Dapatkan bantuan dari Nippon Paint, gang kecil di Kebonsari Jember menjadi wisata mural tiga dimensi - WisataHits
Jawa Timur

Dapatkan bantuan dari Nippon Paint, gang kecil di Kebonsari Jember menjadi wisata mural tiga dimensi

SURYA.CO.ID, SURABAYA – Konsistensi Nippon Paint untuk selalu berpartisipasi dalam keberhasilan dan pendidikan anak negeri serta menciptakan lingkungan yang bersih dan nyaman terus dilaksanakan di Jawa Timur.

Baru-baru ini, Nippon Paint mendukung peluncuran tur mural tiga dimensi (M3D) di Desa Kebonsari, Kecamatan Sumbersari, Kabupaten Jember.

Wisata Mural 3D Kebonsari sendiri merupakan hasil kesepakatan dan diskusi Kepala Desa Kebonsari Herlan Sudrajat dengan Ketua Seni Mural Kebonsari Imam Taufik, RT, RW dan warga sekitar Minggu (30/10/2022).

Menurut Ketua M3D Kebonsari, Imam Taufik, kegiatan yang dilakukan merupakan bentuk dukungan terhadap Program Bupati Jember Ir Hendy Siswanto yaitu Program Desa/Kelurahan Kreatif, Inovatif dan Produktif.

“Dengan memperkenalkan wisata mural tiga dimensi (M3D) di Desa Kebonsari, Kecamatan Sumbersari, Kabupaten Jember, jalur sempit ini menjadi bersih dan asri. Mural tiga dimensi ini nantinya akan digunakan untuk wisata foto selfie,” kata Imam. Selasa (10/01/22).

Beberapa komunitas terlibat dalam peluncuran ini, katanya, kemudian ada juga siswa dan guru SMPN 11, Rumah Aspirasi Jember (RAJE), KPJ (Komunitas Seniman Jember), siswa Unmuh dan Unipar, serta beberapa tokoh dinding di RW 9 Sumberdandang. .

Adapun mural tiga dimensi ini, kata Imam yang merintis proyek di SMPN 11 (dinding di gang yang mengelilingi SMPN 11).

“Dinding SMPN 11 tingginya sekitar 250 meter. Jika Anda membuat sketsa, ada lebih dari 30 sketsa. Alhamdulillah mulai kemarin,” sambungnya.

Menurut Imam, gerakan M3D bertujuan untuk menciptakan pendidikan bagi masyarakat agar tidak menimbulkan pemborosan.
Lingkungan kedua lebih nyaman, bersih, dan ketiga lebih asri

“Namun yang terpenting adalah meningkatkan perekonomian masyarakat. Dengan wall tourism, diharapkan ada pariwisata, baik di dalam maupun di luar,” tambahnya.

Saat ditanya mengapa wisata M3D ini dibuat, Imam mengatakan foto atau selfie sedang tren saat ini.

Ditambah lagi dengan pemandangan lingkungan perkotaan yang tanpa penghijauan kurang sejuk pemandangannya, maka apa yang bisa diangkat dengan tema wisata tembok tiga dimensi ini pihak nya ditetapkan oleh kepala desa Kebonsari bersama tim panitia sepakat, satu Menjadi contoh atau pemimpin Kelurahan untuk tingkat selanjutnya.

“Alhamdulillah kemarin kami dan Lurah mendata, ada sekitar 40 RW dan 173 RT Se Kebonsari serta dukungan dari Nippon Paint. Alhamdulillah ada 14 RW di ACC dengan Nippon Paint dengan 10 warna per RW,” jelasnya.

Adapun misi ke depan, pihaknya berharap Kebonsari bisa menjadi desa yang lebih sejuk lebih dikenal dengan pendidikan wisata alam yang lebih baik.

“Kata Lurah tadi kita ingin Kebonsari ada terobosan baru, perubahan baru untuk meningkatkan perekonomian masyarakat di bawah agar UMKM di Kebonsari, apalagi dengan tur mural nanti bisa memenuhi harapan kita disana juga akan ada semi car free day atau semi pasar UMKM di Kebonsari,” pungkasnya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button