PT TWC dan AJE ASEAN bersinergi mewujudkan pariwisata hijau - WisataHits
Jawa Tengah

PT TWC dan AJE ASEAN bersinergi mewujudkan pariwisata hijau

Metro, Suara.com- PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko bekerjasama dengan AJE ASEAN mengembangkan pariwisata hijau di destinasi Taman Wisata Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah.

PT TWC dan AJE ASEAN sepakat untuk bekerja sama dalam pengelolaan sampah di destinasi dengan berbagai program kerja termasuk konten pendidikan, memungkinkan pengelolaan sampah yang profesional dan memberikan bimbingan (pemberdayaan komunitas) agar sampah menjadi berguna dan bernilai tambah.

Kerjasama ini ditandai dengan Perjanjian Kerjasama yang ditandatangani langsung oleh Direktur Pemasaran, Layanan dan Pengembangan Bisnis PT TWC Hetty Herawati dan Direktur Presiden ASEAN AJE Fabian Daniel Mosquera Vera di Pusat Studi Manohara Borobudur, Magelang, Jawa Tengah pada Selasa (25/10/2022). ) .

Hetty Herawati, Direktur Pemasaran, Pelayanan, dan Pengembangan Usaha PT TWC, mengatakan masalah sampah menjadi perhatian khusus pengelola pura. Melalui kerjasama ini diharapkan pengelolaan sampah di kawasan Borobudur dapat lebih maksimal.

Baca Juga: Makna Mendalam Dibalik Malam Nominasi FFI 2022 di Candi Borobudur

“Kawasan Taman Wisata Candi Borobudur menghasilkan 4 ton sampah per hari. Ini harus dilakukan secara menyeluruh. Nantinya, dengan kerjasama ini dibangun fasilitas pembuangan sampah, khususnya sampah kayu dan plastik. Selama ini PT TWC hanya bisa membuang sampah organik, sudah mengurus sendiri,” ujarnya.

Melalui kerjasama ini akan dilakukan workshop dan pelatihan pengolahan sampah/sampah menjadi souvenir dan eco-enzyme kedepannya.

“Kami berharap program ini dapat berkelanjutan untuk mewujudkan pariwisata berkelanjutan dengan mendukung Candi Borobudur sebagai destinasi wisata prioritas,” lanjutnya.

Program wisata hijau ini merupakan salah satu upaya PT TWC untuk melestarikan candi dan menciptakan keseimbangan ekosistem di suatu kawasan. Program ini bertujuan untuk menggerakkan program Green Tourism menuju pariwisata berkelanjutan.

Wisatawan diajari cara mengelola sampah organik dengan memanfaatkan sampah plastik dalam kerajinan bertema Candi Borobudur. PT TWC bekerja sama dengan komunitas dan seniman lokal melalui program pemberdayaan masyarakat. Atraksi Edukriya yang berlangsung saat libur Lebaran 2022 nanti akan kembali digelar pada saat libur Natal dan Tahun Baru mengingat tingginya animo masyarakat.

“Wisatawan diajak melihat dan mempraktekkan berbagai kerajinan berbahan dasar plastik yang terinspirasi dari Candi Borobudur sehingga ada nilai sejarah dan storytellingnya,” ujarnya.

Sementara itu, Presiden dan Direktur AJE ASEAN Fabian Daniel Mosquera Vera mengapresiasi langkah PT TWC dalam pengelolaan sampah di tempat tujuan. AJE ASEAN berkomitmen untuk bekerja sama dalam bentuk kolaborasi, termasuk promosi, kampanye hijau bersama, dan proyek pengelolaan limbah.

“Kami (dengan TWC) telah bekerja sama selama sekitar 6 bulan dan sangat dekat, dengan proyek dimulai dengan pengelolaan sampah. Kolaborasi ini bukan hanya tentang penanganan sampah, tetapi juga tentang tiga isu lainnya, salah satunya adalah go green, membantu kita tetap aktif di komunitas ini,” ujarnya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button