu bakar. Dinamakan Pulau Penyu karena sesuai dengan fakta dan situasi yang ada.

Tempat ini merupakan salah satu tempat persinggahan penyu di provinsi Jambi. Pulau kecil tapi estetis dan instagenic. Anda dapat menemukan kawanan penyu yang mendekati pantai untuk bertelur ratusan.

Selain daerah yang tidak berpenghuni, pulau ini juga cukup sulit untuk diakses. Anda harus melewati jalur darat dan laut secara berurutan. Namun, segala kelelahan yang mungkin Anda rasakan akan terbayar dengan uang tunai begitu Anda tiba di tempat tujuan.

Atraksi yang ada di Pulau Penyu

Atraksi Pulau PenyuKredit gambar: Google Maps Youngky Xie

1. Alam yang indah khas pulau tak berpenghuni

Layaknya sebuah kawasan yang tidak berpenghuni manusia, lingkungan tempat ini cukup terjaga dengan baik. Tidak ada sampah berserakan, limbah rumah tangga atau benda apapun yang dapat merusak lingkungan. Tentunya ini menjadi salah satu poin utama yang bisa membuat kamu betah.

Padahal, lingkungan di pulau ini asri dan nyaman. Jika Anda menemukan sampah, hanya jenis organik yang mudah terurai. Misalnya sisa-sisa kayu yang membusuk, daun-daun yang mati, dan ranting-ranting pohon.

Kebersihan lingkungan Pulau Penyu dibuktikan dengan airnya yang jernih berwarna kehijauan. Anda bisa melihat ke dasar laut, selain itu tumbuh pepohonan yang rindang dan kokoh, dimana daunnya berwarna hijau dengan berbagai kejenuhan.

Sesuai dengan keindahan yang ditawarkan, tidak lengkap rasanya jika melewatkan pesona pasirnya. Warnanya putih bersih dengan tekstur halus. Anda akan memiliki perasaan yang halus saat berjalan di sekitar area pantai. Butiran pasir seolah menggelitik kaki Anda.

Tidak berhenti di situ, selalu ada tempat menarik lainnya. Jangan lupakan tebing batu yang landai. Meski biasanya bebatuan di pantai cenderung curam dan keras, sedikit berbeda dengan potret Pulau Penyu yang berbatu.

Anda akan menemukan batu-batu dengan berbagai ukuran yang tersebar di sekitar area ini. Ada yang besar tersebar di sudut-sudut pulau, di dekat laguna, ada juga yang tersebar di laguna. Uniknya, tekstur bebatuannya cukup halus. Hampir tidak menemukan sesuatu yang tajam dan kasar. Ini memungkinkan Anda untuk bersantai di atasnya.

2. Surga bagi penyu

Penyu adalah bagian dari kelompok reptil. Keberadaannya menyebar ke seluruh pelosok lautan kecuali daerah kutub. Bisa dikatakan penyu merupakan hewan legendaris karena telah hidup selama jutaan tahun.

Penyu menghabiskan hampir seluruh hidupnya di laut lepas, namun penyu betina akan berhenti di pesisir pantai ketika tiba waktunya untuk bertelur. Telur-telur tersebut kemudian diletakkan di dalam lubang oleh induknya. Sarangnya cukup sulit ditemukan karena tertutup lapisan pasir.

Hanya saja saat berkunjung ke Pulau Penyu, potensi Anda untuk melihat sekawanan reptil bertelur ini cukup signifikan. Pasalnya, masyarakat setempat mengakui penyu sering singgah di kawasan ini.

Tidak diketahui berapa banyak penyu yang singgah di setiap musimnya. Berdasarkan cerita masyarakat, ditemukan sedikitnya 5-6 ekor penyu betina singgah per musim bertelur. Kabar baiknya adalah Anda bahkan dapat melihat proses pemijahan secara langsung jika Anda beruntung.

