Pulau Biawak Indramayu - Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Biaya Perjalanan - WisataHits
wisatahits

Pulau Biawak Indramayu – Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Biaya Perjalanan

Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi, dan Biaya Pulau Biawak di Indramayu menjadi destinasi wisata yang menawarkan pesona alam yang menakjubkan dan pengunjung dapat melihat banyak biawak di alam bebas dengan mata kepala sendiri.

Biaya kunjungan: Mulai dari Rp250.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Kepulauan Biawak, Kec. Indramayu, Kab. Indramayu, Jawa Barat; Kasus: Cek lokasi

Si Nusa Tenggara memiliki Pulau Komodo sebagai tempat berkembang biaknya komodo purba. Dengan demikian, Jawa Barat memiliki Indramanyu yang terkenal dengan keberadaan Pulau Biawak. Di pulau ini, wisatawan bisa melihat puluhan biawak yang tertinggal di alam bebas. Tidak hanya keberadaan biawak yang memprihatinkan, namun ada pesona alam yang tidak bisa dipungkiri keindahannya. Jadi jangan heran jika masih menjadi tempat liburan.

Daya Tarik Pulau Biawak

Aktivitas Pulau BiawakImage Credit: Instagram Open Trip ke Biawak Indramayu

Pulau Biawak tidak memiliki bentangan pantai yang luas, sehingga tidak bisa digunakan untuk berjudi. Panjang pantainya hanya 100 meter, dengan lebar pantai sekitar 5 meter. Meski begitu, Pulau Indramanyu ini memiliki deretan bebatuan yang mencuat dari laut, namun Anda harus berhati-hati saat melangkah ke dalam air. Karena tekstur koralnya tajam, sehingga bisa melukai kulit kaki.

Di pulau ini Anda bisa menemukan mercusuar setinggi 65 meter yang dibangun sejak zaman penjajahan Belanda. Didirikan pada tahun 1872 dan masih kuat sampai sekarang. Sebagian sudah terlihat lapuk dan terbengkalai, serta memiliki 240 anak tangga besi berbentuk lingkaran. Anda bisa mengikuti arah tangga untuk sampai ke puncak, dari atas mercusuar Anda akan melihat keindahan Pulau Biawak secara keseluruhan.

Di tengah pulau terdapat dermaga kecil yang seolah-olah memisahkan lautan menjadi dua bagian. Dari tepi dermaga, Anda bisa melihat keindahan bawah laut yang mempesona. Anda bisa melihat kumpulan terumbu karang dan keanekaragaman biota laut dari jarak yang cukup dekat. Tanpa melupakan pasirnya yang halus dan putih seakan menambah sisi eksotis pulau Biawak. Anda bisa berjalan di sepanjang pantai sambil menikmati lembutnya tekanan pasir.

Pulau cantik ini menawarkan pemandangan hutan bakau dan pinus yang mengelilingi pulau. Hutan tersebut sengaja digarap untuk mengurangi abrasi akibat gelombang laut. Uniknya, wisatawan bisa melihat biawak yang terbiasa dengan keberadaan manusia dari dekat. Ada lebih dari 300 biawak di daerah ini dan mereka telah resmi diawetkan. Di sini biawak dibudidayakan dan berkembang biak.

Alamat dan Rute Menuju Pulau Biawak

Alamat Pulau BiawakKredit gambar: Twitter putra dunia

Pulau ini terletak di provinsi Jawa Barat, tepatnya di kota Indramanyu, dan berjarak sekitar 55 kilometer. Dari pusat kota, Anda bisa naik angkot TPI Karangsong menuju Indramanyu. Begitu sampai di pelabuhan, Anda bisa naik perahu untuk menyeberang ke Pulau Biawak. Ada dua cara yang bisa Anda pilih, yaitu pertama menyewa perahu nelayan. Dan kedua, menggunakan speedboat milik Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Indramanyu.

Perbedaan antara kedua kapal tersebut terletak pada durasi pelayaran dan tingkat kenyamanan. Jika menggunakan speedboat, pengunjung hanya membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam. Di dalam terdapat fasilitas berupa AC, mesin karaoke dan beberapa ruangan kecil. Jadi selama perjalanan Anda bisa beristirahat sejenak sambil mengumpulkan energi untuk berpetualang. Sayangnya harga yang ditawarkan cukup untuk meringankan isi portofolio.

Sedangkan jika menggunakan perahu nelayan membutuhkan waktu tempuh sekitar 3-4 jam. Untuk fasilitas tentunya tidak seperti speedboat, dengan perlengkapan keselamatan seadanya. Mengingat lamanya perjalanan, ini berarti Anda harus memulai perjalanan lebih awal. Setidaknya pukul dua dini hari, kami berangkat menuju pulau Biawak, sehingga kami tiba di lokasi saat matahari terbit. Tujuannya agar bisa menjelajahi isi pulau lebih lama.

Biaya Perjalanan ke Pulau Biawak

Biaya Wisata Pulau BiawakKredit gambar: Google Maps HushainDaceng

Saat merencanakan liburan, ada baiknya untuk menganggarkan anggaran, agar tidak terjadi pengeluaran yang berlebihan. Oleh karena itu, teliti dulu tempat liburan online, sambil membuat rencana pengeluaran. Harga tiket untuk menjelajahi Pulau Biawak berkisar antara 250-500.000 rupee. Tidak ada jadwal khusus untuk kunjungan karena loket buka setiap hari. Anda dapat melakukan reservasi terlebih dahulu jika tidak ingin mengantri saat tiba di loket.

