Pacitan dan Gunungkidul siap bersinergi untuk mengembangkan pariwisata - WisataHits
Yogyakarta

Pacitan dan Gunungkidul siap bersinergi untuk mengembangkan pariwisata

Pacitanku.com, PRINGKUKU – Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mengunjungi Pantai Watukarung di Kabupaten Pringkuku pada Selasa (8/9/2022).

Dalam kunjungan bertajuk “Touring Guyub Sesarengan BPC PHRI Gunungkidul, Tidak ada senyum, ayo sembuhkan Ben Ra pusingAcara ini diikuti oleh 120 peserta yang mengendarai 33 roda dua dan 18 roda empat.

Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua PHRI Gunungkidul Sanyoto, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul Mohammad Arif Aldian, Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Pacitan, Turmudi, Kepala Desa Watukarung Wiwid Pheni Dwiantari dan Pokdarwis Watukarung.

Ketua PHRI Gunungkidul Sanyoto mengatakan kegiatan ini merupakan bentuk kegiatan rutin dalam agenda tahunan.

“Kali ini kami memilih tempat di Kabupaten Pacitan untuk bersinergi dalam pengembangan pariwisata dan menjalin jalur komunikasi antar kawasan wisata di kawasan Pawonsari,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Biro Pariwisata Gunungkidul Mohammad Arif Aldian mengatakan Pacitan dan Wonosari adalah budaya Mataraman dengan tradisi dan latar belakang budaya yang sangat sempit. Selain itu, kedua wilayah ini juga memiliki kedekatan teritorial.

“Wonosari dan Pacitan sangat dekat dalam banyak hal, baik itu tradisi budaya, jarak dan wisata alam, banyak persamaannya. Dengan kegiatan seperti ini, kami berharap ada komunikasi yang berkesinambungan yang saling bahu membahu untuk memajukan kawasan pariwisata ke depan,” jelasnya.

Pada gilirannya, Kepala Disparbudpora Pacitan Turmudi mengapresiasi dan sangat bangga dengan sinergi semacam ini.

“Pertama-tama, terima kasih telah mengunjungi kami kali ini, diikuti oleh Pacitan dan Wonosari Gunungkidul sebagai bagian dari Pawonsari, yang telah melihat periode kemajuan luar biasa di masa lalu,” kata Turmudi.

Menurut Turmudi, jika momentumnya lebih maju, pengembangan kawasan wisata tidak bisa ditangani sendiri.

“Melalui kebersamaan dan kebersamaan, hasilnya bisa maksimal,” ujarnya.

Senada dengan Turmudi, Kepala Desa Watukarung Wiwid mengaku senang dengan terpilihnya Pantai Watukarung sebagai tempat kegiatan PHRI Kabupaten Gunungkidul dan dikunjungi oleh berbagai profesional pariwisata yang berpengalaman.

“Kedua, kami berharap sinergi dalam mempromosikan pariwisata daerah akan berkelanjutan bagi kedua belah pihak di masa mendatang,” harapnya.

Sri salah satu peserta yang mengikuti kegiatan ini mengatakan, tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk penyembuhan sekaligus studi banding. Juga peningkatan wawasan wisata dan tentunya suplemen pengetahuan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia.

Source: pacitanku.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button