3. Laguna Tenang

Laguna adalah kolam air asin seperti danau yang sering muncul di dekat pantai. Dibentuk oleh adanya penghalang seperti karang, pasir, batu, dll. Laguna biasanya terpisah dari hamparan laut, selain itu ukurannya juga relatif kecil dan dangkal.

Meskipun laguna dikelilingi oleh penghalang, biasanya ada celah sempit yang menghubungkan langsung ke laut, air akan mengalir melalui celah-celah itu. Situasi seperti itu memungkinkan untuk menahan gelombang. Akibatnya, air di kawasan laguna ini relatif lebih tenang.

Anda akan menemukan laguna ketika datang ke Pulau Penyu Jambi. Tempat yang cocok untuk permainan air seperti berenang, menyelam atau sekedar berendam. Kondisi relatif aman karena tidak ada ombak. Anda bahkan tidak perlu takut jika mengajak anak kecil bermain di sini.

Alamat dan rute menuju lokasi Pulau Penyu

Alamat Pulau PenyuKredit gambar: Google Maps Youngky Xie

Pulau cantik ini terletak di Kecamatan Sadu, Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Provinsi Jambi. Berangkat dari kota Jambi, Anda harus menempuh jalur darat menuju Pelabuhan Nipah Panjang. Biasanya perjalanan memakan waktu sekitar 3-4 jam. Biayanya sekitar 60.000 rupee untuk menyewa mobil perjalanan.

Sesampainya di Pelabuhan Nipah Panjang, Anda harus melanjutkan perjalanan laut kurang lebih satu jam menggunakan kapal motor menuju Pulau Berhala. Dari sana, Anda hanya perlu naik pom-pong penduduk setempat selama 10 menit ke Pulau Penyu. Harga tetap untuk menyewa pompong adalah Rp 20.000 dengan layanan antar-jemput.

Perkiraan biaya perjalanan ke Pulau Penyu Jambi

Estimasi biaya perjalanan ke Pulau Penyu JambiKredit gambar: Google Maps Youngky Xie

Anda tidak akan dikenakan biaya tiket masuk saat mengunjungi objek wisata ini. Pemerintah setempat berencana menjadikan Pulau Jambi yang eksotis ini sebagai destinasi yang wajib dikunjungi. Promosi melalui media sosial memang gencar dilakukan, namun kini mulai jarang terdengar.

Namun, karena akses menuju perjalanan tidak mudah, Anda sepertinya harus mengeluarkan biaya ekstra untuk akomodasi. Berangkat dari kota Jambi, menuju pelabuhan Nipah Panjang, melewati pulau Berhala, sampai tiba di tempat tujuan.

Jika Anda tidak ingin repot mempersiapkan segala kebutuhan Anda, baik itu fasilitas transportasi atau logistik, ada baiknya Anda menyewa jasa tur dan perjalanan.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pulau Penyu

Aktivitas Seru di Pulau PenyuKredit gambar: Google Maps Youngky Xie

1. Dari berkemah hingga melihat bintang

Jika biasanya orang sering memilih hutan dan gunung sebagai tempat camping, maka inilah saatnya Anda mencoba suasana baru. Sebelum Anda pergi, pastikan semua kebutuhan Anda terpenuhi. Jangan lupa membawa obat-obatan, terutama bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit tertentu.

Kegiatan camping akan semakin seru jika mengajak orang-orang terdekat. Jangan coba-coba ke sana sendirian karena posisi pulau ini cukup terpencil. Ada baiknya jika Anda menyiapkan alat musik seperti gitar untuk menambah keseruan.

Bernyanyi bersama di depan api unggun, di tengah keterbatasan fasilitas, merupakan kegiatan yang patut dicoba. Apalagi Anda berada di sebuah pulau kecil yang dikelilingi lautan. Saat malam tiba, Anda dan rombongan bisa melihat bintang di langit. Kemungkinan besar, suasana langit akan ramai dan megah karena bebas dari polusi.