Jika Anda menggunakan transportasi umum, perkiraan anggaran sekitar 10.000 per orang. Biaya terberat adalah untuk sewa perahu, baik speedboat maupun perahu nelayan. Untuk menyewa perahu nelayan, wisatawan harus membayar biaya sebesar 2 juta untuk 10 orang. Sedangkan tarif sewa speedboat sekitar 290.000 per orang, bonus perjalanan singkat. Dari kedua rentang biaya tersebut, Anda dapat memperkirakan biaya transportasi.

Bagi Anda yang memiliki anggaran terbatas, disarankan untuk melakukan perjalanan terbuka. Dimana beberapa biro perjalanan akan menawarkan perjalanan yang terorganisir, dengan segala fasilitasnya. Biaya liburan juga lebih murah, terutama untuk sewa perahu nelayan. Akan sangat seru jika mengunjungi tempat ini bersama teman-teman. Karena budget selama pulang pergi bisa ditanggung oleh banyak orang.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pulau Biawak

Aktivitas di Pulau BiawakKredit Gambar: Instagram Alim Mu’adzin

Ada banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan untuk menghabiskan waktu di Pulau Biawak. Pertama melihat pemandangan pulau dari atas mercusuar, tetapi Anda harus menaiki ratusan anak tangga. Dari atas sana Anda bisa mengabadikan foto, dengan latar belakang kombinasi laut dan langit biru. Biasanya, vlogger perjalanan mengambil video di atas mercusuar sebagai bagian dari konten mereka.

Tidak jauh dari Pulau Biawak adalah Pulau Gosong, sebuah daratan dangkal berbentuk cincin di tengahnya. Di sini, wisatawan bisa menyelam dan snorkeling, untuk melihat keindahan bawah laut. Namun sayang beberapa karang telah rusak akibat pembangunan tahun 1980. Berjalan kaki sekitar 100 meter terdapat hutan mangrove dan hutan pinus yang rindang. Di dalam hutan terdapat binatang-binatang khusus, terutama burung-burung yang hidup di alam bebas.

Karena kunjungan utama adalah untuk melihat ratusan biawak dari dekat, mereka hidup bebas di pantai. Karena merupakan hewan yang dilindungi, Anda hanya diperbolehkan memberinya makan. Untuk mendekatkan biawak, cukup letakkan sepotong daging atau ikan. Berbekal indera penciuman yang tajam, biawak akan mendekati sumber makanannya. Disarankan untuk tidak mengganggu kenyamanan mereka jika tidak ingin digigit.

Jika langit cerah, biasanya ada panorama matahari terbenam, dengan warna oranye keemasan. Keindahan ini akan terjadi pada selang waktu senja, sekitar jam 5 pagi atau sebelum matahari terbenam. Anda bisa menjadi saksi utama sunset dari Pulau Biawak. Untuk lokasinya tidak ada tempat khusus, namun disarankan untuk melihat sisi dermaga. Rasanya seperti melihat matahari kembali ke tempat tidur tepat di depan mata kita.

Akomodasi di sekitar Pulau Biawak

Akomodasi di Pulau BiawakKredit Gambar: Instagram Tentang Pendidikan Indramayu

Ada banyak hostel di sekitar pulau mulai dari kelas ekonomi hingga kelas bintang lima. Semuanya menawarkan fasilitas bermalam yang memungkinkan wisatawan untuk beristirahat dengan nyaman. Rata-rata lokasi hostel masih bisa diakses dari area pelabuhan. Karena itu Anda harus terlebih dahulu meninggalkan pulau Biawak, kemudian mencari akomodasi yang memenuhi kriteria pribadi.

Jika Anda ingin bermalam di pulau ini, hanya ada beberapa penginapan kecil yang bisa Anda singgahi. Fasilitasnya memang tidak sekeren hostel di luar pulau, tapi cukup nyaman untuk tidur. Tarif homestay per malam ditawarkan mulai dari 100.000, dengan kasur dan kamar mandi pribadi. Pilihan menginap bersama keluarga angkat mungkin bisa menjadi pilihan bagi Anda yang berlibur dengan budget minim.

Biasanya para backpacker lebih memilih untuk tidak tidur, baik di hostel maupun homestay. Untuk menghemat uang, mereka bermalam di gedung perkantoran setempat. Rata-rata pendaki hanya membutuhkan tempat untuk beristirahat sejenak. Menunggu kapal tiba besok pagi, dan membawa mereka kembali ke pelabuhan. Terkadang mereka hanya tidur di atas tikar yang disediakan oleh pihak resmi.

Fasilitas yang tersedia di Pulau Biawak

Fasilitas Pulau BiawakKredit gambar: Twitter Samsul B. Ibrahim

Tidak ada fasilitas khusus yang disediakan pengelola untuk wisatawan. Mengingat pulau ini merupakan pulau yang jarang berpenghuni. Di sini hanya ada penjual makanan yang menjual makanan ringan hingga berat. Soal harga, Anda tidak perlu khawatir karena harganya yang pas di dompet Anda. Pengunjung juga dapat menemukan tempat untuk menyewa peralatan snorkeling. Tetapi Anda tidak dapat menggunakannya sebanyak yang Anda inginkan karena ada batas waktu pinjaman.

Wisata kota Indramanyu belum lengkap jika tidak menjelajahi Pulau Biawak. Panorama alamnya memiliki keindahan yang tak terbatas, yang ditambah dengan kekayaan bawah laut yang indah. Anda dapat berlatih berbagai kegiatan di sini, mulai dari snorkeling hingga menyelam dan memberi makan biawak. Untuk berlibur di pulau ini, Anda perlu mempersiapkan budget dengan matang. Tujuannya agar sesampainya di sana, Anda tidak perlu khawatir dengan biayanya.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button