Proyek Hotel Sayaga Mangkrak, Ketua DPRD Kabupaten Bogor: BUMD Harus Ditutup? - WisataHits
Jawa Barat

Proyek Hotel Sayaga Mangkrak, Ketua DPRD Kabupaten Bogor: BUMD Harus Ditutup?

Laporan wartawan TribunnewsBogor.com, Muamarrudin Irfani

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, CIBINONG – Ketua DPRD Kabupaten Bogor Rudy Susmanto menyoroti kinerja PT Sayaga Wisata yang kini dinilai jauh dari harapan.

Bahkan, pembangunan Hotel Sayaga yang dibangun PT Sayaga Wisata menelan biaya hingga Rp 65 miliar akibat Penyertaan Modal Negara (PMP) dalam APBD Kabupaten Bogor TA 2019 dan 2021 kini terhenti.

Hotel Sayaga yang terletak di Jalan Tegar Beriman, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor kini tidak jelas lagi.

Menanggapi hal tersebut, Rudy Susmanto meminta para pembina BUMD untuk transparan melaporkan fakta-fakta yang muncul terkait kondisi BUMD Kabupaten Bogor saat ini.

“Jangankan Hotel Sayaga, tentu BUMD punya pengawas, pengawas BUMD harus transparan dalam menyampaikan laporan kepada pimpinan tertinggi yaitu Plt Bupati Bogor,” kata Rudy Susmanto, Rabu (30/11/2022) di depan jurnalis.

“Dapatkan kondisinya, realita kondisi BUMD kita saat ini, yang sehat, yang perlu penguatan dan yang perlu perawatan serta perlu dilakukan langkah-langkah khusus,” imbuhnya.

Menurutnya, keberadaan BUMD pariwisata seperti hidup enggan, tidak ingin mati.

Karena hingga saat ini belum memberikan dividen kepada Pemda Kabupaten Bogor.

Untuk itu, ia menantang para pengawas BUMD untuk dapat memilah dan menetapkan arah ke depan untuk memajukan BUMD yang berpotensi baik.

“(Sayaga) dikatakan tidak maju maksimal, dikatakan mundur. Kita butuh kekuatan dari semua BUMD yang ada, mana yang perlu didorong, mana yang perlu ditutup,” ujarnya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button