Hindari berkunjung saat musim hujan. Pasalnya, gelombang laut bisa sangat tinggi. Lagi pula, tentu saja, tidak ada pompong yang berani menyeberangi lautan.

2. Bermain air

Keadaan laguna Pulau Penyu ini cukup tenang untuk dijadikan area berenang. Jika lelah berenang, Anda bisa parkir sebentar di bebatuan. Duduk dan nikmati keheningan alam. Anda juga bisa menyelam untuk melihat kondisi bawah laut. Air jernih tidak akan mengganggu Anda.

3. Bermain pasir

Kegiatan ini bisa dilakukan pada pagi hari, saat matahari tidak terlalu tinggi. Anda bisa berbaring di atas pasir sambil memandangi langit biru. Jika memungkinkan, Anda dapat mencoba mengubur setengah dari tubuh Anda di pasir. Rasakan rasa lembut dan halus dari setiap kacang.

Juga, ketika malam menjelang, Anda bisa memanjat bebatuan. Duduk diam sambil menunggu matahari terbenam. Bias jingga yang membentang di antara pantai dan pepohonan pasti memukau.

Penginapan Murah Terdekat ke Pulau Penyu

Hotel yang fantastisKredit gambar: Twitter fantasi_pasangan

1. Akomodasi kami bersama

Mengingat lokasi Pulau Penyu yang tidak berpenghuni, maka akomodasi terdekat tersedia di daerah lain, tepatnya di sekitar Pelabuhan Nipah Panjang. Salah satunya adalah Our Together Inn. Jaraknya sekitar 2 kilometer dari pelabuhan atau sekitar 10 menit.

Harga sewa sangat murah, hanya berkisar Rp 50.000-70.000 per malam. Cocok untuk dijadikan referensi tempat peristirahatan sejenak, khususnya bagi Anda backpacker. Layanan ini ramah.

2. Akomodasi Permata Ranta Rasau

Sekitar 20 kilometer terpaut dari pelabuhan Nipah Panjang. Anda dapat mengambil hostel ini dalam waktu kurang dari 1 jam. Desainnya didominasi warna cerah seperti kuning dan oranye.

Permata Rantau Rasu menawarkan fasilitas yang cukup lengkap. Tempat parkir luas dan aman karena dikelilingi pagar beton. Ada tangki sebagai tangki air. Selain itu, kamarnya luas dan bersih. Fasilitas pendukung lainnya antara lain kipas angin, kasur busa, toilet, dll.

4. Hotel yang Fantastis

Selain itu, Fantasy Hotel terletak 30 kilometer dari Pelabuhan Nipah Panjang. Anda harus menempuh perjalanan sekitar 1 jam dengan kendaraan bermotor. Suasana disini cukup baik. Ada juga dari segi perlengkapan, ketersediaannya bisa dibilang standar. Ada kasur, toilet, tempat parkir dan sejenisnya.

Fasilitas yang ada di Pulau Penyu Jambi

Fasilitas di Pulau Penyu JambiKredit gambar: Google Maps Youngky Xie

Tidak ada fasilitas umum yang tersedia di sini. Sebagai daerah tak berpenghuni, seseorang harus menyeberang ke Pulau Berhala untuk mencari kebutuhan pokok. Oleh karena itu, disarankan untuk mempersiapkan peralatan sebaik mungkin sebelum memutuskan untuk bertamasya.

Pulau Penyu sebenarnya memiliki potensi yang besar. Ada banyak keindahan yang tersembunyi di dalamnya. Alangkah baiknya jika semua pihak bersinergi untuk menciptakan wisata bahari yang memadai.

Itulah berbagai informasi tentang Pulau Penyu di Tanjung Jabung Timur Provinsi Jambi yang layak untuk dijelajahi saat berlibur. Meski harus melalui perjalanan jauh, keindahan alamnya akan memukau Anda.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button